LANGKAH LANGKAH MARKETING UNTUK MEMAKSIMALKAN HASIL LANGKAH LANGKAH MARKETING UNTUK MEMAKSIMALKAN HASIL - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

LANGKAH LANGKAH MARKETING UNTUK MEMAKSIMALKAN HASIL

Langkah Kerja Marketing untuk Memaksimalkan Hasil
Marketing merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu perusahaan. Semua proses dari kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan pasar, disebut marketing. Perlu adanya strategi dalam marketing, untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Langkah kerja marketing harus tepat, agar dapat memberikan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan.

Tugas dari marketing adalah memuaskan konsumen. Sehingga marketing bertanggung jawab terhadap perencanaan produk yang akan dipasarkan, penetapan harga, promosi produk, perencanaan sasaran konsumen, dan pendistribusian produk. Ada 7 strategi yang harus dikuasai marketing, yaitu mengenai produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, dan bukti fisik.

Keberhasilan suatu marketing dapat dicapai dengan memaksimalkan strateginya. Hal yang perlu dilakukan adalah memilih langkah yang cerdas dalam prosesnya. Marketing tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk memperoleh keuntungan maksimal. Biaya dapat diminimalisir jika marketing memiliki strategi yang cerdas.

Jangkauan kerja marketing harus luas, menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Produk yang dihasilkan sebaiknya tidak dirancang khusus untuk digunakan oleh jenis konsumen tertentu. Produk akan cepat terjual habis jika sasaran konsumennya adalah seluruh lapisan masyarakat. Hal ini akan mampu meningkatkan hasil penjualan.

Memiliki strategi unik dalam pemasaran juga harus dimiliki. Setiap staf pemasaran memiliki pemikiran yang berbeda-beda dalam membuat strategi. Usahakan strategi yang pada akhirnya dipilih nanti sebaiknya bukan strategi yang sudah umum dilakukan. Pilihlah sesuatu yang berbeda dan unik, dimana tidak semua orang mampu menduga dan melakukan langkah ini.

Pemilihan sarana atau teknologi yang tepat dalam pemasaran sangat diperlukan. Mengingat pentingnya teknologi dalam pemasaran, membuat Anda harus memilih teknologi yang sesuai dengan sasaran konsumen. Jika sasarannya adalah anak muda, Anda dapat menggunakan media sosial sebagai sarananya. Media sosial yang dipilih juga harus tepat, jangan asal memilih. Pilihlah media sosial yang banyak digunakan atau dibuka anak muda jaman sekarang.

Staf pemasaran harus bersikap komunikatif kepada pelanggan. Hal ini nantinya akan memunculkan kesan akrab terhadap pelanggan. Jika Anda sudah dapat menarik perhatian pelanggan, maka akan lebih mudah Anda dalam mengenalkan produk. Pelanggan akan lebih terbuka terhadap orang yang sudah dikenalnya dan mampu membuat dirinya merasa nyaman.

Jangan mudah puas dengan adanya pelanggan yang lama. Setelah mampu mendekatkan diri dengan beberapa pelanggan, cobalah untuk mencari konsumen baru lagi. Hal ini dapat memperluas jaringan Anda. Yakinkan konsumen untuk mau menggunakan produk Anda. Hal ini membuat jangkauan pemasaran menjadi luas, sehingga produk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Setelah produk dikenal masyarakat, diharapkan mampu memaksimalkan hasil penjualan.

Kerja marketing harus konsisten, hal inilah yang penting untuk diingat. Produk yang sejak awal sudah didesain bagus dan sudah mampu menarik pelanggan, sebaiknya tetap dipertahankan kualitasnya. Jangan mengurangi kualitas produk karena merasa sudah memiliki banyak pelanggan. Sering kali kualitas produk yang menurun akan membuat pelanggan berpaling dari penggunaan produk tersebut.

Berikanlah informasi yang bermanfaat konsumen. Hal ini merupakan bagian dari bentuk pelayanan terhadap konsumen. Informasi ini dapat berupa pengenalan kelebihan dan manfaat produk, serta cara memperoleh atau membelinya. Hal ini dapat menjadikan Anda seakan-akan seperti konsultan mereka.

Selanjutnya, cobalah untuk mencari tahu tentang respon konsumen terhadap produk yang dikeluarkan selama ini. Perhatikan apakah konsumen memberikan respon yang baik. Jika respon dari konsumen baik, maka memungkinkan untuk dilanjutkan proses pemasarannya. Cari tahu juga tentang komentar pelanggan setelah menggunakan produk. Hal ini merupakan salah satu bentuk pelayanan konsumen.

Kerja marketing dianggap berhasil jika ia sudah mampu menguasai daerah pemasaran. Selanjutnya keberhasilan itu harus diikuti oleh pencapaian hasil pemasaran yang maksimal. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan pelayanan terhadap konsumen. Hal ini merupakan tujuan utama dari marketing. Tujuh-kunci-sukses-teamwork-dalam-bisnis


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

BIOGRAFI HANIF DHAKIRI : KABINET INDONESIA KERJA JABATAN MENTERI KETENAGAKERJAAN

Biografi Hanif Dhakiri. Saat ini ia dikenal sebagai seorang tokoh politikus Indonesia. Ia pernah menjadi anggota DPR menjadi Menteri Ketenagakerjaan serta Menteri Olahraga pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut biografi Hanif Dhakiri beserta profil dan biodata lengkapnya. Biografi Hanif Dhakiri Daftar Isi Biodata Hanif Dhakiri Nama Lengkap : Muhammad Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si. Lahir : Semarang, 6 Juni 1972 Orang Tua : H Zuhri Maksum (ayah), Hj. Siti Hafsoh (ibu) Istri : Marifah Hanif Dhakir Anak : Nabila Setia Izzati, Neilan Setia Izzata, Nameera Setia Izzati Agama : Islam Pekerjaan : Politikus, Menteri Ketenagakerjaan, Plt. Menteri Olahraga Biografi Hanif Dhakiri Hanif Dhakiri dilahirkan di Semarang pada tanggal 6 Juni 1972. Ayahnya bernama H Zuhri Maksum dan ibunya bernama Hj. Siti Hafsoh. Keluarga Hanif Dhakiri bisa dibilang pas-pasan. Ayah Hanif bekerja sebagai guru agama islam yang mengajar sekolah dasar. Dan ibunya diketahu...

DIATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT

“Di atas langit masih ada langit” merupakan ungkapan yang sering digunakan untuk mengingatkan kita agar tidak berlaku sombong atas apa yang kita miliki, baik itu kekayaan, kecantikan, ketampanan, dan kepintaran. Hal-hal yang bersifat duniawi memang seringkali menjadi sebab seseoang untuk berlaku sombong. Padahal kita tidak berhak berlaku sombong, karena sesungguhnya apa yang kita miliki  hanyalah titipan dari Allah yang seharusnya kita jaga sebaik-baiknya. Kita tidak pernah tahu sampai kapan semua yang kita miliki akan menjadi milik kita, sehingga kita tidak boleh menyombongkannya. Orang-orang kaya bisa bangkrut dan menjadi miskin, orang yang  cantik dan tampan akan bertambah tua, lalu apa yang hendak kita sombongkan?   Penyebab sifat sombong yang ada dalam diri kita adalah karena kita seringkali merasa lebih baik dari orang lain, kita selalu merawa t bahwa kedudukan kita lebih tinggi, kita pun seringkali merasa lebih cantik dari orang lain. Hal-hal semacam inil...

MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS

Mengapa Gosip di Kantor Membunuh Produktivitas? Bermula dari satu hal, satu orang ke orang lainnya lambat laun sebuah infomasi terus bertambah kontennya. Informasi tersebut akhirnya berubah menjadi gosip. Gosip di kantor merupakan hal yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Seringkali hal tersebut justru dimulai dari rasa iri hati, frustrasi, kurang percaya diri, bahkan yang terburuk adalah candaan semata. Itu tentu saja berdampak sangat buruk. Tidak hanya bagi orang yang menjadi bahas pembicaraan, namun juga bagi pembicara. Jika diibaratkan dengan sepasang kayu dan paku. Paku sebagai rumor buruk yang Anda bicarakan dan kayu sebagai orang yang dibicarakan. Anda memukulkan paku tersebut kepada kayu hingga menyakitinya. Bahkan meskipun Anda telah mencabut paku tersebut, lubang tersebut masih saja tersisa. Seperti inilah luka yang diakibatkan oleh rumor buruk yang Anda perbuat terhadap seseorang. Membicarakan hal buruk mengenai sesama kita dapat menyebabkan sakit hati bagi s...

BIOGRAFI MAHFUD MD : KABINET INDONESIA MAJU JABATAN MENKO POLHUKAM

Biografi Mahfud MD. Beliau dikenal sebagai seorang politisi dan juga akademisi di bidang ilmu hukum. Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia dan juga menjabat posisi menteri di era pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur. Kini ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan dimasa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut kami sajikan profil dan biografi Mahfud MD secara singkat berserta Biodata. Daftar Isi Biodata Mahfud MD Biografi Mahfud MDNama : Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U Lahir : Madura, Jawa Timur, 13 Mei 1957 Agama : Islam Orang Tua : Mahmodin (ayah), Suti Khadidjah (ibu) Istri : Zaizatoen Nirhajati Anak : Mohammad Ikhwan Zein, Vina Amalia, dan Royhan Akbar Profesi : Akademisi dan Politisi Biografi Mahfud MD Beliau terlahir dengan nama lengkap Mohammad Mahfud dikenal dengan nama Mahmud MD. dilahirkan pada 13 Mei 1957 di Omben, Sampang Madura. Ia merupakan anak dari pas...

PDAM KOTA PONTIANAK DIKUNJUNGI BAPAK DIRJEN PU CIPTA KARYA

BAPAK DIRJEN PU CIPTA KARYA : BUDI YUWONO (Berdiri Posisi Tengah) Jumat 7 Februari 2009 Kunjungan bapak Dirjen PU Cipta Karya di PDAM Kota Pontianak tidak lain melihat kondisi PDAM Kota Pontianak lebih dekat, sebab kantor PDAM Kota beralamat di Jalan Imam Bonjol No 430 Pontianak, sebelumnya dibangun kantor PDAM dulu kantor PSAB tempat beliau bekerja sebagai pejabat struktur di PSAB tahun delapan puluhan, jadi pak Dirjen mendatangi hanya PDAM hanya reuni dan kata pepatah kuno apabila sudah minum air sungai kapuas maka pasti kembali. Selain itu kunjungan Pak Dirjen tak lepas melihat kesiapan PDAM Kota Pontianak mendapat bantuan Pemerintah Pusat melalui APBN senilai 50 Milyar berupa pipa transmisi air baku. Pak Dirjen PU Cipta Karya ; Budi Yuwono sedikit memberikan arahan kepada Direksi PDAM Kota Pontianak, katanya PDAM Kota Pontianak jangan pandai naik tariff saja yang lebih penting turun NRW atau kehilangan air PDAM baik secara komersial losses maupun fisikal losses dan coba liha...