Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga 30 September 2018 - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

Postingan

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KOMUNIKASI NON VERBAL

Kelebihan komunikasi nonverbal Perasaan dan emosi lebih cermat disampaikan lewat pesan noverbal  ketimbang pesan verbal. Pesan nonverbal menyampaikan makna dan maksud yang relatif bebas dari  penipuan, distorsi, dan kerancuan. Sehingga pesan nonverbal memiliki  kesahihan ( realiabilitas) tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kebenaran pesan-pesan yang disampaikan. Pesan nonverbal mempunyai fungsi metakomunikatif yang sangat diperlukan untuk mencapai komunikasi yang berkualitas tinggi. Fungsi metakomunikatif  artinya memberikan informasi tambahan yang memperjelas maksud dan makna  pesan. Pesan nonverbal merupakan cara komunikasi yang lebih efisien  dibandingkan dengan pesan verbal. Karena pesan non verbal tidak harus  berpikir panjang dan para audiens dapat menangkap artinya dengan cepat. Pesan nonverbal merupakan sarana sugesti yang paling tepat. Memberi sifat, melengkapi, menentang atau mengembangkan pesan-pesan  verbal. Faktor-faktor nonverbal sangat menentukan makna d

PENTINGNYA KOMUNIKASI NON VERBAL DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Komunikasi non-verbal memiliki peran yang sangat penting. Hal ini sesuai  dengan pernyataan dari Leathers (1976) : Faktor-faktor non-verbal sangat menentukan makna dalam komunikasi   Interpersonal Ketika kita mengobrol atau berkomunikasi tatap muka, kita banyak  menyampaikan gagasan dan pikiran kita lewat pesan-pesan non-verbal. Pada  gilirannya orang lain pun lebih banyak membaca pikiran-pikiran kita lewat.   Petunjuk-petunjuk non-verbal. Menurut Birdwhistell tidak lebih dari 30%-35%  makna sosial percakapan atau interaksi dilakukan dengan kata-kata, dan  sisanya dilakukan dengan pesan non-verbal. Perasaan dan emosi lebih cermat disampaikan lewat pesan non-verbal  ketimbang pesan verbal. Menurut Mahrabian (1967), hanya 7% perasaan kasih sayang dapat  dikomunikasikan dengan kata-kata. Selebihnya, 38% dikomunikasikan lewat  suara, dan 55% dikomunikasikan melalui ungkapan wajah (senyum, kontak mata,  dan sebagainya).Pesan non-verbal menyampaikan makna dan maksud yang relatif

FUNGSI KOMUNIKASI NON VERBAL

Fungsi pertama : Repetisi Perilaku nonverbal dapat mengulangi perilaku verbal. Misalnya, Anda  menganggukkan kepala ketika mengatakan "Ya," atau menggelengkan kepala  ketika mengatakan "Tidak," atau menunjukkan arah (dengan telunjuk) ke mana  seseorang harus pergi untuk menemukan Water Close. Fungsi Kedua : Subtitusi Perilaku nonverbal dapat menggantikan perilaku verbal, jadi tanpa berbicara. Anda bisa berinteraksi dengan orang lain. Misalnya, seorang pengamen  mendatangi mobil Anda kemudian tanpa mengucapkan sepatah katapun Anda  menggoyangkan tangan Anda dengan telapak tangan mengarah ke depan (sebagai  kata pengganti "Tidak"). Isyarat nonverbal yang menggantikan kata atau frasa  inilah yang disebut emblem. Fungsi Ketiga : Kontradiksi Perilaku nonverbal dapat membantah atau bertentangan dengan perilaku verbal  dan bisa memberikan makna lain terhadap pesan verbal . Misalnya, Anda  memuji prestasi teman sambil mencibirkan bibir. Fungsi Kee

KLASIFIKASI KOMUNIKASI NON VERBAL

Pesan yang dihasilkan oleh setiap kategori tidak berdiri sendiri, namun  hadir bersamaan dengan pesan dari kategori yang lain yakni seprti pesan  verbal, konteks, dan manusia sebagai penerima pesan.Banyak klasifikasi   membagi pesan non verbal ke dalam dua kategori komprehensif yaitu yang  dihasilkan oleh tubuh (penampilan, gerakan, ekspresi wajah, kontak mata,  sentuhan, dan para bahasa) dan hal-hal seperti ruang lingkup (tempat, waktu  dan sikap diam). Perilaku Tubuh Komunikasi nonverbal yang dihasilkan oleh pengaruh tubuh ini antara  lain mencakup: pengaruh penampilan yakni kekuatan komunikasi untuk mendekatkan atau  menjauhkan orang lain berasal dari bagaimana kita berpenampilan juga dari  bahasa yang kita pergunakan, menilai keindahan artinya apa yang dianggap indah pada suatu budaya  belum tentu bagi budaya lainnya, pesan dari warna kulit yang bisa dijadikan penanda ras,pesan dari pakaian, selain sebagai pelindung pakaian juga bentuk komunikasi. Pakaian dapat digunakan

BENTUK KOMUNIKASI NON VERBAL

Bentuk Komunikasi Non Verbal Ada TuJuh Yaitu :  Komunikasi visual. Komunikasi visual merupakan salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan berupa gambar - gambar, grafik-grafik,  lambang-lambang, atau simbol-simbol. Dengan menggunakan gambar-gambar yang  relevan, dan penggunaan warna yang tepat, serta bentuk yang unik akan  membantu mendapat perhatian pendengar. Dibanding dengan hanya mengucapkan  kata-kata saja, penggunaan komunikasi visual ini akan lebih cepat dalam  pemrosesan informasi kepada para pendengar.  Komunikasi sentuhan. Ilmu yang mempelajari tentang sentuhan dalam komunikasi non verbal sering  disebut Haptik. Sebagai contoh : bersalaman, pukulan, mengelus-ngelus,  sentuhan di punggung dan lain sebagainya merupakan salah satu bentuk  komunikasi yang menyampaikan suatu maksud/tujuan tertentu dari orang yang  menyentuhnya. Komunikasi gerakan tubuh. Kinesik atau gerakan tubuh merupakan bentuk komunikasi non verbal, seperti,  mela

KOMUNIKASI NON VERBAL

Bahasa non verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang sering  digunakan dalam presentasi, dimana penyampaiannya bukan dengan kata-kata  ataupun suara tetapi melalui gerakan-gerakan anggota tubuh yang sering  dikenal dengan istilah bahasa isyarat atau body language. Selain itu juga,  penggunaan bahasa non verbal dapat melalui kontak mata, penggunaan objek  seperti pakaian, potongan rambut, dan penggunaan simbol-simbol. Komunikasi Non Verbal memiliki beberapa pengertian, antara lain merupakan  sebuah proses interaksi sosial antara dua atau lebih individu yang mencoba  saling mempengaruhi dalam hal ide, sikap, pengetahuan, dan tingkah laku. Selain itu komunikasi juga di definisikan sebagai proses memberitahukan dan menyebarkan pikiran-pikiran, nilai-nilai dengan maksud untuk menggugah  partisipasi, agar hal-hal yang diberitahukan itu menjadi milik bersama. Para ahli di bidang komunikasi non verbal biasanya menggunakan  definisi "tidak menggunakan kata" dengan ket

HAMBATAN KOMUNIKASI VERBAL

Komunikasi verbal paling sering dilakukan masyarakat ketika menyapa, bertemu dan mengobrol. Bisa dibilang pergaulan masyarakat hampir seluruhnya  melalui bicara. Berkomunikasi melalui simbol-simbol verbal atau bahasa melalui tulisan atau lisan dikenal dengan komunikasi verbal. Komunikasi ini  erat kaitannya dengan bahasa yaitu kata-kata yang digunakan untuk bergaul dengan orang lain yang berfungsi untuk: Memberi nama. Ini adalah fungsi bahasa pada dasarnya untuk mengenal orang, perilaku, objek, dengan menyebut namanya maka terjadilah komunikasi. Bergaul dengan orang lain, berkaitan dengan mengekspresikan  perasaan-perasaan manusiawi (emosional) dalam pergaulan dengan kata-kata  ketika bingung, marah, bahagia, dan perasaan lainnya. Menyampaikan berita/informasi menceritakan semua hal yang terjadi, masa lalu, masa kini, masa yang akan datang sehingga menciptakan kebudayaan. Ketika banyak terjadi tokoh politik, ekonomi, budayawan, pejabat, yang ketika berbicara di hadapan masya

KELEBIHAN DAN KEKUKARANGAN KOMUNIKASINYA VERBAL

Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Verbal KELEBIHAN Komunikasi dapat disampaikan melalui tulisan maupun lisan. Komunikasi verbal dapat digunakan untuk membahas kejadian masa lalu, ide atau abstaksi. Komunikasi menggunakan kata-kata akan lebih mudah dikendalikan dari pada dengan menggunakan bahasa isyarat ( gerakan badan/tubuh) atau  ekspresi wajah. KEKURANGAN Dalam paparan verbal selalu terdapat redundansi, repetisi, ambiguity, dan abtraksi. Adanya keterbatasan jumlah kata yang tersedia untuk mewakili objek. Kata-kata mengandung bias budaya. Diperlukan lebih banyak waktu untuk mengungkapkan pikiran kita  secara verbal. Sehingga dari segi waktu, pesan verbal sangat tidak efisien. Kata-kata yang disampaikan dalam suatu percakapan hanya membawa sebagian dari pesan.  Baca juga : Hambatan-komunikasi-verbal

PRAKTEK KOMUNIKASI VERBAL

Prakteknya komunikasi verbal bisa dilakukan dengan cara :  Berbicara dan menulis. Umumnya untuk menyampaikan, orang cenderung lebih menyukai speaking  (berbicara) ketimbang (writing ). Selain karena praktis, speaking dianggap  lebih mudah “menyentuh” sasaran karena langsung didengar komunikan. Namun bukan berarti pesan tertulis tidak penting. Untuk menyampaikan pesan bisnis  yang panjang dan memerlukan pemahaman dan pengkajian matang, diperlukan  pula penyampaian writing. Semisal penyampaian bussines report. Sangat tidak  mungkin jika hanya disampaikan dengan berbicara. Mendengarkan dan membaca. Kenyataan menunjukkan, pelaku bisnis lebih sering mendapatkan informasi  ketimbang menyampaikan informasi. Dan aktivitas penerimaan informasi.pesan  bisnis ini dilakukan lewat proses (listening) mendengarkan dan membaca  (reading). Sayangnya, kenyataan juga menunjukkan, masih banyak di antara  kalangan bisnis yang tidak memiliki kemampuan dan kemauan memadai untuk  melakukan pros

TUJUAN KOMUNIKASI VERBAL

TUJUAN KOMUNIKASI VERBAL :  Komunikasi verbal melalui lisan dapat dilakukan secara langsung bertatap   muka antara komunikator dengan komunikan, seperti berpidato atau ceramah.   Selain itu juga, komunikasi verbal melalui lisan dapat dilakukan dengan  menggunakan media, contoh seseorang yang bercakap-cakap melalui telepon.  Sedangkan komunikasi verbal melalui tulisan dilakukan dengan secara tidak   langsung antara komunikator dengan komunikan. Proses penyampaian informasi   dilakukan dengan menggunakan berupa media surat, lukisan, gambar, grafik   dan lain-lain. Adapun tujuan menggunakannya komunikasi verbal (lisan dan tulisan) antara   lain : Penyampaian penjelasan, pemberitahuan, arahan dan lain sebagainya, Presentasi penjualan dihadapan para audien, Penyelenggaraan rapat, Wawancara dengan orang lain, Pemasaran melalui telepon, dan sebagainya. Baca juga  Praktek-komunikasi-verbal

KOMUNIKASI VERBAL

KOMUNIKASI VERBAL :  Istilah verbal dalam kamus bahasa indonesia adalah lisan, maksudnya   komunikasi dilakukan antara pembicara dan pendengar hanya menggunakan lisan   saja. Sedangkan dalam ilmu komunikasi menyatakan bahwa istilah komunikasi   verbal yaitu proses penyampaian informasi berupa lisan dan tulisan. Komunikasi verbal adalah bentuk komunikasi yang ada dalam kehidupan manusia  dalam hubungan atau interaksi sosialnya pengertian komunikasi verbal   (verbal communication) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan  komunikator kepada komunikan dengan lisan (oral) atau tulisan (written).  Dari pengertian komunikasi verbal tersebut maka jelas peranannya sangat   besar karena sebagian proses komunikasi langsung dengan komunikasi verbal   ide-ide, pemikiran atau keputusan lebih mudah disampaikan secara verbal   daripada non verbal. Pada komunikasi verbal ini komunikan juga lebih mudah   memahami pesan-pesan yang disampaikan dengan komunikasi ini. Meneruskan sisi pengertia

CARA MEMBANGKITKAN SEMANGAT DAN MINAT PERUSAHAAN ADALAH ROAD SHOW

Road show adalah kegiatan presentasi yang dilakukan oleh penerbit surat berharga atau emiten kepada pembeli potensial. Perusahaan yang akan melakukan penawaran umum perdana (IPO) biasanya melakukan perjalanan ke luar negeri untuk memberikan presentasi kepada analis, fund manager dan pembeli potensial. Road show ini dimaksudkan untuk membangkitkan semangat dan minat dalam isu atau IPO. Sedangkan Non-Deal Roadshow terjadi ketika para CEO, CFO dan IR mengadakan diskusi dengan investor potensial tetapi tidak ada yang ditawarkan untuk dijual. Roadshow ini dilakukan hanya memberikan pengenalan tentang perusahaan kepada calon investor global dan dianggap sebagai faktor nonfinansial. Kunci dalam keputusan membeli dibuat oleh 82% dari investor institusi dalam IPO. Road show mungkin terbatas pada satu negara maju dengan level internasional. Di Amerika Serikat ada beberapa tempat tujuan utama yang paling banyak dikunjungi diantaranya Chicago, Los Angeles dan New York City. K