MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS

Mengapa Gosip di Kantor Membunuh Produktivitas?
Bermula dari satu hal, satu orang ke orang lainnya lambat laun sebuah infomasi terus bertambah kontennya. Informasi tersebut akhirnya berubah menjadi gosip. Gosip di kantor merupakan hal yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Seringkali hal tersebut justru dimulai dari rasa iri hati, frustrasi, kurang percaya diri, bahkan yang terburuk adalah candaan semata. Itu tentu saja berdampak sangat buruk. Tidak hanya bagi orang yang menjadi bahas pembicaraan, namun juga bagi pembicara.

Jika diibaratkan dengan sepasang kayu dan paku. Paku sebagai rumor buruk yang Anda bicarakan dan kayu sebagai orang yang dibicarakan. Anda memukulkan paku tersebut kepada kayu hingga menyakitinya. Bahkan meskipun Anda telah mencabut paku tersebut, lubang tersebut masih saja tersisa. Seperti inilah luka yang diakibatkan oleh rumor buruk yang Anda perbuat terhadap seseorang.

Membicarakan hal buruk mengenai sesama kita dapat menyebabkan sakit hati bagi seseorang. Akibatnya hubungan antar karyawan menjadi memburuk. Hal tersebut tentu saja mempengaruhi kerja sama tim. Produktivitas tim pun akan berkurang dengan demikian. Tidak hanya itu, Waktu yang seharusnya dapat Anda gunakan untuk bekerja lebih efisien terbuang sia-sia dengan bergosip.

Berikut adalah tips untuk menghindari gosip agar kita dapat menjadi lebih produktif.

1. Menjaga lidah

Mengatakan hal yang buruk mengenai seseorang selalu terasa lebih mudah daripada mengatakan hal baik. Tidak jarang hal ini terucap tanpa Anda sadari. Untuk menghindari gosip, belajarlah untuk menjaga lidah Anda. Jika ada seseorang yang mulai membicarakan seseorang, tahanlah diri Anda agar tidak terjerumus. Anda juga dapat mengubah topik pembicaraan ke bahasan lain. Namun, jika hal itu tidak dapat dihindari, maka cobalah untuk menyebutkan fakta positif dari bahasan yang dibicarakan.

2. Menjauhi lingkungan para penggosip

Apa yang orang lain lakukan jika hal tersebut tidak mengganggu diri Anda, maka hal tersebut bukan urusan Anda. Dengan berteman dengan kelompok yang senang menggosipkan hal buruk mengenai orang lain juga tidak akan memberikan hal baik bagi Anda. Kenalilah informasi yang baik dan buruk juga alasan terbentuknya gosip tersebut.

3. Jangan mudah percaya pada gosip

Gosip biasa tersebar dari mulut ke mulut. Namun, tentu saja ada seseorang yang memulainya. Kenali siapa yang memulai pembicaraan tersebut. Jangan menelan segala informasi yang datang kepada Anda mentah-mentah. Pahami pula nada bicara seseorang apabila pembicaraan tersebut menjurus ke arah gosip. Biasanya orang-orang tersebut akan menunjukkan sikap yang seakan-akan mengetahui banyak tentang hal tersebut. Alhasil informasi pun akan ditambahkan hingga kebenarnya semakin jauh dari asalnya.

4. Menghentikan gosip semakin beredar

Sebuah informasi yang bersifat gosip biasanya pula memiliki banyak celah yang janggal. Hal tersebut patut Anda pertanyakan untuk menguji kebenaran berita infomasi tersebut. Bersikaplah lebih selektif dan kritis pada informasi yang masuk kepada Anda. Dengan mempertanyakan hal tersebut, Anda dapat membantu menghentikan gosip tersebut semakin berkembang. Anda juga bisa meminta dengan tegas kepada kelompok yang bergosip untuk berhenti.

gosip-di-kantor

Menghentikan seseorang untuk membicarakan orang lain tentu adalah hal yang sangat sulit. Namun membiarkan gosip tersebut terus beredar, padahal Anda tahu, hal tersebut tidaklah benar. Itu tidak seharusnya dilakukan. Gosip dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi banyak orang. Kerja sama tim tidak akan berjalan lancar apabila ada yang merasa dikucilkan oleh rumor buruk. Dengan mengkonfirmasi kebenaran tersebut, Anda dapat memperbaiki kesalahpahaman.

5. Meminta maaf

Manusia memiliki ego yang sangat tinggi untuk meminta maaf. Seringkali mereka tahu bahwa telah melakukan kesalahan namun tidak memiliki keberanian untuk mengaku salah. Apabila Anda terlanjur “terjerumus” dalam pembicaraan gosip di kantor, segeralah untuk mengakui kesalahan tersebut. Mengakui kesalahan, Anda dapat mengurangi potensi konflik untuk terjadi. Hubungan Anda dengan orang yang menjadi bahan pembicaraan pun tidak akan terganggu.

Membangun komunikasi dengan sesama pekerja di kantor sangatlah penting. Lewat hubungan itu Anda dapat belajar hal baru yang belum Anda ketahui sebelumnya. Namun, Anda harus tetap berhati-hati agar menghabiskan waktu kerja Anda dengan bergosip. Berkomunikasilah dengan baik dan efisien. Trik-membuat-suasana-kerja-lebih-nyaman


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

SUARA RAKYAT ADALAH SUARA TUHAN CARANYA MEMBANGUN JARINGAN PARTAI POLITIK PENGUSUNG PEMILUKADA 2018

“Vox Populi Vox Dei.” Suara Rakyat adalah Suara Tuhan, suatu pernyataan yang cukup populer di masa pence-rahan (renaesance), ketika  rakyat mulai berani menggugat hegemoni penguasa absolut. Pada saat itu, slogan perlawanan ini memang cukup mengena. Sebab yang dihadapi adalah penguasa otoriter yang menyamakan dirinya dengan Tuhan, atau merasa mendapat hak istimewa dari Tuhan untuk menguasai segenap aspek kehidupan manusia. Dalam perkembangannya, semboyan tersebut, menjadi pupuk perangsang tumbuhnya ide-ide demokrasi atau paham kedaulatan rakyat. Dewasa ini, kalimat dengan empat kata itu, juga masih kerap terdengar nyaring. Maklum, hingga saat ini, demokrasi masih dianggap konsep terbaik penyelenggaraan kekuasaan negara, dan hampir sebagian besar negara di dunia menyatakan dirinya sebagai negara demokrasi. Rakyat sebagai pemilik kedaulatan pun naik daun. Aspirasi dan keinginan rakyat menjadi amat bertuah, sehingga jadi obyek buruan para pihak yang berambisi menguasai negara...

KEISTIMEWAAN IMAM HADDAD RA PENCIPTA RATIB AL HADDAD

Keistimewaan Imam Haddad RA, Pencipta Ratib Al Haddad 1. Imam Abdullah Al-Haddad bin Alwi bin Muhammad bin Ahmad bin Abdullah bin Muhammad bin Alwi bin Ahmad bin Abu Bakar bin Ahmad bin Muhammad bin Abdullah bin al-Faqih Ahmad bin Abdurrahman bin Alwi bin Muhammad Shahibu Marbath bin Ali Khali` Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir bin Isa bin Muhammad bin Ali al-Uraidhi bin Ja`far ash-Shadiq bin Muhammad al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin al-Husain bin Ali bin Abi Thalib, suami Fathimah az-Zahra binti Rosulillah SAW. 2. Al-Arifbillah Quthbil Anfas Al-Imam Habib Umar bin Abdurrohman Al-Athos ra. mengatakan, “Al-Habib Abdullah Al-Haddad ibarat pakaian yang dilipat dan baru dibuka di zaman ini, sebab beliau termasuk orang terdahulu, hanya saja ditunda kehidupan beliau demi kebahagiaan umat di zaman ini (abad 12 H)”. 3. Al-Imam Arifbillah Al-Habib Ali bin Abdullah Al-Idrus ra. mengatakan, “Sayyid Abdullah bin Alwy Al-Haddad adalah Sultan ...