TIGA BELAS TIPS MENJADI PEMIMPIN ATAU LEADER YANG DISUKAI TIGA BELAS TIPS MENJADI PEMIMPIN ATAU LEADER YANG DISUKAI - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

TIGA BELAS TIPS MENJADI PEMIMPIN ATAU LEADER YANG DISUKAI

1. Menjadi pemimpin atau leader yang baik tidak cuek dan pelit
Yang dimaksudkan adalah di saat anda berpapasan dengan bawahan di luar  kantor jangan ragu untuk menegur terlebih dahulu. Selain itu jika sekiranya  ada bawahan yang membutuhkan bantuan dalam pekerjaan atau hal lain,  setidaknya tunjukan rasa peduli anda. Banyak cara untuk menunjukkan rasa  
peduli tersebut, lakukan dengan secukupnya dan pastikan itu membuat nyaman  bawahan anda.

2. Menjadi pemimpin atau leader yang baik selalu mencontohkan disiplin akan waktu
Banyak hal yang bersangkutan dengan waktu tentunya. Semisal jam  keberangkatan yang konsisten bisa membuat anda menjadi panutan bawahan anda  dengan kedisiplinan tersebut. Hal lain seperti tepat waktu akan selesainya  kerjaan juga akan membuat anda disegani dan menjadi contoh baik tentunya.  Ketepatan atau kedisiplinan waktu yang terjaga juga akan membuat semua hal  menjadi maksimal dalam hasilnya.

3. Menjadi leader harus berisikap konsisten dengan peraturan
Ini menjadi sesuatu yang sangat krusial bagi perusahaan. Di saat anda  mengesahkan suatu peraturan untuk perusahaan, jangan pernah langgar dan  hindari peraturan yang membuat bingung bawahan. Dimaksudkan membuat bingung  adalah peraturan yang setengah-setengah atau tidak jelas arah tujuannya.  Karena itu justru akan membuat bawahan menjadi kurang respek dengan anda.

4. Menjadi pemimpin atau leader dituntut Bersikap adil
Sangat bereratan kaitan point sebelumnya dengan point nomor empat ini untuk  menjadi leader yang dicintai bawahannya. Dimana anda dituntut untuk tidak  mendiskriminasi bawahan atau lebih mudahnya bersikap adil kepada semua  bawahan.

Jika memang ada yang melanggar atau menyepelekan peraturan, berikan  punishment yang sesuai dengan apa yang dilanggarnya. Bersikaplah layaknya  anda menjadi seorang hakim di suatu kasus, dimana keadilan menjadi hal  mutlak di dalamnya.

Sebagai seorang bos, jangan pernah membeda-bedakan antar karyawan, misalnya  lebih respek pada karyawan tetap daripada karyawan kontrak, atau lebih  memilih mengangkat karyawan yang lebih anda kenal daripada mengangkat  karyawan kontrak menjadi karyawan tetap dengan penilaian prestasi.

5. Pandai membaca situasi
Menjadi pemimpin atau leader yang baik juga diwajibkan selalu bisa  mengayomi bawahannya demi mendapatkan situasi kerja yang kondusif. Suatu  kejadian, gosip, masalah antar karyawan atau omongan yang belum jelas  kepastianya, adalah contoh beberapa hal yang wajib anda ketahui. Karena  dengan memahami lingkungan kerja perusahaan, tentunya akan membuat anda  lebih mudah berbaur dan mendapatkan karyawan yang konsisten dan loyal dalam  hal pekerjaan.

6. Kuasai pekerjaan
Menjadi arti dari menguasai pekerjaan bukan berarti mengharuskan anda  mengerti secara detail semua bidang pekerjaan yang ada di dalam perusahaan.  Dimaksudkan di sini adalah kenali seluruh aspek inti dari setiap jenis  pekerjaan yang ada di dalam perusahaan. Supaya jika suatu saat ada bawahan  yang bertanya, setidaknya anda bisa menjawab inti dari aspek yang dimaksud.

7. Lakukan komunikasi dan interaksi dengan baik
Seorang pemimpin atau leader juga harus selalu bisa ramah dengan siapa pun  yang berada dikantor. Misal suatu waktu kunjungi meja kerja atau ruangan  kerja bawahan dan lakukan perbincangan sederhana agar bawahan tidak terlalu  jenuh. Apabila anda memiliki waktu senggang lain cobalah ajak bawahan  secara bergantian makan siang bersama atau sekedar minum kopi untuk saling  mengenal lebih dalam.

8. Sebagai Pemimpin, berikan bimbingan akan instruksi yang anda berikan
Bermaksud untuk mengurangi terjadinya miss komunikasi atau kesalahan non  teknis dalam pekerjaan, tentunya hal ini wajib anda lakukan. Untuk menjadi  pemimpin atau leader yang baik, selalu berikan penjelasan lebih kepada  bawahan agar mereka bisa mengerjakan instruksi anda dengan baik. Karena  tidak semua bawahan anda memiliki daya tangkap yang sama dalam melakukan  suatu instruksi.

9. Buang jauh perilaku atau kebiasaan buruk
Suatu hal yang sebenarnya tidak hanya harus dilakukan jika menjadi leader,  melainkan semua orang termasuk tak terkecuali karyawan lain di dalam  perusahaan tersebut. Namun tentunya itu harus dimulai dari diri anda  sebagai leader. Karena dengan anda membuang jauh perilaku buruk yang berarti negatif tersebut, tentu akan membuat bawahan mencontohnya. Karena  pasti bawahan yang baik bermula dari leader yang baik pula.

10. Berikan apresiasi atau reward
Untuk menjaga kestabilan kerja yang memuaskan tentunya apresiasilah yang  akan berbicara. Apresiasi atau reward yang tepat diberikan kepada bawahan  yang layak mendapatkan ,tentunya akan selalu membuat hasil kerja atau  target perusahaan tercapai dengan maksimal.

Setiap apresiasi juga sebaiknya diimbangi dengan porsi kerja atau target  yang masuk akal. Dimaksudkan seperti target yang pantas untuk didapatkan,  tidak hanya sesuai kemauan pribadi tapi harus tetap berpedoman akan hal  yang bersangkutan dengan target tersebut. Dalam kata lain tidak mustahil  untuk diraih.

11. Menjaga sikap tegas
Seorang leader yang selalu mengayomi karyawan bukan berarti menghilangkan  ketegasannya. Karena bagaimanapun juga ketegasan dalam memimpin tetap  diperlukan seorang leader itu sendiri. Bersikap tegas juga akan membuat  bawahan meyakini anda sebagai seorang pemimpin yang baik dan bertanggung  jawab.

12. Tetap kekerja dengan tim
Dalam pengambilan keputusan atau suatu kebijakan yang baru tentunya suara  terbesar ada pada anda seorang leader. Namun bukan berarti semua itu  menjadi semenang-menang di mata karyawan lain. Untuk menjadi leader yang  baik, wajib untuk selalu menjaga kekompakan bawahan.

Untuk itu dalam semua keputusan atau kebijakan baru yang bersangkutan  dengan perusahaan wajib di timang dan didiskusikan dengan tim yang anda  percayai. Dengan begitu tentunya akan selalu menjaga keutuhan perusahaan  baik dari pondasi maupun atapnya.

13. Menerima masukan dengan baik
Yang terakhir ini yang terkadang anda hiraukan sebagai seorang leader.  Kritik yang masuk maupun saran yang sederhana sekalipun, sebaiknya jangan  pernah anda abaikan begitu saja. Terima dan cerna dengan baik demi  terbentuknya jati diri leader yang baik pula tentunya. Karena semua itu  termasuk dalam perjalanan anda menjadi leader yang akan dicintai karyawan. Baca juga Cara-menjadi-pemimpin-yang-disegani


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

BIOGRAFI HANIF DHAKIRI : KABINET INDONESIA KERJA JABATAN MENTERI KETENAGAKERJAAN

Biografi Hanif Dhakiri. Saat ini ia dikenal sebagai seorang tokoh politikus Indonesia. Ia pernah menjadi anggota DPR menjadi Menteri Ketenagakerjaan serta Menteri Olahraga pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut biografi Hanif Dhakiri beserta profil dan biodata lengkapnya. Biografi Hanif Dhakiri Daftar Isi Biodata Hanif Dhakiri Nama Lengkap : Muhammad Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si. Lahir : Semarang, 6 Juni 1972 Orang Tua : H Zuhri Maksum (ayah), Hj. Siti Hafsoh (ibu) Istri : Marifah Hanif Dhakir Anak : Nabila Setia Izzati, Neilan Setia Izzata, Nameera Setia Izzati Agama : Islam Pekerjaan : Politikus, Menteri Ketenagakerjaan, Plt. Menteri Olahraga Biografi Hanif Dhakiri Hanif Dhakiri dilahirkan di Semarang pada tanggal 6 Juni 1972. Ayahnya bernama H Zuhri Maksum dan ibunya bernama Hj. Siti Hafsoh. Keluarga Hanif Dhakiri bisa dibilang pas-pasan. Ayah Hanif bekerja sebagai guru agama islam yang mengajar sekolah dasar. Dan ibunya diketahu...

DIATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT

“Di atas langit masih ada langit” merupakan ungkapan yang sering digunakan untuk mengingatkan kita agar tidak berlaku sombong atas apa yang kita miliki, baik itu kekayaan, kecantikan, ketampanan, dan kepintaran. Hal-hal yang bersifat duniawi memang seringkali menjadi sebab seseoang untuk berlaku sombong. Padahal kita tidak berhak berlaku sombong, karena sesungguhnya apa yang kita miliki  hanyalah titipan dari Allah yang seharusnya kita jaga sebaik-baiknya. Kita tidak pernah tahu sampai kapan semua yang kita miliki akan menjadi milik kita, sehingga kita tidak boleh menyombongkannya. Orang-orang kaya bisa bangkrut dan menjadi miskin, orang yang  cantik dan tampan akan bertambah tua, lalu apa yang hendak kita sombongkan?   Penyebab sifat sombong yang ada dalam diri kita adalah karena kita seringkali merasa lebih baik dari orang lain, kita selalu merawa t bahwa kedudukan kita lebih tinggi, kita pun seringkali merasa lebih cantik dari orang lain. Hal-hal semacam inil...

MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS

Mengapa Gosip di Kantor Membunuh Produktivitas? Bermula dari satu hal, satu orang ke orang lainnya lambat laun sebuah infomasi terus bertambah kontennya. Informasi tersebut akhirnya berubah menjadi gosip. Gosip di kantor merupakan hal yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Seringkali hal tersebut justru dimulai dari rasa iri hati, frustrasi, kurang percaya diri, bahkan yang terburuk adalah candaan semata. Itu tentu saja berdampak sangat buruk. Tidak hanya bagi orang yang menjadi bahas pembicaraan, namun juga bagi pembicara. Jika diibaratkan dengan sepasang kayu dan paku. Paku sebagai rumor buruk yang Anda bicarakan dan kayu sebagai orang yang dibicarakan. Anda memukulkan paku tersebut kepada kayu hingga menyakitinya. Bahkan meskipun Anda telah mencabut paku tersebut, lubang tersebut masih saja tersisa. Seperti inilah luka yang diakibatkan oleh rumor buruk yang Anda perbuat terhadap seseorang. Membicarakan hal buruk mengenai sesama kita dapat menyebabkan sakit hati bagi s...

BIOGRAFI MAHFUD MD : KABINET INDONESIA MAJU JABATAN MENKO POLHUKAM

Biografi Mahfud MD. Beliau dikenal sebagai seorang politisi dan juga akademisi di bidang ilmu hukum. Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia dan juga menjabat posisi menteri di era pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur. Kini ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan dimasa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut kami sajikan profil dan biografi Mahfud MD secara singkat berserta Biodata. Daftar Isi Biodata Mahfud MD Biografi Mahfud MDNama : Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U Lahir : Madura, Jawa Timur, 13 Mei 1957 Agama : Islam Orang Tua : Mahmodin (ayah), Suti Khadidjah (ibu) Istri : Zaizatoen Nirhajati Anak : Mohammad Ikhwan Zein, Vina Amalia, dan Royhan Akbar Profesi : Akademisi dan Politisi Biografi Mahfud MD Beliau terlahir dengan nama lengkap Mohammad Mahfud dikenal dengan nama Mahmud MD. dilahirkan pada 13 Mei 1957 di Omben, Sampang Madura. Ia merupakan anak dari pas...

PDAM KOTA PONTIANAK DIKUNJUNGI BAPAK DIRJEN PU CIPTA KARYA

BAPAK DIRJEN PU CIPTA KARYA : BUDI YUWONO (Berdiri Posisi Tengah) Jumat 7 Februari 2009 Kunjungan bapak Dirjen PU Cipta Karya di PDAM Kota Pontianak tidak lain melihat kondisi PDAM Kota Pontianak lebih dekat, sebab kantor PDAM Kota beralamat di Jalan Imam Bonjol No 430 Pontianak, sebelumnya dibangun kantor PDAM dulu kantor PSAB tempat beliau bekerja sebagai pejabat struktur di PSAB tahun delapan puluhan, jadi pak Dirjen mendatangi hanya PDAM hanya reuni dan kata pepatah kuno apabila sudah minum air sungai kapuas maka pasti kembali. Selain itu kunjungan Pak Dirjen tak lepas melihat kesiapan PDAM Kota Pontianak mendapat bantuan Pemerintah Pusat melalui APBN senilai 50 Milyar berupa pipa transmisi air baku. Pak Dirjen PU Cipta Karya ; Budi Yuwono sedikit memberikan arahan kepada Direksi PDAM Kota Pontianak, katanya PDAM Kota Pontianak jangan pandai naik tariff saja yang lebih penting turun NRW atau kehilangan air PDAM baik secara komersial losses maupun fisikal losses dan coba liha...