CARA MEMBENTUK MARKETING DALAM BISNIS BARU CARA MEMBENTUK MARKETING DALAM BISNIS BARU - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

CARA MEMBENTUK MARKETING DALAM BISNIS BARU

Pentingnya Membentuk Marketing dalam Bisnis Baru
Definisi marketing ialah sebuah tim yang dibentuk secara khusus untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan. Transaksi antara penjual dan pembeli berawal dari peran tim ini. Penguasaan materi terkait semua yang berhubungan degan produk wajib dimiliki. Hal tersebut guna menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh calon pembeli. Komunikasi yang baik sangat diperlukan agar masyarakat yakin bahwa produk yang ditawarkan bermanfaat bagi mereka. Keberhasilan tim ditunjukkan dari jumlah produk yang berhasil terjual dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Bisnis yang masih tergolong baru wajib membentuk tim marketing guna menjalankan perannya dengan tepat. Tanggungjawab yang harus diemban relatif besar karena nasib akhir perusahaan ada di tangan tim pemasar.

1. Pengenalan Produk

Bisnis baru menghadirkan sesuatu yang belum diketahui masyarakat luas. Bagaimana mereka dapat membeli jika tidak mengenal produk yang Anda keluarkan. Kerja tenaga pemasar dimulai jauh-jauh hari sebelum secara resmi produk dapat ditransaksikan. Langkah ini bertujuan sebagai proses pengenalan sehingga ketika produksi rampung digarap, pasar telah siap menerimanya.

Umumnya, pelanggan lebih memilih produk yang sudah lebih dulu lahir daripada keluaran dari perusahaan teranyar. Alasannya jelas karena kualitas telah teruji oleh waktu. Singkirkan keraguan-raguan mereka dengan penyampaian informasi yang tertata. Susun poin penting apa saja yang menjadi keunggulan produk sebelum penyampaian.

5 hal

Bidik pangsa pasar sesuai sasaran produk, inilah bentuk efisiensi saat promosi berlangsung. Ketepatan pemilihan target pembeli mempengaruhi kecepatan target penjualan. Semakin banyak orang yang berhasil Anda gaet sebagai pelanggan, maka produk terjual semakin berpeluang besar. Cara menemukan lokasi semacam ini dengan cara melihat gaya hidup dan profesi. Kehidupan masyarakat desa pasti berbeda dengan perkotaan.

2. Penyalur Aspirasi Pelanggan

Komukasi intens yang terjadi antara pelanggan dengan marketing secara tidak langsung ialah bentuk wawancara. Sembari memperkenalkan produk, tanya jawab terkait apa yang diinginkan pelanggan bisa dilakukan. Jika masukan bersifat negatif, benahi produk Anda sesuai dengan apa yang pelanggan harapkan. Sebaliknya, pertahankan apa yang telah menjadi daya pikat sebuah produk.

Kemampuan pebisnis untuk membaca selera pelanggan secara umum menghadirkan produk yang pasti laris manis. Sebab, sesuatu yang selama ini belum pernah ada, ternyata berhasil Anda ciptakan. Tambah ketertarikan mereka dengan suguhan harga yang terjangkau. Sifat konsumtif kalangan menengah menjadi kuncinya.

Keinginan untuk mendapatkan produk baru sebenarnya ada tetapi tidak akan terwujud bila patokan harga terlalu tinggi. Pembeli menginginkan produk berharga rendah tapi dengan kualitas unggul. Hadirkan semua ini agar produk Anda laku keras di pasaran. Cara efektif meningkatkan minat pembeli ialah potongan harga ketika promo berlangsung. Ulangi cara yang sama saat kondisi pasar mulai lesu terhadap produk Anda.

3. Pemantau Kompetitor

Kompetitor akan selalu membuntuti kemana pun Anda melangkah. Peran ganda marketing ialah untuk melakukan sejauh mana pergerakan pesaing mengambil peluang. Strategi yang Anda gunakan jangan sampai sama dengan apa yang dilakukan kebanyakan perusahaan lain. Gunakan cara-cara yang unik dan tidak terkesan memaksa. Kegagalan merayu calon pembeli biasanya karena mereka tidak berminat membeli tetapi terus diberikan informasi tentang produk.

Jika target Anda telah didahului oleh pesaing, jangan langsung menghampiri dalam waktu dekat. Hal yang pasti dilakukan ialah penolakan karena produk sejenis telah ditawarkan sebelumnya. Tunggu sampai tiba waktu yang tepat, usahakan tanggal promosi Anda tidak jauh setelah gajian. Uang hasil jerih payah selama satu bulan masih digenggam, maka peluang terjualnya produk terbuka lebar.

Bersainglah secara sehat dengan kompetitor, jadikan semangat untuk menuju ke arah yang lebih baik. Asah kreativitas guna sebuah inovasi sistem dan manajemen perusahaan. Berusahalah memberikan informasi baru di setiap aksi marketing pada periode tertentu. Hindari kejenuhan masyarakat karena selalu mendengar penawaran yang seragam. Sering-terjadi-kesalahan-istilah-sales


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

CARA MENINGKATKAN PENGGUNAAN WAKTU BEKERJA DENGAN TEPAT

Seorang pekerja tangguh akan mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Sebab, ia menyadari bahwa waktu adalah organisasi, kekuasaan, ukuran, dan bernilai uang. Pekerja tangguh yang dapat mengatur dan menggunakan waktu dengan baik seperti berhasil menerapkan manajemen waktu. Salah satu cara untuk meningkatkan penggunaan waktu dengan tepat ialah memulai segala kegiatan secara bersamaan dan serempak. Oleh karena itu, anda harus mempunyai kepribadian kuat sebagai modal utama dalam belajar. Pekerja tangguh senantiasa berusaha keras sehingga memiliki kebebasan dalam berekspresi. Dengan demikian, hal tersebut merupakan komponen dasar dari keselarasan antara keinginan dan kebutuhan pandangan mata. Disiplin juga berarti tepat waktu dalam segala hal. Ketika seseorang menuntun dirinya menjadi pekerja yang selalu tepat waktu, maka dengan sendirinya ia telah menunjukkan komitmen dan kesetiaan terhadap perusahaan. Dengan kata lain, ia telah berusaha mempertanggungjawabkan tugas-tugasnya...

AN NIFARI SANG PENGELANA YANG ENGGAN BICARA

An-Nifari, Sang Pengelana yang Enggan Bicara Ketinggian tokoh sufi dari Irak ini konon melebihi Rumi dan Hallaj. Dia adalah teoritikus sufi sekaligus sastrawan besar. “Ketika kita sudah melakukan sesuatu dengan baik dan bersungguh-sungguh, mengapa harus meributkan penilaian orang lain? Bukankah Ridha-Nya yang kita harapkan?” Nama mistikus ini agak asing di telinga kita. Tidak seperti al-Hallaj, ia seakan kurang begitu terdengar. Padahal dimata para ahli tasawuf, pandangan-pandangan sufistiknya sangat berpengaruh. Terbukti dari banyaknya para sufi sesudahnya yang banyak mengikutinya. Dia adalah An-Nifari, yang telah meninggalkan jejak kesufian yang luar biasa. Dalam memaknai tasawuf, misalnya, ia lebih berhati-hati. Itu sebabnya ia menjadi panutan bagi para sufi yang lain. Nama lengkapnya ialah Muhammad ibnu Abdul Jabbar bin al-Husain an-Nifari. Di dunia sastra klasik Irak, namanya menjulang karena karya-karyanya yang masyhur. Tapi sejarah hidupnya sulit dilacak. Menurut c...

AGAMA DIMASA DEPAN

Agama Dimasa Depan Kehidupan saat ini adalah kehidupan yang serba kompleks, banyak sekali nilai-nilai agama yang dipertaruhkan demi kekuasaan, arogansi mayoritas, dan kepentingan-kepentingan kelompok yang sempit, disamping itu, agama juga punya sebuah tantangan hebat dari realitas yang terjadi saat ini, mampukah agama menjadi solusi terhadap berbagai masalah persoalan ummat manusia saat ini? Persoalan memudarnya kasih sayang diantara sesama manusia, pertikaian antar kelompok, merebaknya kekerasan, merebaknya intoleransi antar agama dan antar golongan, antara mayoritas dan minoritas, tragedi kemanusiaan yang terjadi dimana-mana, pembantaian umat manusia hanya demi ideologi kepentingan kelompok dan kekuasaan seperti yang terjadi di suriah, afganistan, rohingnya, thailand selatan, dll. Ketika agama tidak bisa menyelesaikan semua persoalan-persoalan ini, salahkah ketika agama harus ditinggalkan oleh penganutnya? Dan apa fungsi dan gunanya agama kalau tidak bisa menyelesaik...

KEKUATAN TEKAD MERUPAKAN FAKTOR PENTING MENUJU KESUKSESAN

Kekuatan Tekad Merupakan Faktor Penting Menuju Kesuksesan Menurut anda, apakah yang menjadi faktor penting untuk menuju kesuksesan? Walaupun ada banyak hal lain yang dapat menjadi faktor, saya percaya bahwa faktor penting untuk sukses adalah KEKUATAN TEKAD. Paul Graham, pendiri sebuah startup inkubator di Silicon Valley menulis ini : “Kami mempelajari bahwa prediktor yang paling penting dari kesuksesan adalah tekad. Meskipun faktor lain dapat membantu anda untuk menjadi lebih pintar, namun itu bukanlah faktor penentu. Ada banyak orang secerdas Bill Gates yang bahkan tidak mencapai apa-apa”. Dalam buku The Dip, Seth Godin menulis bahwa ada sebuah tempat di jalan menuju kesuksesan. Dimana anda akan mengalami kemunduran. Ia menyebut tempat itu dengan “lubang”. Ini adalah tempat dimana kekuatan tekad anda dibutuhkan. Banyak orang yang berhenti disana. Namun pemenang pasti dapat melaluinya. Kekuatan tekad dapat membantu anda melewati rintangan dan mengejar impian anda di ...

ABU NASR MUHAMMAD BIN AL FARABI, DEDIKASI TAK MENGENAL LELAH

Abu Nasr Muhammad bin Al-Farabi, Dedikasi Tak Mengenal Lelah Dalam setiap masa, selalu ada orang brilian yang layak di teladani. Dengan segala macam cara dan penemuan baru serta pemikiran cemerlang. Tanpa kenal lelah, mereka telah berusaha semaksimal mungkin untuk berkarya dan memberikan sesuatu yang terbaik bagi kemaslahatan umat manusia. Ini merupakan cara mereka untuk beribadah dan berjuang bagi kepentingan umat. Figur seorang filsuf muslim yang namanya sudah tidak asing dalam dunia Islam. Nama lengkapnya: Abu Nasr  Muhammad bin Tarkhan bin Awzalagh al-Farabi. Dalam teks-teks Latin di abad pertengahan, ia di kenal dengan nama Alfarabius atau Avennasar. Beliau lahir pada tahun 257 H / 870 M, di kampung Wasij di dalam wilayah Farab si seberang Sungai Sihun dan Jihun (Republik Turkistan sekarang). Ayahnya berasal dari Iran dan menjadi tentara kerajaan Samaniah dengan pangkat rendah. Sedangkan ibunya berasal dari daerah Turkistan. Dalam hal pendidikan keluarga, ayahnya san...