MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS

Mengapa Gosip di Kantor Membunuh Produktivitas?
Bermula dari satu hal, satu orang ke orang lainnya lambat laun sebuah infomasi terus bertambah kontennya. Informasi tersebut akhirnya berubah menjadi gosip. Gosip di kantor merupakan hal yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Seringkali hal tersebut justru dimulai dari rasa iri hati, frustrasi, kurang percaya diri, bahkan yang terburuk adalah candaan semata. Itu tentu saja berdampak sangat buruk. Tidak hanya bagi orang yang menjadi bahas pembicaraan, namun juga bagi pembicara.

Jika diibaratkan dengan sepasang kayu dan paku. Paku sebagai rumor buruk yang Anda bicarakan dan kayu sebagai orang yang dibicarakan. Anda memukulkan paku tersebut kepada kayu hingga menyakitinya. Bahkan meskipun Anda telah mencabut paku tersebut, lubang tersebut masih saja tersisa. Seperti inilah luka yang diakibatkan oleh rumor buruk yang Anda perbuat terhadap seseorang.

Membicarakan hal buruk mengenai sesama kita dapat menyebabkan sakit hati bagi seseorang. Akibatnya hubungan antar karyawan menjadi memburuk. Hal tersebut tentu saja mempengaruhi kerja sama tim. Produktivitas tim pun akan berkurang dengan demikian. Tidak hanya itu, Waktu yang seharusnya dapat Anda gunakan untuk bekerja lebih efisien terbuang sia-sia dengan bergosip.

Berikut adalah tips untuk menghindari gosip agar kita dapat menjadi lebih produktif.

1. Menjaga lidah

Mengatakan hal yang buruk mengenai seseorang selalu terasa lebih mudah daripada mengatakan hal baik. Tidak jarang hal ini terucap tanpa Anda sadari. Untuk menghindari gosip, belajarlah untuk menjaga lidah Anda. Jika ada seseorang yang mulai membicarakan seseorang, tahanlah diri Anda agar tidak terjerumus. Anda juga dapat mengubah topik pembicaraan ke bahasan lain. Namun, jika hal itu tidak dapat dihindari, maka cobalah untuk menyebutkan fakta positif dari bahasan yang dibicarakan.

2. Menjauhi lingkungan para penggosip

Apa yang orang lain lakukan jika hal tersebut tidak mengganggu diri Anda, maka hal tersebut bukan urusan Anda. Dengan berteman dengan kelompok yang senang menggosipkan hal buruk mengenai orang lain juga tidak akan memberikan hal baik bagi Anda. Kenalilah informasi yang baik dan buruk juga alasan terbentuknya gosip tersebut.

3. Jangan mudah percaya pada gosip

Gosip biasa tersebar dari mulut ke mulut. Namun, tentu saja ada seseorang yang memulainya. Kenali siapa yang memulai pembicaraan tersebut. Jangan menelan segala informasi yang datang kepada Anda mentah-mentah. Pahami pula nada bicara seseorang apabila pembicaraan tersebut menjurus ke arah gosip. Biasanya orang-orang tersebut akan menunjukkan sikap yang seakan-akan mengetahui banyak tentang hal tersebut. Alhasil informasi pun akan ditambahkan hingga kebenarnya semakin jauh dari asalnya.

4. Menghentikan gosip semakin beredar

Sebuah informasi yang bersifat gosip biasanya pula memiliki banyak celah yang janggal. Hal tersebut patut Anda pertanyakan untuk menguji kebenaran berita infomasi tersebut. Bersikaplah lebih selektif dan kritis pada informasi yang masuk kepada Anda. Dengan mempertanyakan hal tersebut, Anda dapat membantu menghentikan gosip tersebut semakin berkembang. Anda juga bisa meminta dengan tegas kepada kelompok yang bergosip untuk berhenti.

gosip-di-kantor

Menghentikan seseorang untuk membicarakan orang lain tentu adalah hal yang sangat sulit. Namun membiarkan gosip tersebut terus beredar, padahal Anda tahu, hal tersebut tidaklah benar. Itu tidak seharusnya dilakukan. Gosip dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi banyak orang. Kerja sama tim tidak akan berjalan lancar apabila ada yang merasa dikucilkan oleh rumor buruk. Dengan mengkonfirmasi kebenaran tersebut, Anda dapat memperbaiki kesalahpahaman.

5. Meminta maaf

Manusia memiliki ego yang sangat tinggi untuk meminta maaf. Seringkali mereka tahu bahwa telah melakukan kesalahan namun tidak memiliki keberanian untuk mengaku salah. Apabila Anda terlanjur “terjerumus” dalam pembicaraan gosip di kantor, segeralah untuk mengakui kesalahan tersebut. Mengakui kesalahan, Anda dapat mengurangi potensi konflik untuk terjadi. Hubungan Anda dengan orang yang menjadi bahan pembicaraan pun tidak akan terganggu.

Membangun komunikasi dengan sesama pekerja di kantor sangatlah penting. Lewat hubungan itu Anda dapat belajar hal baru yang belum Anda ketahui sebelumnya. Namun, Anda harus tetap berhati-hati agar menghabiskan waktu kerja Anda dengan bergosip. Berkomunikasilah dengan baik dan efisien. Trik-membuat-suasana-kerja-lebih-nyaman


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

BIOGRAFI HANIF DHAKIRI : KABINET INDONESIA KERJA JABATAN MENTERI KETENAGAKERJAAN

Biografi Hanif Dhakiri. Saat ini ia dikenal sebagai seorang tokoh politikus Indonesia. Ia pernah menjadi anggota DPR menjadi Menteri Ketenagakerjaan serta Menteri Olahraga pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut biografi Hanif Dhakiri beserta profil dan biodata lengkapnya. Biografi Hanif Dhakiri Daftar Isi Biodata Hanif Dhakiri Nama Lengkap : Muhammad Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si. Lahir : Semarang, 6 Juni 1972 Orang Tua : H Zuhri Maksum (ayah), Hj. Siti Hafsoh (ibu) Istri : Marifah Hanif Dhakir Anak : Nabila Setia Izzati, Neilan Setia Izzata, Nameera Setia Izzati Agama : Islam Pekerjaan : Politikus, Menteri Ketenagakerjaan, Plt. Menteri Olahraga Biografi Hanif Dhakiri Hanif Dhakiri dilahirkan di Semarang pada tanggal 6 Juni 1972. Ayahnya bernama H Zuhri Maksum dan ibunya bernama Hj. Siti Hafsoh. Keluarga Hanif Dhakiri bisa dibilang pas-pasan. Ayah Hanif bekerja sebagai guru agama islam yang mengajar sekolah dasar. Dan ibunya diketahu...

DIATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT

“Di atas langit masih ada langit” merupakan ungkapan yang sering digunakan untuk mengingatkan kita agar tidak berlaku sombong atas apa yang kita miliki, baik itu kekayaan, kecantikan, ketampanan, dan kepintaran. Hal-hal yang bersifat duniawi memang seringkali menjadi sebab seseoang untuk berlaku sombong. Padahal kita tidak berhak berlaku sombong, karena sesungguhnya apa yang kita miliki  hanyalah titipan dari Allah yang seharusnya kita jaga sebaik-baiknya. Kita tidak pernah tahu sampai kapan semua yang kita miliki akan menjadi milik kita, sehingga kita tidak boleh menyombongkannya. Orang-orang kaya bisa bangkrut dan menjadi miskin, orang yang  cantik dan tampan akan bertambah tua, lalu apa yang hendak kita sombongkan?   Penyebab sifat sombong yang ada dalam diri kita adalah karena kita seringkali merasa lebih baik dari orang lain, kita selalu merawa t bahwa kedudukan kita lebih tinggi, kita pun seringkali merasa lebih cantik dari orang lain. Hal-hal semacam inil...

BIOGRAFI MAHFUD MD : KABINET INDONESIA MAJU JABATAN MENKO POLHUKAM

Biografi Mahfud MD. Beliau dikenal sebagai seorang politisi dan juga akademisi di bidang ilmu hukum. Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia dan juga menjabat posisi menteri di era pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur. Kini ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan dimasa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut kami sajikan profil dan biografi Mahfud MD secara singkat berserta Biodata. Daftar Isi Biodata Mahfud MD Biografi Mahfud MDNama : Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U Lahir : Madura, Jawa Timur, 13 Mei 1957 Agama : Islam Orang Tua : Mahmodin (ayah), Suti Khadidjah (ibu) Istri : Zaizatoen Nirhajati Anak : Mohammad Ikhwan Zein, Vina Amalia, dan Royhan Akbar Profesi : Akademisi dan Politisi Biografi Mahfud MD Beliau terlahir dengan nama lengkap Mohammad Mahfud dikenal dengan nama Mahmud MD. dilahirkan pada 13 Mei 1957 di Omben, Sampang Madura. Ia merupakan anak dari pas...

PDAM KOTA PONTIANAK DIKUNJUNGI BAPAK DIRJEN PU CIPTA KARYA

BAPAK DIRJEN PU CIPTA KARYA : BUDI YUWONO (Berdiri Posisi Tengah) Jumat 7 Februari 2009 Kunjungan bapak Dirjen PU Cipta Karya di PDAM Kota Pontianak tidak lain melihat kondisi PDAM Kota Pontianak lebih dekat, sebab kantor PDAM Kota beralamat di Jalan Imam Bonjol No 430 Pontianak, sebelumnya dibangun kantor PDAM dulu kantor PSAB tempat beliau bekerja sebagai pejabat struktur di PSAB tahun delapan puluhan, jadi pak Dirjen mendatangi hanya PDAM hanya reuni dan kata pepatah kuno apabila sudah minum air sungai kapuas maka pasti kembali. Selain itu kunjungan Pak Dirjen tak lepas melihat kesiapan PDAM Kota Pontianak mendapat bantuan Pemerintah Pusat melalui APBN senilai 50 Milyar berupa pipa transmisi air baku. Pak Dirjen PU Cipta Karya ; Budi Yuwono sedikit memberikan arahan kepada Direksi PDAM Kota Pontianak, katanya PDAM Kota Pontianak jangan pandai naik tariff saja yang lebih penting turun NRW atau kehilangan air PDAM baik secara komersial losses maupun fisikal losses dan coba liha...