Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga 11 Februari 2018 - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

Postingan

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

LANGKAH MEMBANGUN BISNIS YANG HARUS ANDA LEWATI

Setiap hal di dunia ini selalu ada tingkatannya. Saat Anda sekolah pasti ada tingkatannya bukan? Dimulai dari TK, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas sampai keperguruan tinggi. Semuanya pasti Anda lalui secara berurut. Apa dari Anda ada yang tiba – tiba masuk perguruan tinggi tanpa sekolah sebelumnya? Pastinya Anda akan mengikuti perjalanan panjang studi Anda meskipun Anda anak terpandai yang selalu loncat kelas. Tentunya Anda loncat kelas setelah menyelesaikan test ditingkatan yang Anda lewati. Mungkin mudah untuk Anda tetapi proses tetap saja proses. Sambil Anda melanjutkan pendidikan mungkin ada diantara kalian yang mulai berbisnis. Mungkin juga Anda sekarang adalah pengusaha handal. Kalau begitu sih Anda pasti sudah melewati tangga bisnis. ternyata bisnis juga punya tangga yang perlu Anda naiki. 1. Starting Bersedia, Siap, Mulai ! Ya, itu kalau Anda pelari. Sayangnya Anda ini pengusaha. Jadi, tahapan starting yang perlu Anda lewati

PENTINGNYA TERUS BELAJAR DALAM BISNIS

Apakah Anda percaya kalau Anda bisa belajar dari kesalahan? Kesalahan yang Anda alami akan melatih pikiran Anda menjadi lebih tajam dan menganalisa semua yang telah dilakukan. Kesalahan juga bisa membuat kegagalan pada Anda. Kegagalan itu sesuatu yang wajar bisa terjadi dalam bisnis sebelum Anda sukses. Memang memilih sebagai pebisnis bukan hal yang mudah. Anda akan selalu menemui ketidakpastian, tantangan dan jauh dari zona aman dalam dunia bisnis. Nah, itu yang membuat Anda harus siap dalam hal apa saja yang ada didepan. Kalau ingin buka usaha maka buka juga keberanian Anda, tapi Anda juga perlu punya pengetahuan untuk menjalankannya. Saya pernah dengar Bob Sadino berpendapat untuk membangun bisnis itu yang penting berani, komitmen dan mau terus belajar. Walaupun gagal akan menemani Anda tapi bukan berarti Anda harus menyerah. Ngomong – ngomong soal belajar, itu bisa Anda dapatkan tidak hanya dengan bersekolah. Anda bisa mengambil semua hikmah dari setiap perjalanan kehidu

RAHASIA BISNIS MODAL KECIL UNTUNG BESAR

Syarat untuk merintis sebuah bisnis ialah ketersediaan modal. Tidak sebatas pada dana saja tetapi dalam arti yang lebih luas. Pengelola harus menyiapkan gagasan sebagai konsep usaha yang hendak dirintis. Menuangkannya secara tertulis ke bentuk makalah yang dikenal dengan sebutan business plan. Makalah itulah yang nantinya akan dipakai guna mencari tambahan dana modal dan mitra kerja. Secara nalar, perolehan keuntungan sebanding dengan modal awal yang diinvestasikan. Ini memang harus terjadi karena jika penghasilan kecil itu artinya bisnis Anda mengalami kerugian. Pebisnis yang hebat ialah seseorang yang mampu mendapatkan untung besar dari Bisnis Modal Kecil, berikut strateginya. 1. Ubah hobi jadi profesi Hobi merupakan kegiatan yang dilakukan tanpa beban apapun,seringkali justru dijadikan sebagai penghilang kejenuhan. Setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda-beda. Pernahkah Anda berpikir menjadikannya untuk menambah pundi-pundi rupiah?. Jadi dua hal yang bisa dipero

BISNIS ADALAH SOAL PROSES DAN STRATEGI

Barang dan jasa merupakan produk dari sebuah kegiatan bisnis atau usaha. Arti kata bisnis adalah serangkaian aktifitas yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan finansial. Modal utama untuk menapaki jejak berbisnis yaitu kemauan keras dan kemampuan yang dimliki. Minat yang kuat dapat membuat bakat semakin berkembang. Temukan potensi dalam diri yang bisa dijadikan untuk modal perintisan usaha. Hal yang pasti dibutuhkan selain bakat ialah sumber daya berupa dana modal dan manusia. Dana dibutuhkan untuk proses perintisan usaha baru yang dialokasikan ke berbagai keperluan. Pengelola bekerjasama dengan pekerja dalam bentuk tim. Tugasnya yakni bahu-membahu mengembangkan bisnis sesuai dengan target yang telah disepakati. Kesuksesan pebisnis teruji oleh proses dan strategi. Hasilnya bergantung pada kedua unsur tersebut. Proses Bisnis bagaikan anak tangga yang tujuan akhirnya ialah sebuah pencapaian kesuksesan. Merintis berarti baru berada pada level pertama, langkah menuju ke l

STRATEGI MARKETING MIX

Setiap perusahaan pasti melakukan proses marketing. Proses inilah yang menjadikan barang dari produsen bisa sampai ke tangan konsumen. Perlu adanya strategi khusus dalam menjalankan proses ini. Fokus kegiatan ini adalah konsumen. Pelayanan konsumen diperhatikan sebaik mungkin demi mencapai keberhasilan marketing. Strategi yang biasa digunakan adalah marketing mix. Strategi marketing mix biasa disebut dengan bauran pemasaran. Strategi ini merupakan perpaduan dari faktor-faktor penting yang ada di dalam pasar itu sendiri. Faktor-faktor tersebut terbagi menjadi 7, yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat), people (orang), process (proses), dan physical evidence (fasilitas fisik). Ketujuh faktor ini wajib diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran. Produk merupakan objek dalam pemasaran. Terjualnya produk inilah yang akan memberikan penghasilan dan selanjutnya menentukan keuntungan perusahaan. Produk sendiri dapat berupa barang maupun jasa. K

ENAM CARA ALASAN KEPUASAN PELANGGAN ADALAH STRATEGI TERBAIK

Mengapa Kepuasan Pelanggan adalah Strategi Terbaik Ketika Anda mendedikasikan diri di dalam bisnis, maka banyak hal yang harus dipelajari. Mulai dari perencanaan, persiapan, hingga pelaksanaan membutuhkan banyak perincian. Selain itu, Anda juga perlu memasukkan beberapa kendala yang kemungkinan terjadi di tiap tahapannya beserta bagaimana cara mengatasi. Salah satunya juga memasukkan tingkat kepuasan pelanggan yang akan menjadi target penjualan nantinya. Kehadiran pelanggan merupakan hal yang paling didambakan bagi seluruh pelaku usaha. Hal ini menunjukkan tingkat keberhasilan usaha sehingga pelaku usaha memiliki harapan untuk semakin maju. Membuat kepuasan pelanggan merupakan strategi yang paling baik di antara lainnya. Berikut adalah beberapa alasan yang menguatkan perlunya melaksanakan kegiatan tersebut. 1. Bisa mendapatkan profit yang lebih baik Tujuan utama membuka usaha adalah memperoleh banyak profit. Untuk memperolehnya Anda dituntut bisa bekerja keras dan menan

CARA MARKETING MEMBUAT PRODUKNYA LARIS DALAM WAKTU SEKEJAP

Seorang pekerja marketing akan selalu dituntut untuk dapat mencapai target yang sudah ditentukan pimpinan sebelumnya. Oleh karena itu, cara marketing dalam bekerja sangat perlu diperhatikan. Hal ini disebabkan akan mempengaruhi hasil pemasaran. Mereka harus mempunyai strategi khusus untuk membuat produknya laris di pasaran. Semakin laris produk di pasaran, semakin besar keuntungan yang diperoleh. Hal inilah yang diinginkan setiap perusahaan. Make-Your-Sales-Promotions-EffectiveStrategi yang dapat dilakukan misalnya, melakukan promosi. Hal ini dapat dilakukan salah satunya dengan memberikan diskon pada produk tertentu. Diskon juga dapat diberikan kepada semua produk, namun ada batas waktu diskonnya. Promosi juga dapat dilakukan dengan memberikan bonus untuk setiap pembelian produk. Jumlah bonus tergantung dengan jumlah produk yang dibeli. Hal ini akan menyebabkan orang beramai-ramai membeli, sehingga produk akan terjual dalam waktu singkat. Selanjutnya, kenali produk apa yang

RAHASIA CARA JUALAN DALAM WAKTU SINGKAT

Setiap pebisnis pasti ingin semua produknya laku terjual. Saya rasa Anda pun begitu kalau jadi seorang pebisnis. Apa penjualan Anda tapinya bisa dilakukan dengan cepat? Untuk ukuran pemula bisnis pasti perlu waktu yang sedikit lama saat melakukan penjualan produk. Saya akan memberikan langkah – langkah untuk Anda membuat Anda jualan dalam waktu singkat Buat langkah pertama Pertama – tama pastinya Anda harus melakukan pendekatan dulu ke calon pelanggan. Semakin cepat Anda berhasil menjadikan mereka pelanggan Anda, maka Anda akan cepat bertindak untuk membuat follow up. Anda sebaiknya melihat keterlibatan mereka dalam bisnis Anda. Apakah mereka sudah bergabung dalam situs online Anda, itu kalau Anda berbisnis online. Anda juga harus memerhatikan akses pelanggan ke website Anda mudah atau tidak. Memanfaatkan waktu terbaik pelanggan Apakah Anda sering menghubungi pelanggan lebih dari jam 5 sore? Itu sebaiknya Anda hindari karena pelanggan biasanya merasa terganggu apalagi di

PENTINGNYA BISNIS ANDA MENJADI BISNIS UNIK

Unik bisa jadi kata kunci buat kesuksesan Anda. Saya sering melihat bisnis – bisnis unik yang bahkan nyerempet aneh tapi tetap bermanfaat selalu meraih sukses. Pastinya unik itu membuat perbedaan untuk bisnis Anda. Beda itu tidak harus yang wah. Pasti pernah dengar istilah karena nila setitik rusak susu sebelanga. Kalau itu konteksnya lebih kesalahan. Nah, pointnya coba Anda jadikan si nila ini Sesuatu yang unik tapi membuat bisnis Anda menjadi besar. Setitik nila anggap saja ide yang sederhana, so tidak perlu susah untuk jadi Bisnis unik. Saya pernah dengar cerita di daratan Eropa pernah muncul soal fisika yang menanyakan cara menentukan tinggi bangunan lantai 35 dengan barometer. Kalau Anda yang ditanya mau jawab apa? Pasti bingung tapi Fitra Jaya Saleh, pemenang nobel fisika di Denmark sekaligus coach bisnis menjawab kalau bisa digunakan dengan cara mengaitkan barometer dengan benang lalu turunkan dari lantai atas hingga tanah. Itu sangat simple bukan? Tapi kadang kit

EMPAT HAL YANG WAJIB ANDA KETAHUI DARI PELANGGAN

Bisnis pastinya akan selalu berhubungan dengan pelanggan. Apa yang bisa Anda lakukan kalau tidak ada pelanggan? Bisnis Anda bisa – bisa menutup mata alias gagal. Apakah Anda ingin seperti itu? Saya rasa Anda membangun bisnis pastinya ingin mendapat keuntungan. Berarti Anda harus mencari sebanyak – banyaknya pelanggan. Siapa yang bilang mencari pelanggan itu susah? Penduduk Indonesia saja ada jutaan penduduk, so buat apa Anda menyerah. Anda hanya perlu tahu rahasia dari pelanggan yang wajib Anda ketahui. Pertanyaan kebutuhan sebagai sebuah solusi Cara membuat hati pelanggan Anda tertarik dengan produk itu dengan pertanyaan. Apa si pelanggan tidak bosan dengan yang Anda bicarakan? Nah, daripada banyak bicara lebih baik Anda bertanya. Pertanyaannya pastinya untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan pelanggan. Pelanggan pastinya akan membeli apa yang sedang dibutuhkan. Coba saja posisikan diri Anda sebagai pelanggan. Apakah Anda akan membeli sesuatu yang akhirnya tidak diguna

MENJALANKAN MOBILE MARKETING DENGAN CERDAS

Menjalankan Mobile Marketing dengan Cerdas Apakah Anda pemilik bisnis online atau yang lain? Apa produk Anda masih sedikit peminat? Apa Anda masih bingung cara efektif untuk memasarkan produk Anda? Anda bisa melakukan sistem marketing secara online yang efektif. Saya akan bagikan 6 tips yang bisa Anda lakukan. Fokus pada customer Di zaman sekarang yang serba internet pastinya sudah tidak awam customer menggunakan handphone canggih. Customer Anda punya itu sih oke tapi apa mereka selalu menggunakannya? Ini yang membuat Anda harus memastikannya. kalau sang customer sudah pasti selalu terhubung dengan internet, tugas Anda memastikan website bisnis Anda. Sebaiknya customer bisa dengan mudah mengakses. Apalagi saat customer mau melakukan pembelian. Waktu loading kalau bisa tidak lebih dari 3 detik. Nanti yang ada customer Anda batal mengunjungi web Anda. Hormati Privasi Anda bisa saja mengirim iklan – iklan produk Anda lewat pesan seperti SMS blash. Tapi bukan berarti b

SERING TERJADI KESALAHAN ISTILAH SALES YANG BERKEMBANG DIMASYARAKAT

Kesalahan Pengertian Sales yang Sering Terjadi Ada dua istilah yang berkembang di masyarakat, yaitu sales dan marketing. Masyarakat sering salah dalam mengartikan kedua istilah tersebut. Menurut sebagian besar masyarakat, sales dan marketing adalah dua istilah yang sama. Padahal jika dilihat dari kata pembentuknya, pengertian sales dan marketing ini sangat berbeda. Sales dibentuk dari kata sale yang artinya penjualan. Sedangkan marketing dibentuk dari kata market yang berarti pasar. Marketing merupakan suatu proses dari kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan pasar. Kegiatannya meliputi merencanakan produk yang akan dipasarkan, menetapkan harga, mempromosikan produk, merencanakan sasaran konsumen, dan mendistribusikan produk. Marketing ini bertujuan untuk memuaskan konsumen. Sehingga pada intinya, kegiatan marketing ini lebih berfokus pada pelayanan konsumen. Lain halnya dengan sales, fokus kegiatannya hanya sebatas menjual produk. Inti kegiatannya adalah memindahkan p

CARA MEMBENTUK MARKETING DALAM BISNIS BARU

Pentingnya Membentuk Marketing dalam Bisnis Baru Definisi marketing ialah sebuah tim yang dibentuk secara khusus untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan. Transaksi antara penjual dan pembeli berawal dari peran tim ini. Penguasaan materi terkait semua yang berhubungan degan produk wajib dimiliki. Hal tersebut guna menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh calon pembeli. Komunikasi yang baik sangat diperlukan agar masyarakat yakin bahwa produk yang ditawarkan bermanfaat bagi mereka. Keberhasilan tim ditunjukkan dari jumlah produk yang berhasil terjual dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Bisnis yang masih tergolong baru wajib membentuk tim marketing guna menjalankan perannya dengan tepat. Tanggungjawab yang harus diemban relatif besar karena nasib akhir perusahaan ada di tangan tim pemasar. 1. Pengenalan Produk Bisnis baru menghadirkan sesuatu yang belum diketahui masyarakat luas. Bagaimana mereka dapat membeli jika tidak mengenal produk yang Anda kel