KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KOMUNIKASI NON VERBAL KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KOMUNIKASI NON VERBAL - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KOMUNIKASI NON VERBAL

Kelebihan komunikasi nonverbal
Perasaan dan emosi lebih cermat disampaikan lewat pesan noverbal  ketimbang pesan verbal.

Pesan nonverbal menyampaikan makna dan maksud yang relatif bebas dari  penipuan, distorsi, dan kerancuan. Sehingga pesan nonverbal memiliki  kesahihan ( realiabilitas) tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kebenaran pesan-pesan yang disampaikan.

Pesan nonverbal mempunyai fungsi metakomunikatif yang sangat diperlukan untuk mencapai komunikasi yang berkualitas tinggi. Fungsi metakomunikatif  artinya memberikan informasi tambahan yang memperjelas maksud dan makna  pesan.

Pesan nonverbal merupakan cara komunikasi yang lebih efisien  dibandingkan dengan pesan verbal. Karena pesan non verbal tidak harus  berpikir panjang dan para audiens dapat menangkap artinya dengan cepat.
  • Pesan nonverbal merupakan sarana sugesti yang paling tepat.
  • Memberi sifat, melengkapi, menentang atau mengembangkan pesan-pesan  verbal.
  • Faktor-faktor nonverbal sangat menentukan makna dalam komunikasi  interpersonal.
  • Pesan verbal mempunyai fungsi repetisi, substitusi, kontradiksi, komplemen, dan aksentuasi.
Kekurangan komunikasi nonverbal
Pesan nonverbal jarang dapat diatur oleh komunikator secara sadar.
Komunikasi nonverbal memiliki sifat yang kurang terencana atau  terstruktur sehingga sulit dipelajari. Proses belajar yang dialami seseorang untuk dapat melakukan perilaku  nonverbal sulit dijelaskan. Baca Juga : Pendahuluan-facebook


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

MERENCANAKAN KEUANGAN MASA PENSIUN DILENGKAPI FAKTA DAN TIPS

Aman secara financial selepas pensiun bukanlah hal yang terjadi tiba-tiba. Setelah mengharapkan program pensiun dari tempat kerja, dibutuhkan banyak perencanaan, waktu, dan upaya penghematan. Bagi mereka yang berstatus   karyawan terutama bagi yang purna tugas sering muncul pertanyaan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pensiun. Apakah kita sudah siap apabila masa pensiun tiba ? Apakah kita telah mempersiapkan dana pensiun selain sejumlah dana yang akan kita terima dari tempat bekerja ? Berapa banyak teman kantor kita yang kurang respon kalau masa pensiun mereka hanya tinggal beberapa tahun lagi atau hitungan bulanan? FAKTA DAN TIPS Didalam dunia tenaga kerja alias karyawan, ada sejumlah fakta yang dapat kita temui. Pertama, lebih dari 50 persen orang tidak memiliki kekuatan financial yang cukup untu pensiun. Kedua, sekitar 25 prosen orang tidak berpartipasi dalam program pensiun perusahaan mereka. Dan fakta terakhir rata-rata orang menghabiskan 20 tahun masa pensiun....

RAHASIA BISNIS MODAL KECIL UNTUNG BESAR

Syarat untuk merintis sebuah bisnis ialah ketersediaan modal. Tidak sebatas pada dana saja tetapi dalam arti yang lebih luas. Pengelola harus menyiapkan gagasan sebagai konsep usaha yang hendak dirintis. Menuangkannya secara tertulis ke bentuk makalah yang dikenal dengan sebutan business plan. Makalah itulah yang nantinya akan dipakai guna mencari tambahan dana modal dan mitra kerja. Secara nalar, perolehan keuntungan sebanding dengan modal awal yang diinvestasikan. Ini memang harus terjadi karena jika penghasilan kecil itu artinya bisnis Anda mengalami kerugian. Pebisnis yang hebat ialah seseorang yang mampu mendapatkan untung besar dari Bisnis Modal Kecil, berikut strateginya. 1. Ubah hobi jadi profesi Hobi merupakan kegiatan yang dilakukan tanpa beban apapun,seringkali justru dijadikan sebagai penghilang kejenuhan. Setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda-beda. Pernahkah Anda berpikir menjadikannya untuk menambah pundi-pundi rupiah?. Jadi dua hal yang bisa dipero...

STRATEGI MARKETING MIX

Setiap perusahaan pasti melakukan proses marketing. Proses inilah yang menjadikan barang dari produsen bisa sampai ke tangan konsumen. Perlu adanya strategi khusus dalam menjalankan proses ini. Fokus kegiatan ini adalah konsumen. Pelayanan konsumen diperhatikan sebaik mungkin demi mencapai keberhasilan marketing. Strategi yang biasa digunakan adalah marketing mix. Strategi marketing mix biasa disebut dengan bauran pemasaran. Strategi ini merupakan perpaduan dari faktor-faktor penting yang ada di dalam pasar itu sendiri. Faktor-faktor tersebut terbagi menjadi 7, yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat), people (orang), process (proses), dan physical evidence (fasilitas fisik). Ketujuh faktor ini wajib diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran. Produk merupakan objek dalam pemasaran. Terjualnya produk inilah yang akan memberikan penghasilan dan selanjutnya menentukan keuntungan perusahaan. Produk sendiri dapat berupa barang maupun jasa. K...

ILMU POLITIK DAN EKONOMI

Pada masa dahulu, ilmu politik dan ilmu ekonomi dianggap sebagai satu  bidang ilmu tersendiri, yaitu politik ekonomi (political economy). Politik  ekonomi yaitu pemikiran dan analisis kebijakan untuk kesejahteraan negara  karena perkembangan ilmu pengetahuan, maka ilmu tersebut memisahkan diri   menjadi ilmu politik dan ilmu ekonomi. Ilmu politik dan ekonomi sejak dahulu kala sampai pada saat ini selalu sangat erat hubungannya. Kebenaran dalil ini dapat diketahui tanpa menganut pendirian-pendirian marxistis yang meredusir seluruh kehidupan sosial atau “Uberbau” idiil pada struktur perekonomian atau “Unterbau” materiil atau  pendapat yang menyamakan proses politik dengan proses perekonomian. Kehidupan politik dan kehidupan ekonomi selalu saling bertemu, saling pengaruh-mempengaruhi, jalin-menjalin. Aktivitas-aktivitas politik karena  itu amat sulit dipisahkan dari pada aktivitas-aktivitas ekonomi. Kedua aktivitas itu kadang-kadang sejalan, s...

RAHASIA CARA JUALAN DALAM WAKTU SINGKAT

Setiap pebisnis pasti ingin semua produknya laku terjual. Saya rasa Anda pun begitu kalau jadi seorang pebisnis. Apa penjualan Anda tapinya bisa dilakukan dengan cepat? Untuk ukuran pemula bisnis pasti perlu waktu yang sedikit lama saat melakukan penjualan produk. Saya akan memberikan langkah – langkah untuk Anda membuat Anda jualan dalam waktu singkat Buat langkah pertama Pertama – tama pastinya Anda harus melakukan pendekatan dulu ke calon pelanggan. Semakin cepat Anda berhasil menjadikan mereka pelanggan Anda, maka Anda akan cepat bertindak untuk membuat follow up. Anda sebaiknya melihat keterlibatan mereka dalam bisnis Anda. Apakah mereka sudah bergabung dalam situs online Anda, itu kalau Anda berbisnis online. Anda juga harus memerhatikan akses pelanggan ke website Anda mudah atau tidak. Memanfaatkan waktu terbaik pelanggan Apakah Anda sering menghubungi pelanggan lebih dari jam 5 sore? Itu sebaiknya Anda hindari karena pelanggan biasanya merasa terganggu apalagi di...