TUJUH PENCURI PRODUKTIVITAS DI KANTOR YANG WAJIB DIBASMI TUJUH PENCURI PRODUKTIVITAS DI KANTOR YANG WAJIB DIBASMI - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

TUJUH PENCURI PRODUKTIVITAS DI KANTOR YANG WAJIB DIBASMI

Setiap orang tentu saja ingin menjadi lebih produktif. Namun sesekali Anda pasti pernah merasa kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan. Itu hal yang wajar terjadi. Banyaknya pekerjaan yang harus kita selesaikan seringkali membuat kita susah fokus.

Pekerjaan terlalu banyak bukanlah alasan untuk menghambat pekerjaan. Ada beberapa faktor eksternal yang dapat menjadi penyebabnya. Kebiasaan buruk ketika bekerja adalah salah satu hal yang dapat mengganggu produktivitas Anda di kantor.

Agar dapat bekerja dengan maksimal, berikut adalah 7 pencuri produktivitas di kantor yang wajib Anda basmi.

Terus menerus melihat ponsel
Di zaman sekarang, eksis di media sosial tentu salah satu hal yang wajib dilakukan agar kekinian. Namun tahukah Anda? Terlalu aktif berselancar dan berinteraksi di media sosial dapat mengganggu produktivitas kerja Anda. Apalagi jika setiap beberapa menit sekali Anda mengecek unggahan terbaru di media sosial. Itu akan memecah konsentrasi Anda selama bekerja. Ketika sedang bekerja, matikan dahulu semua notifikasi ponsel agar Anda dapat lebih berkonsentrasi. Dengan begitu Anda tidak akan terganggu dengan suara-suara notifikasi yang masuk. Namun, hal ini tentu saja berbeda apabila pekerjaan Anda memang membutuhkan interaksi dengan media sosial.

Multitasking
Jika Anda mengira bahwa mengerjakan beberapa hal secara bersamaan akan mempersingkat waktu bekerja, maka Anda salah. Hasil survei mengemukakan bahwa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus justru akan menurunkan produktivitas Anda hingga 40 persen. Tidak hanya itu, pekerjaan yang Anda lakukan kemungkinan tidak akan maksimal karena Anda tidak fokus saat mengerjakannya. Selesaikan satu pekerjaan baru berpindah ke pekerjaan yang selanjutnya. Itu akan membantu Anda dalam bekerja lebih efektif dan efisien.

Duduk dengan postur yang salah
Bagi Anda yang bekerja dengan duduk sepanjang hari di kantor, postur tubuh saat duduk sangatlah penting. Postur yang salah dapat menyebabkan Anda mudah lelah. Tidak hanya itu, Anda akan merasakan nyeri pinggang atau punggung. Tubuh yang lelah menyebabkan Anda tidak dapat fokus bekerja. Akibatnya produktivitas Anda bisa jadi menurun. Atur posisi duduk Anda agar terasa nyaman, namun tidak bersandar malas. Atur pula posisi layar komputer dengan jarak mata Anda agar mata Anda tidak mudah lelah.

Tidak rapi
Beberapa penelitian mengatakan bahwa orang yang kreatif biasanya memiliki meja yang tidak rapi. Bisa jadi itu benar. Akan tetapi apabila ketidakrapian itu justru malah membuat Anda tidak dapat bekerja lebih efisien, maka Anda harus memperbaiki hal tersebut. Hindari menghabiskan waktu hanya untuk mencari-cari data file yang Anda butuhkan. Buatlah kondisi lingkup kerja Anda terorganisir. Itu akan memudah Anda mencari data-data yang Anda butuhkan.

Konsumsi terlalu banyak junk food
Kebiasaan para pekerja kantoran yang tidak punya banyak waktu adalah mencari makanan yang cepat saji. Terlalu banyak makan junk food justru akan membuat produktivitas Anda berkurang. Memakan junk food, soda, atau kue-kue dengan kadar gula tinggi hanya akan memberikan energi tambahan sesaat saja. Justru makanan-makanan itu juga tidak baik bagi tubuh kita karena akan menimbulkan banyak penyakit seperti kolesterol, kencing manis, dsb.

Agar tetap dapat fokus dalam bekerja, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat seperti yogurt, buah, atau kacang-kacangan. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih bahagia, dan kreatif.

Kurang Tidur
Kurang istirahat dapat menyebabkan konsentrasi turun. Akibatnya dari kurang tidur adalah proses kerja otak menjadi lebih lambat. Hal itu dapat menjadi penyebab berkurangnya produktivitas. Manusia dewasa memerlukan waktu tidur kurang lebih 7-8 jam setiap harinya agar dapat bekerja lebih baik.

Keterlambatan
Bekerja dalam tim tentu saja memerlukan kerja sama setiap elemen tim untuk memenuhi tenggat waktu pekerjaan dengan tepat. Keterlambatan salah satu anggotanya saja dapat membuat suatu pekerjaan selesai lebih lama dari seharusnya. Hal ini tentu saja menurunkan produktivitas.

Itulah 7 kebiasaan buruk yang harus Anda hindari agar lebih produktif. Pahami kebiasaan buruk Anda saat bekerja dan ubahlah. Dengan demikian, Anda dapat bekerja lebih efektif dan hasilnya pun niscaya akan lebih baik. Baca Juga : Audit-keuangan-perusahaan


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

BIOGRAFI HANIF DHAKIRI : KABINET INDONESIA KERJA JABATAN MENTERI KETENAGAKERJAAN

Biografi Hanif Dhakiri. Saat ini ia dikenal sebagai seorang tokoh politikus Indonesia. Ia pernah menjadi anggota DPR menjadi Menteri Ketenagakerjaan serta Menteri Olahraga pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut biografi Hanif Dhakiri beserta profil dan biodata lengkapnya. Biografi Hanif Dhakiri Daftar Isi Biodata Hanif Dhakiri Nama Lengkap : Muhammad Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si. Lahir : Semarang, 6 Juni 1972 Orang Tua : H Zuhri Maksum (ayah), Hj. Siti Hafsoh (ibu) Istri : Marifah Hanif Dhakir Anak : Nabila Setia Izzati, Neilan Setia Izzata, Nameera Setia Izzati Agama : Islam Pekerjaan : Politikus, Menteri Ketenagakerjaan, Plt. Menteri Olahraga Biografi Hanif Dhakiri Hanif Dhakiri dilahirkan di Semarang pada tanggal 6 Juni 1972. Ayahnya bernama H Zuhri Maksum dan ibunya bernama Hj. Siti Hafsoh. Keluarga Hanif Dhakiri bisa dibilang pas-pasan. Ayah Hanif bekerja sebagai guru agama islam yang mengajar sekolah dasar. Dan ibunya diketahu...

DIATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT

“Di atas langit masih ada langit” merupakan ungkapan yang sering digunakan untuk mengingatkan kita agar tidak berlaku sombong atas apa yang kita miliki, baik itu kekayaan, kecantikan, ketampanan, dan kepintaran. Hal-hal yang bersifat duniawi memang seringkali menjadi sebab seseoang untuk berlaku sombong. Padahal kita tidak berhak berlaku sombong, karena sesungguhnya apa yang kita miliki  hanyalah titipan dari Allah yang seharusnya kita jaga sebaik-baiknya. Kita tidak pernah tahu sampai kapan semua yang kita miliki akan menjadi milik kita, sehingga kita tidak boleh menyombongkannya. Orang-orang kaya bisa bangkrut dan menjadi miskin, orang yang  cantik dan tampan akan bertambah tua, lalu apa yang hendak kita sombongkan?   Penyebab sifat sombong yang ada dalam diri kita adalah karena kita seringkali merasa lebih baik dari orang lain, kita selalu merawa t bahwa kedudukan kita lebih tinggi, kita pun seringkali merasa lebih cantik dari orang lain. Hal-hal semacam inil...

MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS

Mengapa Gosip di Kantor Membunuh Produktivitas? Bermula dari satu hal, satu orang ke orang lainnya lambat laun sebuah infomasi terus bertambah kontennya. Informasi tersebut akhirnya berubah menjadi gosip. Gosip di kantor merupakan hal yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Seringkali hal tersebut justru dimulai dari rasa iri hati, frustrasi, kurang percaya diri, bahkan yang terburuk adalah candaan semata. Itu tentu saja berdampak sangat buruk. Tidak hanya bagi orang yang menjadi bahas pembicaraan, namun juga bagi pembicara. Jika diibaratkan dengan sepasang kayu dan paku. Paku sebagai rumor buruk yang Anda bicarakan dan kayu sebagai orang yang dibicarakan. Anda memukulkan paku tersebut kepada kayu hingga menyakitinya. Bahkan meskipun Anda telah mencabut paku tersebut, lubang tersebut masih saja tersisa. Seperti inilah luka yang diakibatkan oleh rumor buruk yang Anda perbuat terhadap seseorang. Membicarakan hal buruk mengenai sesama kita dapat menyebabkan sakit hati bagi s...

BIOGRAFI MAHFUD MD : KABINET INDONESIA MAJU JABATAN MENKO POLHUKAM

Biografi Mahfud MD. Beliau dikenal sebagai seorang politisi dan juga akademisi di bidang ilmu hukum. Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia dan juga menjabat posisi menteri di era pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur. Kini ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan dimasa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut kami sajikan profil dan biografi Mahfud MD secara singkat berserta Biodata. Daftar Isi Biodata Mahfud MD Biografi Mahfud MDNama : Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U Lahir : Madura, Jawa Timur, 13 Mei 1957 Agama : Islam Orang Tua : Mahmodin (ayah), Suti Khadidjah (ibu) Istri : Zaizatoen Nirhajati Anak : Mohammad Ikhwan Zein, Vina Amalia, dan Royhan Akbar Profesi : Akademisi dan Politisi Biografi Mahfud MD Beliau terlahir dengan nama lengkap Mohammad Mahfud dikenal dengan nama Mahmud MD. dilahirkan pada 13 Mei 1957 di Omben, Sampang Madura. Ia merupakan anak dari pas...

PDAM KOTA PONTIANAK DIKUNJUNGI BAPAK DIRJEN PU CIPTA KARYA

BAPAK DIRJEN PU CIPTA KARYA : BUDI YUWONO (Berdiri Posisi Tengah) Jumat 7 Februari 2009 Kunjungan bapak Dirjen PU Cipta Karya di PDAM Kota Pontianak tidak lain melihat kondisi PDAM Kota Pontianak lebih dekat, sebab kantor PDAM Kota beralamat di Jalan Imam Bonjol No 430 Pontianak, sebelumnya dibangun kantor PDAM dulu kantor PSAB tempat beliau bekerja sebagai pejabat struktur di PSAB tahun delapan puluhan, jadi pak Dirjen mendatangi hanya PDAM hanya reuni dan kata pepatah kuno apabila sudah minum air sungai kapuas maka pasti kembali. Selain itu kunjungan Pak Dirjen tak lepas melihat kesiapan PDAM Kota Pontianak mendapat bantuan Pemerintah Pusat melalui APBN senilai 50 Milyar berupa pipa transmisi air baku. Pak Dirjen PU Cipta Karya ; Budi Yuwono sedikit memberikan arahan kepada Direksi PDAM Kota Pontianak, katanya PDAM Kota Pontianak jangan pandai naik tariff saja yang lebih penting turun NRW atau kehilangan air PDAM baik secara komersial losses maupun fisikal losses dan coba liha...