Road show adalah kegiatan presentasi yang dilakukan oleh penerbit surat berharga atau emiten kepada pembeli potensial. Perusahaan yang akan melakukan penawaran umum perdana (IPO) biasanya melakukan perjalanan ke luar negeri untuk memberikan presentasi kepada analis, fund manager dan pembeli potensial. Road show ini dimaksudkan untuk membangkitkan semangat dan minat dalam isu atau IPO.
Sedangkan Non-Deal Roadshow terjadi ketika para CEO, CFO dan IR mengadakan diskusi dengan investor potensial tetapi tidak ada yang ditawarkan untuk dijual. Roadshow ini dilakukan hanya memberikan pengenalan tentang perusahaan kepada calon investor global dan dianggap sebagai faktor nonfinansial. Kunci dalam keputusan membeli dibuat oleh 82% dari investor institusi dalam IPO.
Road show mungkin terbatas pada satu negara maju dengan level internasional. Di Amerika Serikat ada beberapa tempat tujuan utama yang paling banyak dikunjungi diantaranya Chicago, Los Angeles dan New York City. Kebanyakan road show dijalankan oleh penjamin emisi.
Apa tujuan utama dari kegiatan road show? Tidak lain adalah untuk menarik ratusan calon pembeli agar tertarik dan mengetahui lebih banyak tentang perusahaan/emiten melalui presentasi multimedia dan sesi tanya-jawab antara investor dengan CEO atau CFO.
Informasi Disajikan dalam Road Show : road show mencakup berbagai topik termasuk sejarah perusahaan dan rencana masa depan untuk pertumbuhan. Informasi tentang aset perusahaan saat ini, apakah berwujud atau tidak berwujud, dapat disajikan, serta pemasaran mengenai prospek mendatang seperti apa.
Selain menyediakan informasi mengenai perusahaan, road show memungkinkan perusahaan memiliki kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang mungkin ditimbulkan oleh skeptis di pasar. Ini menyediakan sebuah forum di mana perusahaan dapat berkomunikasi langsung dengan stakeholder potensial untuk mengatasi setiap masalah yang ada. Penjamin emisi juga menggunakan informasi yang dikumpulkan dari investor untuk menyelesaikan proses book-building, yang melibatkan harga pengumpulan calon investor untuk bersedia langsung membeli pada saat Deal-Roadshow. Baca juga Komunikasi-verbal
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?
Komentar
Posting Komentar
SILAKAN KOMENTAR SESUAI TOPIK.....