MEMBANGUN KOMUNIKASI MULTI DEMENSI YANG BAIK MEMBANGUN KOMUNIKASI MULTI DEMENSI YANG BAIK - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

MEMBANGUN KOMUNIKASI MULTI DEMENSI YANG BAIK

Komunikasi merupa-kan elemen vital dalam berinteraksi dengan orang lain, baik dalam pekerjaan maupun urusan lain-nya. Berkomunikasi secara baik bukan berarti harus menjadi komunikator seperti halnya seorang orator ulung atau juru debat yang fasih. Anda cukup menjadi seseorang yang pandai membawa diri dan berkomunikasi dengan siapa pun sesuai kepentingan dan kondisi lawan bicara.

Tentunya patut disadari cara anda berkomunikasi dengan penjual makanan dipinggir jalan berbeda dengan terhadap atasan di tempat kerja atau contoh lain komunikasi yang anda bangun diwarung kopi tentu jauh berbeda dengan pola yang patut diterapkan saat melakukan presentasi pekerjaan. Jadi, membangun komunikasi yang baik dan tepat sasaran merupakan salah satu dasar anda dapat dipercaya oleh rekan kerja.

Tidak sedikit kalangan ahli yang merumuskan makna komunikasi.Sebagai  bagian dari sejarah umat manusia, komunikasi memiliki peran penting dalam membangun peradaban. Secara harfiah, komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi meliputi pesan, ide atau gagasan dari pihak satu kepada yang lainnya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal mengunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak gerik badan ataupun menunjukan sikap tertentu, misalnya tersenyum, mengelengkan kepala, atau mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut tipe komunikasi nonverbal.

Apabila berkehendak menjadi nomor satu di lingkungan pekerjaan, hal yang patut dijalankan ialah menjaga atau membangun komunikasi sebaik mungkin dengan rekan kerja atau kolega. Komunikasi yang baik tidak hanya menjaga pembicaraan supaya bermutu, tetapi juga menggunakan bahasa nonverbal, yaitu bagaimana anda bersikap di dalam lingkungan pekerjaan hal ini mengingat gaya komunikasi yang anda terapkan atau tersampaikan di lingkungan pekerjaan secara tidak langsung mencerminkan kepribadian diri anda.  

Untuk membangun jaringan atau personal networking, komunikasi yang baik berada di posisi penting dalam mendukung tindak tanduk anda. Ketika sedang berusaha membangun atau memelihara jaringan, anda tentu akan terlibat dalam sebuah proses komunikasi. Oleh karena itu, anda harus menciptakan komunikasi baik dan elegan jika ingin proses membangun jaringan berjalan lancar. Suatu proses yang baik terjadi manakala informasi bisa diberikan dan diterima tanpa hambatan. Maka, jadilah komunikator dan pendengar yang baik. Namun, sekali lagi, jangan sampai usaha anda membangun dan merawat jaringan mengganggu ruang privat kolega atau rekan bisnis.

Sebagian orang tidak memahami pentingnya membangun komunikasi yang baik, terutama dengan rekan kerja. Komunikasi yang baik dengan sesama pekerja merupakan langkah efektif menjalin hubungan baik di lingkungan kerja. Anda harus menyadari bahwa di lingkungan kerja terdapat banyak terdapat orang dari berbagai indentitas dan tingkah laku, tetapi melakukan pekerjaan yang sama.

Ketiadaan berbagai informasi antara dua atau lebih individu dalam sebuah perusahaan dapat mengakibatkan pemborosan sumber daya. Misalnya, manajer perusahaan, anda harus menyadari pentingnya jalinan komunikasi yang baik di tempat kerja. Jalinan komunikasi yang teratur di sebuah perusahaan dapat membuat karyawan atau kolega menyampaikan ide-ide kreatif mereka untuk kemajuan dan produktivitas perusahaan.

Sehubungan dengan itu,anda perlu membangun komunikasi yang baik dan menyenangkan di lingkungan kerja.Hal itu sebagai langkah efektif untuk tidak bertukar pendapat, tetapi berbagi ide-ide kreatif dalam rangka meningkatkan produksi. Ada banyak manfaat relasi bisnis pekerjaan yang dibangun atas dasar komunikasi yang baik. Beberapa diantaranya ialah mencapai kepuasan kerja, lebih mudah menyelesaikan konflik, meningkatkan produktivitas, menjamin masa depan yang cerah bagi perusahaan, menciptakan loyalitas dalam pekerjaan, serta dapat mendayagunakan sumber daya secara lebih produktif dan berkualitas.

Komunikasi yang berkualitas tidak membuat orang lain merasa terhina atau diremehkan. Ada sebuah cerita bahwa orang sudah mencapai puncak karier kesehariannya justru dibelenggu oleh sakit stroke dan penyesalan. Di hari-hari tuanya, sangat sedikit kolega yang menjenguknya. Orang tersebut bernama Bondan. Penyakit stroke yang di deritanya setelah pensiun benar-benar membuatnya lemah. Dahulu, ketika masih memiliki kedudukan, para bawahan selalu tunduk kepada Bondan. Mereka tidak berani membantah perintah dan perkataan Bondan. 

Bahkan, Bondan menganggap dirinya paling benar sehingga mudah menghardik dan tidak mau di kritik. Ia selalu menjaga jarak dengan bawahannya agar terlihar berwibawa. Namun, mau dikata apa !, pasa masa tuanya sangat jarang orang lain atau bahkan bawahannya di masa lalu datang menjenguk. Ia acap kali menangis bila mengingat hal tersebut. Hanya satu hal kecil yang tidak ia lakukan, tetapi berdampak luar biasa. Ia gagal membangun komunikasi dengan baik terhadap para kolega dan bawahannya.

Contoh dari pengalaman ini dapat menjadi rujukan bahwa pola komunikasi yang baik antara bawahan dan atasan berperan besar dalam kesuksesan memaknai hidup. Sebagaimana pengalaman Bondan, kehidupan tidak hanya di masa sedang berkuasa. Sebab, suatu saat manusia akan mengalami masa tua yang sangat membutuhkan orang lain. BERPIKIRAN TERBUKA DAPAT MENGEVALUASI


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

BIOGRAFI HANIF DHAKIRI : KABINET INDONESIA KERJA JABATAN MENTERI KETENAGAKERJAAN

Biografi Hanif Dhakiri. Saat ini ia dikenal sebagai seorang tokoh politikus Indonesia. Ia pernah menjadi anggota DPR menjadi Menteri Ketenagakerjaan serta Menteri Olahraga pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut biografi Hanif Dhakiri beserta profil dan biodata lengkapnya. Biografi Hanif Dhakiri Daftar Isi Biodata Hanif Dhakiri Nama Lengkap : Muhammad Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si. Lahir : Semarang, 6 Juni 1972 Orang Tua : H Zuhri Maksum (ayah), Hj. Siti Hafsoh (ibu) Istri : Marifah Hanif Dhakir Anak : Nabila Setia Izzati, Neilan Setia Izzata, Nameera Setia Izzati Agama : Islam Pekerjaan : Politikus, Menteri Ketenagakerjaan, Plt. Menteri Olahraga Biografi Hanif Dhakiri Hanif Dhakiri dilahirkan di Semarang pada tanggal 6 Juni 1972. Ayahnya bernama H Zuhri Maksum dan ibunya bernama Hj. Siti Hafsoh. Keluarga Hanif Dhakiri bisa dibilang pas-pasan. Ayah Hanif bekerja sebagai guru agama islam yang mengajar sekolah dasar. Dan ibunya diketahu...

DIATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT

“Di atas langit masih ada langit” merupakan ungkapan yang sering digunakan untuk mengingatkan kita agar tidak berlaku sombong atas apa yang kita miliki, baik itu kekayaan, kecantikan, ketampanan, dan kepintaran. Hal-hal yang bersifat duniawi memang seringkali menjadi sebab seseoang untuk berlaku sombong. Padahal kita tidak berhak berlaku sombong, karena sesungguhnya apa yang kita miliki  hanyalah titipan dari Allah yang seharusnya kita jaga sebaik-baiknya. Kita tidak pernah tahu sampai kapan semua yang kita miliki akan menjadi milik kita, sehingga kita tidak boleh menyombongkannya. Orang-orang kaya bisa bangkrut dan menjadi miskin, orang yang  cantik dan tampan akan bertambah tua, lalu apa yang hendak kita sombongkan?   Penyebab sifat sombong yang ada dalam diri kita adalah karena kita seringkali merasa lebih baik dari orang lain, kita selalu merawa t bahwa kedudukan kita lebih tinggi, kita pun seringkali merasa lebih cantik dari orang lain. Hal-hal semacam inil...

MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS

Mengapa Gosip di Kantor Membunuh Produktivitas? Bermula dari satu hal, satu orang ke orang lainnya lambat laun sebuah infomasi terus bertambah kontennya. Informasi tersebut akhirnya berubah menjadi gosip. Gosip di kantor merupakan hal yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Seringkali hal tersebut justru dimulai dari rasa iri hati, frustrasi, kurang percaya diri, bahkan yang terburuk adalah candaan semata. Itu tentu saja berdampak sangat buruk. Tidak hanya bagi orang yang menjadi bahas pembicaraan, namun juga bagi pembicara. Jika diibaratkan dengan sepasang kayu dan paku. Paku sebagai rumor buruk yang Anda bicarakan dan kayu sebagai orang yang dibicarakan. Anda memukulkan paku tersebut kepada kayu hingga menyakitinya. Bahkan meskipun Anda telah mencabut paku tersebut, lubang tersebut masih saja tersisa. Seperti inilah luka yang diakibatkan oleh rumor buruk yang Anda perbuat terhadap seseorang. Membicarakan hal buruk mengenai sesama kita dapat menyebabkan sakit hati bagi s...

BIOGRAFI MAHFUD MD : KABINET INDONESIA MAJU JABATAN MENKO POLHUKAM

Biografi Mahfud MD. Beliau dikenal sebagai seorang politisi dan juga akademisi di bidang ilmu hukum. Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia dan juga menjabat posisi menteri di era pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur. Kini ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan dimasa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut kami sajikan profil dan biografi Mahfud MD secara singkat berserta Biodata. Daftar Isi Biodata Mahfud MD Biografi Mahfud MDNama : Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U Lahir : Madura, Jawa Timur, 13 Mei 1957 Agama : Islam Orang Tua : Mahmodin (ayah), Suti Khadidjah (ibu) Istri : Zaizatoen Nirhajati Anak : Mohammad Ikhwan Zein, Vina Amalia, dan Royhan Akbar Profesi : Akademisi dan Politisi Biografi Mahfud MD Beliau terlahir dengan nama lengkap Mohammad Mahfud dikenal dengan nama Mahmud MD. dilahirkan pada 13 Mei 1957 di Omben, Sampang Madura. Ia merupakan anak dari pas...

PDAM KOTA PONTIANAK DIKUNJUNGI BAPAK DIRJEN PU CIPTA KARYA

BAPAK DIRJEN PU CIPTA KARYA : BUDI YUWONO (Berdiri Posisi Tengah) Jumat 7 Februari 2009 Kunjungan bapak Dirjen PU Cipta Karya di PDAM Kota Pontianak tidak lain melihat kondisi PDAM Kota Pontianak lebih dekat, sebab kantor PDAM Kota beralamat di Jalan Imam Bonjol No 430 Pontianak, sebelumnya dibangun kantor PDAM dulu kantor PSAB tempat beliau bekerja sebagai pejabat struktur di PSAB tahun delapan puluhan, jadi pak Dirjen mendatangi hanya PDAM hanya reuni dan kata pepatah kuno apabila sudah minum air sungai kapuas maka pasti kembali. Selain itu kunjungan Pak Dirjen tak lepas melihat kesiapan PDAM Kota Pontianak mendapat bantuan Pemerintah Pusat melalui APBN senilai 50 Milyar berupa pipa transmisi air baku. Pak Dirjen PU Cipta Karya ; Budi Yuwono sedikit memberikan arahan kepada Direksi PDAM Kota Pontianak, katanya PDAM Kota Pontianak jangan pandai naik tariff saja yang lebih penting turun NRW atau kehilangan air PDAM baik secara komersial losses maupun fisikal losses dan coba liha...