Menurut istilah, marketing berarti pemasaran. Jika dijabarkan, marketing adalah kegiatan memasarkan hasil produksi perusahaan melalui berbagai cara, agar produk tersebut dapat dikenal dan diminati oleh masyarakat secara luas. Kegiatan pemasaran saat ini memfokuskan pada konsumen. Pelayanan terhadap konsumen harus ditingkatkan, hal ini merupakan tugas marketing.
Seseorang yang ditaruh di posisi marketing, berarti ia merupakan bagian penting perusahaan. Bagian marketing dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas. Selain itu, bagian marketing juga harus mampu menganalisa dan membuat strategi pemasaran. Tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut, namun kemampuan tersebut dapat muncul jika ada keinginan untuk belajar. Hal ini dapat melatih diri untuk mengembangkan kemampuan, dan menjadikan diri sebagai pribadi yang kuat.
Tugas-marketing satu tujuan kegiatan pemasaran adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini jelas membuktikan bahwa kegiatan marketing tidak hanya berfokus pada produk yang dihasilkan, tetapi lebih kepada pelayanan konsumen. Marketing sebagai kunci utama bisnis memiliki tugas yang kompleks. Tugas marketing harus dijalankan dengan baik, agar tercipta keberhasilan bisnis.
Tugas yang pertama adalah merencanakan produk. Bagian marketing harus mampu merencanakan produk apa yang akan dipasarkan. Sebelum produk masuk ke pasar, sebaiknya bagian marketing mengamati keadaan pasar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan minat masyarakat terhadap suatu produk. Sehingga produk yang dihasilkan perusahaan nantinya dapat laku dipasaran.
Menetapkan harga juga merupakan salah satu tugas bagian pemasaran. Sebelum produk dipasarkan, cari tahu dulu kisaran harga yang laku di masyarakat. Setelah tahu harga rata-rata produk dipasaran, baru tentukan harga yang tepat untuk produk yang akan dikeluarkan perusahaan nanti. Cobalah untuk menetapkan harga yang sesuai atau mendekati harga rata-rata produk di pasar.
marketing-promotionJangan memberikan tawaran harga yang terlalu tinggi. Hal tersebut membuat masyarakat tidak berminat menggunakan produk Anda. Memberikan tawaran harga yang terlalu rendah juga bukan strategi yang baik. Hal tersebut justru akan memberikan kerugian bagi perusahaan. Berikan penawaran harga yang sesuai, tidak terlalu tinggi, juga tidak terlalu rendah.
Tugas marketing selanjutnya adalah merencanakan promosi. Tujuan dari kegiatan promosi ini adalah mengenalkan produk kepada masyarakat. Promosi dapat berupa publikasi maupun pemberian bonus. Publikasi dapat melalui televisi, radio, atau internet sebagai media yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat. Konsumen pada umumnya tertarik dengan adanya bonus. Pemberian bonus dapat berupa diskon, souvenir, voucher, garansi, dan masih banyak lagi. Pemberian bonus sebaiknya dibatasi waktunya. Hal ini untuk menghindari kerugian perusahaan.
Tugas selanjutnya adalah merencanakan proses distribusi. Bagian marketing harus mampu merencanakan proses distribusi, baik media yang digunakan, maupun waktu pendistribusian. Produk harus sampai di tangan konsumen pada waktu yang tepat. Konsumen akan merasa kecewa jika produk diinginkan ternyata tidak sesuai, karena masalah pendistribusian. Oleh sebab itu bagian marketing harus merencanakan proses pendistribusian dengan baik.
produk-knowledgeTugas yang paling utama adalah pelayanan konsumen. Tingkatkan pelayanan terhadap konsumen. Bangun citra baik perusahaan di hati konsumen. Jagalah hubungan baik dengan konsumen, agar konsumen tetap memilih produk Anda sebagai produk unggulannya. Sesekali, tanyakan kepada konsumen tentang keluhan yang dirasakan. Bantu konsumen mengatasi masalahnya.
Pelayanan semacam itu pasti akan membekas di hati konsumen. Hal ini diharapkan dapat membuat konsumen tetap loyal menggunakan produk Anda. Sehingga akan meningkatkan penjualan dan jumlah pelanggan. Hal itu lah yang menjadikan alasan pentingnya memperhatikan kepuasan konsumen terhadap produk Anda.
Tugas marketing yang begitu banyak, menuntut bagian marketing agar profesional dalam menjalankan tugasnya. Marketing bukanlah profesi yang sembarangan. Setiap strategi dan tindakan yang ia lakukan harus diperhatikan betul. Hal ini disebabkan, karena setiap keputusan yang dilakukan marketing akan berdampak besar bagi keadaan bisinis Anda. Lima-cara-wajib-dimiliki-sales-marketing
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?
Komentar
Posting Komentar
SILAKAN KOMENTAR SESUAI TOPIK.....