STRATEGI PINTAR SALES MOTOR MEMAKSIMALKAN PENJUALAN STRATEGI PINTAR SALES MOTOR MEMAKSIMALKAN PENJUALAN - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

STRATEGI PINTAR SALES MOTOR MEMAKSIMALKAN PENJUALAN

Strategi Pintar Sales Motor Memaksimalkan Penjualan
Dewasa ini hampir sebagian besar orang memiliki motor. Transportasi darat yang satu ini dulunya merupakan kebutuhan tersier. Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini sebagian besar orang menganggap bahwa motor adalah kebutuhan primer. Anggapan seperti inilah yang akhirnya akan memunculkan keinginan untuk memiliki motor. Meningkatnya jumlah keinginan motor dari masyarakat, menyebabkan meningkatnya jumlah sales motor.

Tidak hanya jumlah produksi maupun disrtribusi motor yang harus ditambah, jumlah tenaga penjualan pun juga ikut mengalami penambahan. Banyak perusahaan bersaing ketat untuk memaksimalkan penjualan, ini dilakukan agar keuntungan dapat dicapai. Keuntungan ini dapat diperoleh jika Anda memiliki strategi khusus dalam penjualan. Strategi inilah yang nantinya akan mempengaruhi berhasil tidaknya penjualan.

Adapun strategi yang diambil antara lain, pertama sales person harus mengerti setiap hal tentang jenis motor yang akan ditawarkan. Sebagai sales person harus tahu tentang kelemahan dan kekuatan jenis motor yang ditawarkan, agar nantinya dapat menjawab pertanyaan konsumen. Seorang yang bertugas dalam penjualan juga harus mampu menjelaskan keunggulan motor yang ditawarkan, dibandingkan dengan merk lain.

Percaya diri juga harus dimiliki tenaga penjualan. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda yakin jika motor yang Anda tawarkan memang layak untuk dijual. Sikap tersebut pada akhirnya juga akan berpengaruh pada proses penjualan. Konsumen akan merasa terkesan dan akhirnya yakin untuk membeli motor tersebut. Sales person juga harus pandai merayu, ini dilakukan untuk memperoleh kepercayaan konsumen.

Strategi sales motor juga dapat dilakukan dengan meyakinkan kepada konsumen bahwa motor yang ditawarkan ini produk terbaik. Jika perlu, lakukan juga promo harga, sehingga konsumen merasa bahwa mereka dapat membeli produk terbaik dengan harga rendah. Langkah ini juga dapat mendatangkan pelanggan, karena mereka yakin terhadap motor yang ditawarkan.

Memaksimalkan penjualan juga dapat dilakukan dengan rajin melakukan promosi. Hal ini dapat dilakukan melalui media sosial, pengadaan pameran, atau datang langsung ke lingkungan masyarakat misalnya pasar atau pusat perbelanjaan lainnya yang memungkinkan dilakukan penawaran. Media sosial dipilih sebagai salah satu sarana untuk promosi karena sebagian besar orang telah mengenal media ini, sehingga akan memungkinkan untuk orang melihat iklan promosi penjualan motor melalui media ini.

Promosi yang dilakukan di pusat perbelanjaan, kemungkinan besar akan menarik banyak konsumen. Pusat perbelanjaan ini merupakan tempat banyaknya orang berlalu lalang. Sehingga diharapkan akan ada banyak konsumen yang melihat adanya promosi ini. Kemudian akan memunculkan ketertarikan konsumen terhadap produk motor yang ditawarkan.

Sales motor juga dapat dimaksimalkan dengan memperbaiki kerja tenaga penjualannya. Hal ini dapat dilakukan dengan pengadaan pelatihan. Tenaga penjualan dilatih sedemikian rupa, diberikan bekal mengenai cara penjualan yang baik. Penjualan yang lebih mengutamakan pelayanan konsumen, akan lebih banyak menarik konsumen untuk datang.

Tenaga penjualan juga sebaiknya diberikan pengetahuan mendalam mengenai motor yang akan ditawarkan. Jika dari pihak penjualan saja tidak mengerti mengenai jenis motor, manfaat, kekuatan, dan kelemahan motor tersebut, bagaimana mungkin akan meyakinkan konsumen. Ini merupakan hal paling mendasar yang harus dimiliki seorang tenaga penjualan, agar dapat menjawab pertanyaan dari konsumen.

Manajemen penjualan juga perlu diperhatikan. Kadang kala perlu diadakan pemberian penghargaan bagi karyawan. Ini dilakukan agar karyawan merasa dihargai, sehingga muncul keinginan untuk bekerja sebaik-baiknya. Tim penjualan pun sebaiknya dibentuk sebaik mungkin. Ini dilakukan agar ada kerja sama di dalam sebuah tim, sehingga pekerjaan akan terasa ringan, dan diharapkan proses penjualan juga meningkat.

Hal terpenting untuk memaksimalkan sales motor adalah berfokus pada konsumen. Pelayanan terhadap konsumen sangat perlu diperhatikan, mengingat konsumen merupakan tujuan akhir penjualan produk. Pelayanan yang baik ini akan memunculkan adanya pelanggan. Konsumen menjadi simpatik jika pelayanannya memuaskan. Jika tenaga penjualan memberikan pelayanan yang baik akan mampu meyakinkan konsumen untuk lebih memilih membeli motor di tempat tersebut, bukan di tempat lain. Langkah-sukses-sales-mobil


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

BIOGRAFI HANIF DHAKIRI : KABINET INDONESIA KERJA JABATAN MENTERI KETENAGAKERJAAN

Biografi Hanif Dhakiri. Saat ini ia dikenal sebagai seorang tokoh politikus Indonesia. Ia pernah menjadi anggota DPR menjadi Menteri Ketenagakerjaan serta Menteri Olahraga pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut biografi Hanif Dhakiri beserta profil dan biodata lengkapnya. Biografi Hanif Dhakiri Daftar Isi Biodata Hanif Dhakiri Nama Lengkap : Muhammad Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si. Lahir : Semarang, 6 Juni 1972 Orang Tua : H Zuhri Maksum (ayah), Hj. Siti Hafsoh (ibu) Istri : Marifah Hanif Dhakir Anak : Nabila Setia Izzati, Neilan Setia Izzata, Nameera Setia Izzati Agama : Islam Pekerjaan : Politikus, Menteri Ketenagakerjaan, Plt. Menteri Olahraga Biografi Hanif Dhakiri Hanif Dhakiri dilahirkan di Semarang pada tanggal 6 Juni 1972. Ayahnya bernama H Zuhri Maksum dan ibunya bernama Hj. Siti Hafsoh. Keluarga Hanif Dhakiri bisa dibilang pas-pasan. Ayah Hanif bekerja sebagai guru agama islam yang mengajar sekolah dasar. Dan ibunya diketahu...

DIATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT

“Di atas langit masih ada langit” merupakan ungkapan yang sering digunakan untuk mengingatkan kita agar tidak berlaku sombong atas apa yang kita miliki, baik itu kekayaan, kecantikan, ketampanan, dan kepintaran. Hal-hal yang bersifat duniawi memang seringkali menjadi sebab seseoang untuk berlaku sombong. Padahal kita tidak berhak berlaku sombong, karena sesungguhnya apa yang kita miliki  hanyalah titipan dari Allah yang seharusnya kita jaga sebaik-baiknya. Kita tidak pernah tahu sampai kapan semua yang kita miliki akan menjadi milik kita, sehingga kita tidak boleh menyombongkannya. Orang-orang kaya bisa bangkrut dan menjadi miskin, orang yang  cantik dan tampan akan bertambah tua, lalu apa yang hendak kita sombongkan?   Penyebab sifat sombong yang ada dalam diri kita adalah karena kita seringkali merasa lebih baik dari orang lain, kita selalu merawa t bahwa kedudukan kita lebih tinggi, kita pun seringkali merasa lebih cantik dari orang lain. Hal-hal semacam inil...

MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS

Mengapa Gosip di Kantor Membunuh Produktivitas? Bermula dari satu hal, satu orang ke orang lainnya lambat laun sebuah infomasi terus bertambah kontennya. Informasi tersebut akhirnya berubah menjadi gosip. Gosip di kantor merupakan hal yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Seringkali hal tersebut justru dimulai dari rasa iri hati, frustrasi, kurang percaya diri, bahkan yang terburuk adalah candaan semata. Itu tentu saja berdampak sangat buruk. Tidak hanya bagi orang yang menjadi bahas pembicaraan, namun juga bagi pembicara. Jika diibaratkan dengan sepasang kayu dan paku. Paku sebagai rumor buruk yang Anda bicarakan dan kayu sebagai orang yang dibicarakan. Anda memukulkan paku tersebut kepada kayu hingga menyakitinya. Bahkan meskipun Anda telah mencabut paku tersebut, lubang tersebut masih saja tersisa. Seperti inilah luka yang diakibatkan oleh rumor buruk yang Anda perbuat terhadap seseorang. Membicarakan hal buruk mengenai sesama kita dapat menyebabkan sakit hati bagi s...

BIOGRAFI MAHFUD MD : KABINET INDONESIA MAJU JABATAN MENKO POLHUKAM

Biografi Mahfud MD. Beliau dikenal sebagai seorang politisi dan juga akademisi di bidang ilmu hukum. Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia dan juga menjabat posisi menteri di era pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur. Kini ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan dimasa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut kami sajikan profil dan biografi Mahfud MD secara singkat berserta Biodata. Daftar Isi Biodata Mahfud MD Biografi Mahfud MDNama : Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U Lahir : Madura, Jawa Timur, 13 Mei 1957 Agama : Islam Orang Tua : Mahmodin (ayah), Suti Khadidjah (ibu) Istri : Zaizatoen Nirhajati Anak : Mohammad Ikhwan Zein, Vina Amalia, dan Royhan Akbar Profesi : Akademisi dan Politisi Biografi Mahfud MD Beliau terlahir dengan nama lengkap Mohammad Mahfud dikenal dengan nama Mahmud MD. dilahirkan pada 13 Mei 1957 di Omben, Sampang Madura. Ia merupakan anak dari pas...

PDAM KOTA PONTIANAK DIKUNJUNGI BAPAK DIRJEN PU CIPTA KARYA

BAPAK DIRJEN PU CIPTA KARYA : BUDI YUWONO (Berdiri Posisi Tengah) Jumat 7 Februari 2009 Kunjungan bapak Dirjen PU Cipta Karya di PDAM Kota Pontianak tidak lain melihat kondisi PDAM Kota Pontianak lebih dekat, sebab kantor PDAM Kota beralamat di Jalan Imam Bonjol No 430 Pontianak, sebelumnya dibangun kantor PDAM dulu kantor PSAB tempat beliau bekerja sebagai pejabat struktur di PSAB tahun delapan puluhan, jadi pak Dirjen mendatangi hanya PDAM hanya reuni dan kata pepatah kuno apabila sudah minum air sungai kapuas maka pasti kembali. Selain itu kunjungan Pak Dirjen tak lepas melihat kesiapan PDAM Kota Pontianak mendapat bantuan Pemerintah Pusat melalui APBN senilai 50 Milyar berupa pipa transmisi air baku. Pak Dirjen PU Cipta Karya ; Budi Yuwono sedikit memberikan arahan kepada Direksi PDAM Kota Pontianak, katanya PDAM Kota Pontianak jangan pandai naik tariff saja yang lebih penting turun NRW atau kehilangan air PDAM baik secara komersial losses maupun fisikal losses dan coba liha...