Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga 21 Oktober 2018 - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

Postingan

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

LIMA HUKUM KOMUNIKASI YANG EFEKTIF

5 Hukum Komunikasi Yang Efektif (The 5 Inevitable Laws of Efffective  Communication) yang kami kembangkan dan rangkum dalam satu kata yang  mencerminkan esensi dari komunikasi itu sendiri yaitu REACH, yang berarti  merengkuh atau meraih. Karena sesungguhnya komunikasi itu pada dasarnya  adalah upaya bagaimana kita meraih perhatian, cinta kasih, minat,  kepedulian, simpati, tanggapan, maupun respon positif dari orang lain. Baca juga  Membangun-komonikasi-multi-demensi Hukum # 1: Respect Hukum pertama dalam mengembangkan komunikasi yang efektif adalah sikap  menghargai setiap individu yang menjadi sasaran pesan yang kita sampaikan. Rasa hormat dan saling menghargai merupakan hukum yang pertama dalam kita  berkomunikasi dengan orang lain. Ingatlah bahwa pada prinsipnya manusia  ingin dihargai dan dianggap penting. Jika kita bahkan harus mengkritik atau  memarahi seseorang, lakukan dengan penuh respek terhadap harga diri dan  kebanggaaan seseorang. Jika kita membangun komunikasi den

ENAM TIPS SEDERHANA MENJADI ATASAN YANG BERWIBAWA DAN DISEGANI

1. Disiplin Dengan Waktu; Ini terdengar seperti sesuatu yang simpel, namun jika Anda konsisten  melakukan hal ini, maka Anda akan dianggap sebagai seorang yang disiplin  yang akan membuat bawahan Anda segan. Terutama terkait jam kerja kantor  Anda, tepat waktu ketika mulai jam kantor, demikian juga tepat waktu ketika  selesai pekerjaan kantor. Bukan saja ketika memulai atau mengakhiri pekerjaan, dalam rapat mendadak  misalnya, Anda juga harus menjadi orang yang tepat waktu. Anda harus bisa  menjadi contoh yang baik bagi bawahan Anda tentang bagaimana me-manage  waktu yang baik dalam bekerja. 2. Konsisten Pada Peraturan yang Sudah Ditetapkan; Hal ini juga perlu Anda perhatikan, ketika membuat suatu peraturan dalam  perusahaan, Anda juga harus menjalankannya penuh dengan tanggung jawab.  Selain itu, konsisten pada peraturan juga menjadi hal krusial yang harus Anda jaga. Jangan membuat peraturan plin plan sehingga membuat bingung  bawahan Anda, dan juga tentunya akan membua

CARA JADI PEMIMPIN SUKSES

1. Membuat orang lain merasa aman untuk bicara; Seringkali pemimpin mengintimidasi rekan mereka melalui kekuasaan. Pemimpin  sukses, alihkan perhatian dari diri sendiri kepada orang lain untuk  dorong  mereka suarakan pendapat. Pemimpin sukses adalah seseorang yang ahli membuat orang merasa aman  berbicara dan percaya diri dari berbagai perspektif dan sudut pandang  mereka. Jabatan eksekutif mereka justru digunakan untuk bisa mendekat  dengan lingkungan. Baca juga  Citra-positif-dan-menjadi-diri-sendiri 2. Membuat keputusan; Pemimpin sukses adalah seorang ahli pembuat keputusan. Mereka juga  memfasilitasi dialog untuk memberdayakan rekan mereka untuk mencapai  kesimpulan yang strategis atau mereka melakukannya sendiri. Mereka telah menguasai seni berpolitik dan dengan demikian tidak  menyia-nyiakan waktu mereka pada isu-isu yang mengganggu momentum. Mereka tahu bagaimana membuat 30 keputusan dalam 30 menit. 3. Komunikasikan harapan; Pemimpin sukses adalah k

TIGA TRIK RAHASIA MENJADI PEMIMPIN YANG DISEGANI

Gunakan kompetitor sebagai motivator Kompetitor bisa jadi adalah teman terbaik Anda. Ya, mereka bisa menjadi  acuan dalam bekerja. Biarkan staf Anda melihat ‘keluar’ dan tahu bagaimana  kompetitor bekerja serta memenuhi target agar terpacu untuk bekerja  melebihi mereka. Mempublikasi permintaan maaf Mungkin sebagian pemimpin enggan untuk meminta maaf apabila melakukan  kesalahan. Permintaan maaf sangatlah kuat mengundang empati dan menunjukkan  pertanggungjawaban. Untuk itu, jangan segan meminta maaf setidaknya kepada  staf-staf ahli yang Anda bawahi. Mintalah bantuan kecil Semua orang dalam tim tentu ingin merasa dibutuhkan. Untuk itu, jangan  segan untuk turun ke bawah mendekati karyawan meski hanya bantuan-bantuan  kecil. Ini akan membuat mereka merasa dekat dengan atasannya. Cara ini  sangat ampuh dalam meningkatkan hubungan dengan rekan kerja Anda. Itulah tiga rahasia bagaimana cara menjadi pemimpin yang disegani oleh  bawahan yang harus Anda terapkan di kanto

TUJUH TIPS JADI MANEJER SUKSES YANG DESEGANI BAWAHAN

1. Belajar caranya mendelegasikan Sebagai seorang manajer, sudah menjadi tanggung jawab Anda untuk bisa  mengetahui siapa yang akan menjadi pilihan terbaik untuk suatu tugas  tertentu. Untuk memahami itu, Anda harus memperhatikan potensi dan  kekurangan dari masing-masing anggota tim Anda. Ini tentunya memerlukan  suatu analisis dan observasi. Baca juga  Menjadi-pekerja-harus-bermental-juara 2. Memberi contoh Setiap kali Anda memberikan arahan kepada anggota tim untuk bekerja dengan  cara tertentu atau mengikuti etika kerja tertentu, Anda harus memastikan  bahwa Anda sendiri telah melakukannya dengan benar, sesuai dengan apa yang  telah Anda sampaikan. Misalnya, Anda tidak bisa mengharapkan anggota tim  Anda datang tepat waktu, jika Anda sendiri masih sering datang terlambat.  Tim Anda akan menghormati Anda, jika mereka melihat Anda telah mengikuti  semua hal yang telah Anda ajarkan kepada mereka. 3. Tahu caranya memotivasi tim Sebagai seorang manajer, Anda harus tahu

CARA MENJADI PEMIMPIN YANG DISEGANI DAN DIHORMATI

Mulailah dengan pujian dan penghargaan yang jujur. Dengan  penghargaan yang jujur menjadikan bawahan termotivasi karena segala  tindakannya mendapatkan reward yang sesuai dengan hasil kerja. Beritahu kesalahan orang lain dengan cara yang tidak langsung. Memberi tahu secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya konflik dan salah satu solusi untuk menyadarkan orang lain secara halus. Bicarakan kesalahan pribadi sebelum mengkritik orang lain.  Ajukan pertanyaan sebagai ganti memberi perintah langsung. Mengajukan  pertanyaan secara tidak langsung, dapat menjadikan seorang  bawahan memiliki hasrat untuk mencari tahu jawabannya sehingga mudah untuk  dikendalikan. Pujilah secara tulus peningkatan yang terjadi pada orang lain sekecil  apapun.Pujian menjadikan seseorang lebih dihargai. Beri dorongan yang positif sehingga suatu kesalahan terkesan mudah untuk diselesaikan. Jika dilakukan, hal ini bisa memunculkan pikiran positif dan menjadikan  bawahan lebih optimis. Beri reputasi yan

TIGA BELAS TIPS MENJADI PEMIMPIN ATAU LEADER YANG DISUKAI

1. Menjadi pemimpin atau leader yang baik tidak cuek dan pelit Yang dimaksudkan adalah di saat anda berpapasan dengan bawahan di luar  kantor jangan ragu untuk menegur terlebih dahulu. Selain itu jika sekiranya  ada bawahan yang membutuhkan bantuan dalam pekerjaan atau hal lain,  setidaknya tunjukan rasa peduli anda. Banyak cara untuk menunjukkan rasa   peduli tersebut, lakukan dengan secukupnya dan pastikan itu membuat nyaman  bawahan anda. 2. Menjadi pemimpin atau leader yang baik selalu mencontohkan disiplin akan waktu Banyak hal yang bersangkutan dengan waktu tentunya. Semisal jam  keberangkatan yang konsisten bisa membuat anda menjadi panutan bawahan anda  dengan kedisiplinan tersebut. Hal lain seperti tepat waktu akan selesainya  kerjaan juga akan membuat anda disegani dan menjadi contoh baik tentunya.  Ketepatan atau kedisiplinan waktu yang terjaga juga akan membuat semua hal  menjadi maksimal dalam hasilnya. 3. Menjadi leader harus berisikap konsisten dengan p