Sukses
tidak hadir dengan berdiam diri dan sekedar menunggu. Sebaliknya, upaya
menjemput kesuksesan, pengorbanan, serta kerja keras sangat ditekankan. Hal
yang tidak kalah penting dalam upaya
meraih kesuksesan ialah percaya pada diri sendiri. Dalam hal ini, percaya pada
diri sendiri adalah ukuran penting dalam menjalankan suatu pekerjaan. Dengan
kepercayaan diri tinggi, pekerjaan yang dinilai tidak dapat dituntaskan akan
mampu diselesaikan secara maksimal.
Seseorang
yang memiliki mental juara bukanlah sosok pasif, melainkan aktif dan memiliki
rasa percaya tinggi. Rasa percaya diri di dalam diri seseorang akan menuntunnya
kearah pencapaian kinerja yang baik sehingga kariernya pun meningkat. Bahkan,
menumbuhkan kepercayaan diri akan menambah kekuatan di alam pikiran. Kesadaran
terhadap pentingnya kepercayaan diri ini akan menopang terciptanya kondisi
mental yang kuat.
Ada
beberapa kiat praktis untuk menumbuhkan kepercayaan diri anda :
Pertama, yakin dengan kemampuan diri sendiri.
Dalam hal ini, anda harus memiliki skill yang berbeda dengan orang lain. Jika
satu tugas dipercayakan kepada anda maka yakinlah anda dapat mengerjakannya
dengan baik. Sebab, logikanya memang demikian. Jika pekerjaan itu diberikan
kepada seseorang berarti ia memang harus
sanggup untuk menyelesaikannya.
Kedua,
usahakan mampu berkomunikasi dengan diri
sendiri. Dengarkan bisikan diri yang keluar dari hati nurani dan kerahkan
keberanian untuk mendengarkannya. Dengan demikian, semua tugas akan terasa
ringan untuk anda kerjakan hingga tuntas.
Ketiga, yakinlah bahwa setiap orang memiliki
kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan seseorang adalah anugerah
yang patut untuk dijaga, dilestarikan, bahkan dikembangkan. Sebaliknya, jangan
menyesali kekurangan yang ada karena setiap orang pasti memilikinya. Jadikan
kekurangan sebagai penyeimbang hidup.
Keempat, jauhkan rasa minder dan rendah diri.
Patut disadari bahwa rendah diri adalah penyakit yang tidak terlihat dan
cenderung dialami oleh setiap individu. Dengan menumbuhkan rasa percaya diri,
rasa minder dapat dihilangkan.
Kelima, bersikap biasa, dalam arti tidak
terlalu percaya diri atau malah rendah diri. Meskipun kepercayaan diri memang
harus tinggi, hal itu bukan berarti seorang pekerja berhak meninggikan
diri di antara sesama karyawan atau
bahkan terhadap pimpinan. Namun, bersikap biasa juga bukan berarti menyepelekan
kepercayaan diri. Sikap biasa berarti dapat menempatkan diri dengan baik
sehingga cenderung dihargai serta disenangi oleh sesama rekan kerja dan juga
pimpinan.
Berdasarkan
kelima tips tersebut dapat dikatakan bahwa kepercayaan diri mutlak diperlukan.
Alasannya sangat sederhana. Apabila tidak memiliki rasa percaya diri
sebagaimana yang telah diuraikan, anda mustahil sanggup mengerjakan tugas-tugas
dari profesi sekarang. Jika tidak sanggup menyelesaikan tugas maka secara
otomatis anda tidak akan mengalami perkembangan. Bahkan, bukan tidak mungkin
anda diberhentikan dari tempat kerja.
Penting
pula anda ketahui bahwa bagi perusahaan (pimpinannya), karyawan adalah asset
utama dalam setiap organisasi. Artinya, pengetahuan yang dimiliki oleh setiap
karyawan yang telah cukup lama melakukan pekerjaan tertentu sangat bernilai.
Dalam hal ini, karyawan harus dapat cepat belajar serta mempunyai kreativitas.
Sebab, perbaikan dan perubahan organisasi hanya dapat tercapai apabila karyawan
berubah menjadi lebih baik secara internal. Jadi, jika anda harus menumbuhkan
kepercayaan diri mulai dari sekarang.
Tidak
dapat dipungkiri bahwa dunia pekerjaan memang penuh dengan interaksi social.
Artinya, sebagai pekerja, anda harus cakap dalam menangani diri sendiri serta
orang lain. Jika rasa percaya diri itu tidak ada maka mustahil interaksi yang
baik akan terjadi. Orang yang cerdas secara intelektual di bidangnya memang
dapat bekerja dengan baik. Namun, orang yang memiliki rasa percaya diri tinggi
akan sanggup bekerja dengan jauh lebih baik. ETOS KERJA ADALAH SUATU PEKERJAAN
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?
Komentar
Posting Komentar
SILAKAN KOMENTAR SESUAI TOPIK.....