LANGKAH LANGKAH MARKETING UNTUK MEMAKSIMALKAN HASIL LANGKAH LANGKAH MARKETING UNTUK MEMAKSIMALKAN HASIL - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

LANGKAH LANGKAH MARKETING UNTUK MEMAKSIMALKAN HASIL

Langkah Kerja Marketing untuk Memaksimalkan Hasil
Marketing merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu perusahaan. Semua proses dari kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan pasar, disebut marketing. Perlu adanya strategi dalam marketing, untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Langkah kerja marketing harus tepat, agar dapat memberikan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan.

Tugas dari marketing adalah memuaskan konsumen. Sehingga marketing bertanggung jawab terhadap perencanaan produk yang akan dipasarkan, penetapan harga, promosi produk, perencanaan sasaran konsumen, dan pendistribusian produk. Ada 7 strategi yang harus dikuasai marketing, yaitu mengenai produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, dan bukti fisik.

Keberhasilan suatu marketing dapat dicapai dengan memaksimalkan strateginya. Hal yang perlu dilakukan adalah memilih langkah yang cerdas dalam prosesnya. Marketing tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk memperoleh keuntungan maksimal. Biaya dapat diminimalisir jika marketing memiliki strategi yang cerdas.

Jangkauan kerja marketing harus luas, menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Produk yang dihasilkan sebaiknya tidak dirancang khusus untuk digunakan oleh jenis konsumen tertentu. Produk akan cepat terjual habis jika sasaran konsumennya adalah seluruh lapisan masyarakat. Hal ini akan mampu meningkatkan hasil penjualan.

Memiliki strategi unik dalam pemasaran juga harus dimiliki. Setiap staf pemasaran memiliki pemikiran yang berbeda-beda dalam membuat strategi. Usahakan strategi yang pada akhirnya dipilih nanti sebaiknya bukan strategi yang sudah umum dilakukan. Pilihlah sesuatu yang berbeda dan unik, dimana tidak semua orang mampu menduga dan melakukan langkah ini.

Pemilihan sarana atau teknologi yang tepat dalam pemasaran sangat diperlukan. Mengingat pentingnya teknologi dalam pemasaran, membuat Anda harus memilih teknologi yang sesuai dengan sasaran konsumen. Jika sasarannya adalah anak muda, Anda dapat menggunakan media sosial sebagai sarananya. Media sosial yang dipilih juga harus tepat, jangan asal memilih. Pilihlah media sosial yang banyak digunakan atau dibuka anak muda jaman sekarang.

Staf pemasaran harus bersikap komunikatif kepada pelanggan. Hal ini nantinya akan memunculkan kesan akrab terhadap pelanggan. Jika Anda sudah dapat menarik perhatian pelanggan, maka akan lebih mudah Anda dalam mengenalkan produk. Pelanggan akan lebih terbuka terhadap orang yang sudah dikenalnya dan mampu membuat dirinya merasa nyaman.

Jangan mudah puas dengan adanya pelanggan yang lama. Setelah mampu mendekatkan diri dengan beberapa pelanggan, cobalah untuk mencari konsumen baru lagi. Hal ini dapat memperluas jaringan Anda. Yakinkan konsumen untuk mau menggunakan produk Anda. Hal ini membuat jangkauan pemasaran menjadi luas, sehingga produk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Setelah produk dikenal masyarakat, diharapkan mampu memaksimalkan hasil penjualan.

Kerja marketing harus konsisten, hal inilah yang penting untuk diingat. Produk yang sejak awal sudah didesain bagus dan sudah mampu menarik pelanggan, sebaiknya tetap dipertahankan kualitasnya. Jangan mengurangi kualitas produk karena merasa sudah memiliki banyak pelanggan. Sering kali kualitas produk yang menurun akan membuat pelanggan berpaling dari penggunaan produk tersebut.

Berikanlah informasi yang bermanfaat konsumen. Hal ini merupakan bagian dari bentuk pelayanan terhadap konsumen. Informasi ini dapat berupa pengenalan kelebihan dan manfaat produk, serta cara memperoleh atau membelinya. Hal ini dapat menjadikan Anda seakan-akan seperti konsultan mereka.

Selanjutnya, cobalah untuk mencari tahu tentang respon konsumen terhadap produk yang dikeluarkan selama ini. Perhatikan apakah konsumen memberikan respon yang baik. Jika respon dari konsumen baik, maka memungkinkan untuk dilanjutkan proses pemasarannya. Cari tahu juga tentang komentar pelanggan setelah menggunakan produk. Hal ini merupakan salah satu bentuk pelayanan konsumen.

Kerja marketing dianggap berhasil jika ia sudah mampu menguasai daerah pemasaran. Selanjutnya keberhasilan itu harus diikuti oleh pencapaian hasil pemasaran yang maksimal. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan pelayanan terhadap konsumen. Hal ini merupakan tujuan utama dari marketing. Tujuh-kunci-sukses-teamwork-dalam-bisnis


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

CARA MENINGKATKAN PENGGUNAAN WAKTU BEKERJA DENGAN TEPAT

Seorang pekerja tangguh akan mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Sebab, ia menyadari bahwa waktu adalah organisasi, kekuasaan, ukuran, dan bernilai uang. Pekerja tangguh yang dapat mengatur dan menggunakan waktu dengan baik seperti berhasil menerapkan manajemen waktu. Salah satu cara untuk meningkatkan penggunaan waktu dengan tepat ialah memulai segala kegiatan secara bersamaan dan serempak. Oleh karena itu, anda harus mempunyai kepribadian kuat sebagai modal utama dalam belajar. Pekerja tangguh senantiasa berusaha keras sehingga memiliki kebebasan dalam berekspresi. Dengan demikian, hal tersebut merupakan komponen dasar dari keselarasan antara keinginan dan kebutuhan pandangan mata. Disiplin juga berarti tepat waktu dalam segala hal. Ketika seseorang menuntun dirinya menjadi pekerja yang selalu tepat waktu, maka dengan sendirinya ia telah menunjukkan komitmen dan kesetiaan terhadap perusahaan. Dengan kata lain, ia telah berusaha mempertanggungjawabkan tugas-tugasnya...

AN NIFARI SANG PENGELANA YANG ENGGAN BICARA

An-Nifari, Sang Pengelana yang Enggan Bicara Ketinggian tokoh sufi dari Irak ini konon melebihi Rumi dan Hallaj. Dia adalah teoritikus sufi sekaligus sastrawan besar. “Ketika kita sudah melakukan sesuatu dengan baik dan bersungguh-sungguh, mengapa harus meributkan penilaian orang lain? Bukankah Ridha-Nya yang kita harapkan?” Nama mistikus ini agak asing di telinga kita. Tidak seperti al-Hallaj, ia seakan kurang begitu terdengar. Padahal dimata para ahli tasawuf, pandangan-pandangan sufistiknya sangat berpengaruh. Terbukti dari banyaknya para sufi sesudahnya yang banyak mengikutinya. Dia adalah An-Nifari, yang telah meninggalkan jejak kesufian yang luar biasa. Dalam memaknai tasawuf, misalnya, ia lebih berhati-hati. Itu sebabnya ia menjadi panutan bagi para sufi yang lain. Nama lengkapnya ialah Muhammad ibnu Abdul Jabbar bin al-Husain an-Nifari. Di dunia sastra klasik Irak, namanya menjulang karena karya-karyanya yang masyhur. Tapi sejarah hidupnya sulit dilacak. Menurut c...

AGAMA DIMASA DEPAN

Agama Dimasa Depan Kehidupan saat ini adalah kehidupan yang serba kompleks, banyak sekali nilai-nilai agama yang dipertaruhkan demi kekuasaan, arogansi mayoritas, dan kepentingan-kepentingan kelompok yang sempit, disamping itu, agama juga punya sebuah tantangan hebat dari realitas yang terjadi saat ini, mampukah agama menjadi solusi terhadap berbagai masalah persoalan ummat manusia saat ini? Persoalan memudarnya kasih sayang diantara sesama manusia, pertikaian antar kelompok, merebaknya kekerasan, merebaknya intoleransi antar agama dan antar golongan, antara mayoritas dan minoritas, tragedi kemanusiaan yang terjadi dimana-mana, pembantaian umat manusia hanya demi ideologi kepentingan kelompok dan kekuasaan seperti yang terjadi di suriah, afganistan, rohingnya, thailand selatan, dll. Ketika agama tidak bisa menyelesaikan semua persoalan-persoalan ini, salahkah ketika agama harus ditinggalkan oleh penganutnya? Dan apa fungsi dan gunanya agama kalau tidak bisa menyelesaik...

KEKUATAN TEKAD MERUPAKAN FAKTOR PENTING MENUJU KESUKSESAN

Kekuatan Tekad Merupakan Faktor Penting Menuju Kesuksesan Menurut anda, apakah yang menjadi faktor penting untuk menuju kesuksesan? Walaupun ada banyak hal lain yang dapat menjadi faktor, saya percaya bahwa faktor penting untuk sukses adalah KEKUATAN TEKAD. Paul Graham, pendiri sebuah startup inkubator di Silicon Valley menulis ini : “Kami mempelajari bahwa prediktor yang paling penting dari kesuksesan adalah tekad. Meskipun faktor lain dapat membantu anda untuk menjadi lebih pintar, namun itu bukanlah faktor penentu. Ada banyak orang secerdas Bill Gates yang bahkan tidak mencapai apa-apa”. Dalam buku The Dip, Seth Godin menulis bahwa ada sebuah tempat di jalan menuju kesuksesan. Dimana anda akan mengalami kemunduran. Ia menyebut tempat itu dengan “lubang”. Ini adalah tempat dimana kekuatan tekad anda dibutuhkan. Banyak orang yang berhenti disana. Namun pemenang pasti dapat melaluinya. Kekuatan tekad dapat membantu anda melewati rintangan dan mengejar impian anda di ...

ABU NASR MUHAMMAD BIN AL FARABI, DEDIKASI TAK MENGENAL LELAH

Abu Nasr Muhammad bin Al-Farabi, Dedikasi Tak Mengenal Lelah Dalam setiap masa, selalu ada orang brilian yang layak di teladani. Dengan segala macam cara dan penemuan baru serta pemikiran cemerlang. Tanpa kenal lelah, mereka telah berusaha semaksimal mungkin untuk berkarya dan memberikan sesuatu yang terbaik bagi kemaslahatan umat manusia. Ini merupakan cara mereka untuk beribadah dan berjuang bagi kepentingan umat. Figur seorang filsuf muslim yang namanya sudah tidak asing dalam dunia Islam. Nama lengkapnya: Abu Nasr  Muhammad bin Tarkhan bin Awzalagh al-Farabi. Dalam teks-teks Latin di abad pertengahan, ia di kenal dengan nama Alfarabius atau Avennasar. Beliau lahir pada tahun 257 H / 870 M, di kampung Wasij di dalam wilayah Farab si seberang Sungai Sihun dan Jihun (Republik Turkistan sekarang). Ayahnya berasal dari Iran dan menjadi tentara kerajaan Samaniah dengan pangkat rendah. Sedangkan ibunya berasal dari daerah Turkistan. Dalam hal pendidikan keluarga, ayahnya san...