BONGKAR RAHASIA BISNIS SUKSES DENGAN METODE EFEKTIF DAN EFISIEN BONGKAR RAHASIA BISNIS SUKSES DENGAN METODE EFEKTIF DAN EFISIEN - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

BONGKAR RAHASIA BISNIS SUKSES DENGAN METODE EFEKTIF DAN EFISIEN

Apakah efektif lebih baik dari efisien ataukah efisien lebih baik dari efektif?
Bagi sebagian dari Anda mungkin juga pernah menanyakan hal yang sama tentang ini.

Masih banyak sekali Business Owner kebingungan dan terjebak dengan pertanyaan semacam ini atau mungkin tidak paham perbedaan antara efektif dan efisien. Akhirnya hal ini berdampak buruk pada bisnis yang dijalankan. Kenapa? Karena Business Owner melakukan pemborosan-pemborosan dalam bisnis yang tidak disadari dan dijalankan secara terus menerus. Business owner mendapat untung besar tetapi perusahaan merugi. Kok bisa? Nah, inilah yang akan kita bahas secara mendalam dalam artikel kali ini.

So, mari kita pelajari terlebih dahulu pertama-tama adalah apa yang membedakan bisnis yang efektif dengan bisnis yang efisien?

Bisnis Efektif dan Efisien
Bisnis yang efektif adalah bisnis yang terus-menerus menembus target. Mereka menggunakan cara-cara yang tepat, biaya yang cukup signifikan untuk mencapai target perusahaan. Jadi, efektifitas berkaitan dengan TARGET, WAKTU dan HASIL AKHIR.

Misal, jika saya bertanya seperti ini: apakah efektif membunuh lalat menggunakan meriam? Tentu efektif. Apakah efektif membunuh nyamuk dengan bom nuklir? Tentu efektif. Tetapi apakah yang Anda lakukan itu bisa dibilang efisien? Belum tentu. Apakah hasil akhirnya tercapai? Jawabannya tercapai. Namun dalam hal ini saya akan bertanya, apakah yang Anda lakukan bisa dicapai dengan biaya yang murah? Belum tentu.

Nah, efisiensi berkaitan dengan BIAYA dan SUMBER DAYA. Jika Anda menggunakan sumber daya yang banyak tetapi mencapai hasil yang sedikit berarti Anda tidak efisien.

Sedangkan apabila Anda mencapai hasil tertentu dengan biaya yang lebih sedikit. Ini artinya Anda efisien.

Rumus Efektif dan Efisien
Rumus efektifitas dan efisien hampir sama. Jika dalam efisiensi, rumusnya adalah HASIL dibagi dengan SUMBER DAYA Anda. Misal, jika Anda ingin mengukur HASIL akhir Anda adalah omzet, kemudian SUMBER DAYA Anda adalah manusia. Penghitungannya adalah omzet dibagi jumlah manusia. Katakanlah omzet Anda sebesar Rp. 1 M dibagi jumlah manusia sebanyak 100 orang. Berarti 1 orang bisa menghasilkan Rp. 10 Ribu.

Cara Mencapai Bisnis Efektif dan Efisien
Nah, apabila jumlah karyawan yang 100 itu dikali dengan hasil akhir efisiensi yang Rp. 10 Ribu, maka hasilnya adalah 1 Milyar. Ini menunjukkan Anda bisa menghasilkan output dengan menggunakan sumber daya 100 orang. Tetapi ada juga yang menggunakan 50 orang, namun bisa mendapatkan hasil yang sama dengan 100 orang. Ini bisa jadi 50 orang lebih efisien daripada 100 orang. Nah, Inilah efisiensi.

Sedangkan apabila Anda berbicara target, maka Anda sedang berbicara soal waktu. Misal, Anda mempunyai target 1 Milyar dan bisa tercapai dalam waktu 1 tahun atau seperti ini, Anda mempunyai target 1 Milyar tetapi bisa tercapai dalam waktu 1 bulan. Mana yang lebih efektif? Yang efektif adalah 1 Milyar dicapai 1 bulan.

Lagi-lagi pertanyaannya adalah berapa orang yang mengerjakan atau mempercepat bisnis Anda dari omzet yang 1 milyar bisa tercapai dalam jangka waktu 1 bulan atau 1 tahun itu? Jika orang yang menjalankan bisnis Anda begitu banyak, memang penjualannya cepat tercapai tetapi apakah biayanya efisien?

So, apabila kita mencapai kesimpulan-kesimpulan ini, maka Anda akan memahami bahwa efektifitas berkaitan dengan waktu sedangkan efisiensi berkaitan dengan sumber daya. Business Owner harus bagaimana? Business Owner harus memikirkan dua-duanya, yakni harus tepat waktu tapi harus rendah biaya.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara kita mencapai kedua hal tersebut dalam bisnis? Ada 4 landasan penting yang harus Anda pahami tentang efektif dan efisien dan hal ini wajib Anda terapkan secara baik dan benar agar Bisnis Sukses, yakni:

1. Skill Sumber Daya
Landasan yang pertama adalah Business Owner harus memahami skill sumber daya yang mereka miliki. Kenapa? Karena jika sumber daya yang dimilikinya sangat skillful, maka akan sangat efektif dalam perusahaan.

Ada banyak orang ketika menjalankan bisnis dengan sumber daya yang tidak skillful, akhirnya butuh banyak orang. Kenapa? Benar, karena orang-orangnya tidak mempunyai skill dan akhirnya perusahaan membutuhkan tambahan SDM. “Pak, saya kerjanya sibuk. Tambah orang donk.” YA, permasalahan ini dikarenakan Anda tidak memiliki sumber daya yang canggih dan pintar, yang pada akhirnya Anda membutuhkan banyak orang.

Sebaliknya, ada orang yang skillnya tinggi kemudian kerjaan 5 orang bisa dikerjakan oleh 1 orang. Ini artinya apa? Efektif dan efisien. Ingat, bahwa untuk menjalankan Bisnis Sukses yang efektif dan efisien maka sumber daya Anda harus terlatih.

2. Tepat Sasaran
Tepat sasaran maksudnya adalah jangan menetapkan sebuah target yang tidak prioritas atau jangan menentukan target yang terlalu banyak. Misal, “saya tahun ini mau naik profit, mau naikin biaya, mau nambah orang, nambah produk dan seterusnya.” Terlalu banyak kemauan yang Anda targetkan dan akhirnya kerja tidak efektif. Kenapa?

Karena terlalu banyak fokus dan kemauan yang Anda inginkan. Hal ini berdampak pada bisnis Anda dan bisnis tersebut bisa jadi akan kehilangan arah. Karena kehilangan arah, Business Owner jadi bingung, “dimana ya saya harus menambah orang, dimana ya saya harus kerja yang lebih fokus atau dimana ya saya harus kerja lebih cepat”.

Nah, intinya kita tidak pernah tahu dimana fokus yang akan kita kejar. Tapi andai kata Anda memiliki target, maksimum 3 goal, maka efektif dan efisien bisa tercapai.

3. Menghilangkan Pemborosan
Dalam pekerjaan sehari-sehari, kita seringkali melakukan pemborosan. Nah, pemborosan ini banyak sekali bentuknya. Misal, pemborosan menunggu. Menunggu ini merupakan salah satu bentuk pemborosan kecil tetapi memiliki dampak yang cukup besar bagi bisnis dan organisasi apapun. Contoh pemborosan jenis ini antara lain produksi berhenti karena mesin rusak (manufaktur), proses berhenti karena menunggu persetujuan dari atasan (perkantoran), dan sales tidak jualan karena menunggu customer. Pertanyaannya adalah apakah ini adalah hal yang efektif dan efisien?

Nah, menunggu ini bukanlah pekerjaan yang efektif. Kenapa? Saya pernah melakukan sebuah training dan ternyata saya harus menunggu peserta yang datang hampir satu jam. Inilah jenis pemborosan dan pemborosan lain yang bisa dilihat dari pekerjaan sehari-hari adalah pemborosan yang berkaitan dengan gerakan atau bolak-balik.

Jadi, Anda atau karyawan Anda seringkali melakukan gerakan-gerakan mondar-mandir, bolak-balik. Ini adalah pekerjaan yang mengakibatkan pemborosan terlalu banyak. Mengerjakan sesuatu yang tidak tuntas dan dikoreksi oleh orang lain, balik lagi untuk dikoreksi kemudian dikoreksi ulang dan berulang lagi. Nah, ini tidak tuntas dan menjadi tidak efektif atau efisien.

4. Pemborosan Inventory
Pemborosan inventory maksudnya adalah menumpuk barang. Menumpuk barang bisa jadi bagus, kalau mau lebaran. Tetapi kalau menumpuk barang dan akhirnya barang tidak terjual lalu barang menjadi deadstock, bagaimana? Ya… jadi tidak efektif dan tidak efisien.

Bagaimana caranya supaya kita bisa mencapai efektif dan efisien dengan lebih cepat? Anda harus memahami teknik-teknik dasar tentang EFFICIENCY MASTERY.

Jadi, dasarnya adalah efisiensi, bukan efektifitas. Mengapa harus efisiensi? Karena kalau dasarnya adalah efektifitas kemudian Anda ingin mengejar target, yang terjadi adalah Anda tidak peduli dengan biaya yang Anda keluarkan atau tidak peduli dengan sumber dayanya. Hal ini berdampak pada Bisnis Sukses dan Anda akan kehilangan biaya yang besar.

Tetapi kalau landasannya adalah efisiensi maka Anda akan fokus pada sumber daya yang ada untuk menghasilkan hasil tertinggi. Jadi, sumber dayanya harus dibuat terlebih dahulu dan sumber dayanya harus di analisa lalu di dongkrak supaya lebih dahsyat lagi. Inilah Prinsip Efisiensi.

Misal, kalau Anda mempunyai karyawan 5 orang, apa yang bisa Anda lakukan agar 5 orang ini bisa menghasilkan pekerjaan 10 sampai 20 orang? Yang tadinya produktifitasnya satu menjadi produktifitasnya dua, yang tadi hasilnya satu orang satu, sekarang satu orang bisa menjadi lima. Inilah yang harus Anda tambahkan.

So, semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda dan seluruh Business Owner di Indonesia. Baca Juga : Sembilan-cara-pas-jadi-leader-berkelas


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS

Mengapa Gosip di Kantor Membunuh Produktivitas? Bermula dari satu hal, satu orang ke orang lainnya lambat laun sebuah infomasi terus bertambah kontennya. Informasi tersebut akhirnya berubah menjadi gosip. Gosip di kantor merupakan hal yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Seringkali hal tersebut justru dimulai dari rasa iri hati, frustrasi, kurang percaya diri, bahkan yang terburuk adalah candaan semata. Itu tentu saja berdampak sangat buruk. Tidak hanya bagi orang yang menjadi bahas pembicaraan, namun juga bagi pembicara. Jika diibaratkan dengan sepasang kayu dan paku. Paku sebagai rumor buruk yang Anda bicarakan dan kayu sebagai orang yang dibicarakan. Anda memukulkan paku tersebut kepada kayu hingga menyakitinya. Bahkan meskipun Anda telah mencabut paku tersebut, lubang tersebut masih saja tersisa. Seperti inilah luka yang diakibatkan oleh rumor buruk yang Anda perbuat terhadap seseorang. Membicarakan hal buruk mengenai sesama kita dapat menyebabkan sakit hati bagi s...

DELAPAN INDIKATOR BLOG DIANGGAP SPAM DAN DIHAPUS OLEH GOOGLE

Untuk situs berita dan belanja otomotif, lihat Weblogs, Inc. Untuk spamming yang dilakukan melalui komentar di blog yang sah, lihat Spam di blog. Blog spam, juga dikenal sebagai blog otomatis atau splog neologisme, adalah blog yang penulis gunakan untuk mempromosikan situs web terafiliasi, untuk meningkatkan peringkat mesin telusur dari situs terkait, atau sekadar menjual tautan/iklan. Tujuan dari splog bisa untuk meningkatkan PageRank atau portofolio backlink situs afiliasi, untuk meningkatkan tayangan iklan berbayar dari pengunjung (lihat blog dibuat untuk AdSense atau MFA), dan/atau menggunakan blog sebagai outlet tautan untuk menjual tautan atau membuat situs baru diindeks. Blog spam biasanya merupakan jenis situs pengikis, di mana konten sering berupa teks yang tidak asli atau hanya dicuri (lihat pengikisan blog) dari situs web lain. Blog-blog ini biasanya berisi sejumlah besar tautan ke situs-situs yang terkait dengan pembuat splog yang sering kali merupakan situs web yang tidak ...

CARA MEMASANG WIDGET ARTIKEL TERBARU THUMBNIL PADA HALAMAN BLOG

Navigasi judul pada blog sangatlah penting, dengan adanya navigasi pembaca dapat dengan mudah melihat semua isi dari blog tersebut. selain itu juga pembaca menjadi lebih nyaman karena tidak perlu bingung jika ingin mencari artikel lainnya. salah satu widget yang dapat membantu navigasi pada blog adalah widget artikel terbaru.  Bagi seorang blogger, ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan saat membuat dan mengelola apa yang disuguhkan dalam isi blognya. Agar pengunjung tertarik dengan isi blog kita dan betah berlama-lama membacanya, kita mesti memaksimalkan fitur-fitur widget yang telah tersedia, termasuk di antaranya yaitu pemasangan halaman widget Recent Post/ Artikel Terbaru/   Postingan Terbaru. Keuntungan dari memasang widget ini adalah pengunjung dapat melihat dan memilih artikel-artikel terbaru dari blog kita. Dengan adanya widget recent post ini, pengunjung akan dibuat penasaran untuk membaca artikel-artikel lain dari blog kita.  Untuk tampilannya sendir...

Privacy Policy

Kebijakan Privasi SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA Di SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA, dapat diakses dari https://otobemoberodatiga.blogspot.com, salah satu prioritas utama kami adalah privasi pengunjung kami. Dokumen Kebijakan Privasi ini berisi jenis informasi yang dikumpulkan dan dicatat oleh SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA dan bagaimana kami menggunakannya. Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan atau memerlukan informasi lebih lanjut tentang Kebijakan Privasi kami, jangan ragu untuk menghubungi kami. File Log SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA mengikuti prosedur standar menggunakan file log. File-file ini mencatat pengunjung ketika mereka mengunjungi situs web. Semua perusahaan hosting melakukan ini dan merupakan bagian dari analisis layanan hosting. Informasi yang dikumpulkan oleh file log termasuk alamat protokol internet (IP), jenis browser, Penyedia Layanan Internet (ISP), cap tanggal dan waktu, halaman rujukan/keluar, dan mungkin jumlah klik. Ini tidak terkait dengan infor...

SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA

KATA PENGANTAR  Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat membuat blog/site tentang apa saja yang menarik bagi penggemar membaca dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak, Ibu, Saudara (i) selaku pelanggan Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga yang telah memberikan masukan kepada saya. Tak lupa juga ucapan terima kasih kepada teman - teman blogger telah ikut turut serta membantu dalam proses pemblo gingan ini. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam dunia bloging ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan blog/site yang telah saya buat untuk di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun. Semoga blog/site sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Secara struktur, sistematis dan masif blog/site ya...