LIMA CARA SUKSES JUALAN ONLINE TANPA MODAL UNTUK PEMULA LIMA CARA SUKSES JUALAN ONLINE TANPA MODAL UNTUK PEMULA - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

LIMA CARA SUKSES JUALAN ONLINE TANPA MODAL UNTUK PEMULA

5 Cara Sukses Jualan Online Tanpa Modal Untuk Pemula
Jualan online kini tengah menjadi salah satu alternatif usaha yang bisa dilakukan dengan modal kecil dan omzet yang tidak main-main.
Oleh karena itu sekarang ini banyak sekali orang yang terjun ke dunia bisnis online dan menekuninya dengan serius.

Bukan hanya menjadi salah satu alternatif usaha, tetapi karena perubahan zaman yang cepat, orang-orang yang melakukan bisnis offline mau tidak mau harus terjun ke bisnis online agar tidak tersingkirkan oleh perubahan zaman. Berikut adalah beberapa tips untuk meledakkan toko online Anda.

1. Tentukan Niche dan Produk Anda
Hal pertama yang harus diperhatikan jika ingin memulai bisnis sebagai penjual online adalah menentukan apa produk dan niche market yang akan Anda tawarkan.
Anda harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia jual beli online. Anda dapat melakukan riset dengan bertanya langsung ke orang-orang di sekitar Anda, membuat kuesioner dan membuat angket. Untuk teknik yang lebih advance Anda bisa melihat ke website e-commerce atau online shop yang sudah mapan seperti Tokopedia, MatahariMall, Lazada, dan lain sebagainya
Di website-website tersebut Anda bisa masuk ke bagian best seller atau hot product, saat Anda melihat-lihat bagian ini pasti ide segar akan muncul di otak Anda.
Di bagian ini kebanyakan orang mengalami salah langkah dengan terlalu berfokus pada produk mereka dan tidak mempedulikan kebutuhan pasar. Langkah yang lebih baik adalah Anda mencari apa saja kebutuhan pasar dan mencoba memenuhi kebutuhannya.
Di dalam dunia jual beli online setidaknya ada 3 jenis dagangan yang dapat Anda tawarkan, yakni barang fisik, barang digital dan juga jasa.
Barang fisik adalah barang yang bisa Anda sentuh dan gunakan misal saja handphone, jam tangan, kosmetik, dan lain sebagainya. Barang digital adalah barang yang tidak dapat Anda sentuh dan dapat Anda gunakan untuk keperluan Anda, seperti ebook, kursus online, webinar dan juga software. Untuk jasa Anda bisa menyediakan jasa seperti jasa pembuatan website, jasa rental mobil, agen umroh dan haji, dan lain sebagainya.
Langkah memilih produk adalah salah satu langkah paling vital yang akan menentukan kesuksesan Anda. Jika menjual sesuatu yang tidak Anda sukai, sudah pasti Anda akan cepat merasa bosan.
Oleh karena itu pikirkan dengan matang dan jangan gegabah dalam memilih produk yang akan Anda jual.

2. Pelajari Cara Mendapatkan Traffic
Traffic atau calon pembeli Anda adalah elemen paling penting dari sukses atau tidaknya jualan online Anda. Traffic bisa Anda dapatkan dengan 2 cara, yakni dengan cara gratis dan cara berbayar.
  • Cara Gratis
  • Cara gratis antara lain adalah berpromosi melalui Facebook, Twitter, BBM, LINE, Instagram, Bukalapak, Tokopedia, OLX, dan lain sebagainya. Atau dalam kata lain kita berpromosi di sosial media dan marketplace tanpa perlu mengeluarkan biaya promosi. Metode ini bagus tetapi sangat sulit dilakukan karena cakupan dari pasar terlalu luas dan kurang tertarget. Namun jika Anda tekuni dan mempelajari beberapa tekniknya secara mendalam, maka Anda akan menemukan pola yang tepat untuk mendatangkan traffic penjualan. Sebagai contoh jika Anda berpromosi menggunakan akun Facebook pribadi Anda maka jangkauan calon pelanggan Anda akan sangat sempit karena akun Facebook pribadi Anda biasanya hanya berisi teman-teman Anda, yang mungkin kurang tertarik dengan barang yang Anda tawarkan.  Beberapa teknik yang bisa Anda pelajari dan lakukan adalah dengan membuat sebuah grup tertarget yang berisikan para calon pelanggan Anda, atau membuat sebuah fanpage yang memang berisi orang-orang yang tertarik dengan produk Anda. Untuk pemula, walaupun lebih susah, sebaiknya mencoba yang gratis saja dulu untuk mengurangi risiko.
  • Cara Berbayar
  • Cara berikutnya adalah dengan cara berbayar. Cara ini bisa dibilang naik ke tingkat yang lebih advance karena disini Anda akan mendapatkan uang dengan mengeluarkan uang. Metode ini biasa disebut dengan beriklan. Media iklan cukup banyak, antara lain Facebook Ads, Google AdWords, Bing Ads, dll. Harga yang ditawarkan media iklan tersebut pun bervariatif, dan semakin tinggi dana yang Anda keluarkan, maka semakin banyak juga produk Anda diiklankan. Metode beriklan sangatlah efektif, karena Anda bisa mentarget dan ‘menembak’ hanya calon-calon pelanggan Anda. Anda dapat memilih untuk siapa saja iklan tersebut akan ditampilkan. Sebagai contoh di Facebook Ads, Anda dapat menawarkan produk Anda kepada orang-orang dengan kriteria yang sudah ditentukan. Misal saja Anda menjual produk baju bayi, maka Anda dapat mentarget untuk menampilkan iklan dengan kriteria sebagai berikut, wanita, usia 25 sampai 35 tahun, sudah menikah, dan menyukai fanpage Pigeon. Dengan begitu maka bisa dipastikan uang yang Anda keluarkan untuk iklan tersebut lebih terjamin, dan akan menghasilkan penjualan lebih cepat.



3. Pelajari Copywriting
Anda sudah memiliki produk yang dibutuhkan pasar dan juga sudah mempunyai sumber traffic yang baik namun penjualan masih loyo, maka Anda harus mempelajari teknik promosi yang satu ini.
Teknik ini disebut copywriting atau penulisan iklan yang baik. Menulis iklan berbeda dengan menulis artikel biasa, di dalam menulis iklan Anda harus bisa melakukan persuasi kepada calon pembeli Anda. Sehingga hanya dengan membaca mereka menjadi tertarik dan mau membeli produk Anda, bahkan produk dengan harga tinggi sekalipun.
Yang harus Anda perhatikan adalah buatlah Headline yang menarik mata dan membuat penasaran.
Kemudian seret calon pembeli Anda dengan kata-kata persuasif yang Anda tuliskan pada inti dari artikel promosi Anda, jelaskan secara mendetail setiap kelebihan produk Anda karena semakin detail orang semakin mengerti nilai sebenarnya dari produk Anda.
Tulis artikel iklan Anda seperti orang bercerita, jangan menulis seperti orang yang sedang promosi karena orang-orang lebih menyukai membaca cerita daripada membaca iklan promosi.
Jangan lupa tinggalkan Contact Person yang dapat dihubungi atau tombol Buy Now agar pembeli Anda tidak kebingungan untuk menghubungi Anda.

4. Pelajari Cara Menangani Pelanggan
Bagian yang satu ini juga sangat vital terutama bagi Anda yang juga berperan sebagai Customer Service (CS) bagi pelanggan Anda. Anda harus mempelajari cara menangani pelanggan yang baik dan benar, jangan sampai pelanggan Anda kabur karena tanggapan Anda yang judes dan kasar.
Pembeli adalah raja maka dari itu Anda harus melayani calon pembeli Anda sebaik mungkin. Karena dengan pelayanan yang baik biasanya para pelanggan akan terpuaskan dengan pelayanan Anda dan ini menjadi nilai tambah bagi jualan online Anda.
Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menyarankan teman-teman atau koleganya untuk berbelanja di toko online Anda. Bukan hanya itu, dengan pelayanan yang baik, Anda juga bisa mendapatkan repeat customer atau pelanggan setia.
Jika Anda memperkerjakan seorang CS, Anda juga harus menanamkan hal ini pada CS Anda. Ajarkanlah cara menangani pelanggan yang baik dan benar, sekalipun pelanggan Anda sedang marah-marah ataupun saat menghadapi pelanggan yang emosional dan tidak sabaran.
Dengan begitu citra positif akan melekat pada jualan online Anda.

5. Berikan After Sales
Jika Anda sudah memiliki produk, sudah menguasai sumber traffic, sudah menguasai copywriting dan sudah mengerti apa kemauan pelanggan maka jangan kaget jika jualan online Anda akan meledak seiring berjalannya waktu.
Langkah berikutnya adalah menjamin kepuasan pelanggan Anda dengan memberikan after sales yang memuaskan.
After sales disini dapat berupa menanyakan opini pelanggan tentang produk Anda, memberikan garansi, memberikan refund, dan juga memberikan support yang maksimal pada pelanggan Anda.
Hal ini sangat penting dan dicari oleh pelanggan.
Mereka akan memilih produk yang akan menjamin kepuasan mereka dengan memberikan garansi uang kembali jika mereka tidak puas dengan produk Anda. Mungkin hal ini terdengar merugikan untuk Anda, namun jika Anda memang sudah membulatkan tekad untuk terjun di dunia jualan online pasti Anda tidak akan takut dengan resiko ini.
Jika terjadi banyak klaim garansi berarti memang ada yang harus dibenahi dari produk Anda dan ini sudah kewajiban Anda sebagai penjual untuk menjamin kepuasan para pelanggan.
Untuk itu berikanlah after sales demi kepuasan pelanggan Anda. Baca juga Tips-penting-dalam-memulai-bisnis.html


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS

Mengapa Gosip di Kantor Membunuh Produktivitas? Bermula dari satu hal, satu orang ke orang lainnya lambat laun sebuah infomasi terus bertambah kontennya. Informasi tersebut akhirnya berubah menjadi gosip. Gosip di kantor merupakan hal yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Seringkali hal tersebut justru dimulai dari rasa iri hati, frustrasi, kurang percaya diri, bahkan yang terburuk adalah candaan semata. Itu tentu saja berdampak sangat buruk. Tidak hanya bagi orang yang menjadi bahas pembicaraan, namun juga bagi pembicara. Jika diibaratkan dengan sepasang kayu dan paku. Paku sebagai rumor buruk yang Anda bicarakan dan kayu sebagai orang yang dibicarakan. Anda memukulkan paku tersebut kepada kayu hingga menyakitinya. Bahkan meskipun Anda telah mencabut paku tersebut, lubang tersebut masih saja tersisa. Seperti inilah luka yang diakibatkan oleh rumor buruk yang Anda perbuat terhadap seseorang. Membicarakan hal buruk mengenai sesama kita dapat menyebabkan sakit hati bagi s...

DELAPAN INDIKATOR BLOG DIANGGAP SPAM DAN DIHAPUS OLEH GOOGLE

Untuk situs berita dan belanja otomotif, lihat Weblogs, Inc. Untuk spamming yang dilakukan melalui komentar di blog yang sah, lihat Spam di blog. Blog spam, juga dikenal sebagai blog otomatis atau splog neologisme, adalah blog yang penulis gunakan untuk mempromosikan situs web terafiliasi, untuk meningkatkan peringkat mesin telusur dari situs terkait, atau sekadar menjual tautan/iklan. Tujuan dari splog bisa untuk meningkatkan PageRank atau portofolio backlink situs afiliasi, untuk meningkatkan tayangan iklan berbayar dari pengunjung (lihat blog dibuat untuk AdSense atau MFA), dan/atau menggunakan blog sebagai outlet tautan untuk menjual tautan atau membuat situs baru diindeks. Blog spam biasanya merupakan jenis situs pengikis, di mana konten sering berupa teks yang tidak asli atau hanya dicuri (lihat pengikisan blog) dari situs web lain. Blog-blog ini biasanya berisi sejumlah besar tautan ke situs-situs yang terkait dengan pembuat splog yang sering kali merupakan situs web yang tidak ...

CARA MEMASANG WIDGET ARTIKEL TERBARU THUMBNIL PADA HALAMAN BLOG

Navigasi judul pada blog sangatlah penting, dengan adanya navigasi pembaca dapat dengan mudah melihat semua isi dari blog tersebut. selain itu juga pembaca menjadi lebih nyaman karena tidak perlu bingung jika ingin mencari artikel lainnya. salah satu widget yang dapat membantu navigasi pada blog adalah widget artikel terbaru.  Bagi seorang blogger, ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan saat membuat dan mengelola apa yang disuguhkan dalam isi blognya. Agar pengunjung tertarik dengan isi blog kita dan betah berlama-lama membacanya, kita mesti memaksimalkan fitur-fitur widget yang telah tersedia, termasuk di antaranya yaitu pemasangan halaman widget Recent Post/ Artikel Terbaru/   Postingan Terbaru. Keuntungan dari memasang widget ini adalah pengunjung dapat melihat dan memilih artikel-artikel terbaru dari blog kita. Dengan adanya widget recent post ini, pengunjung akan dibuat penasaran untuk membaca artikel-artikel lain dari blog kita.  Untuk tampilannya sendir...

Privacy Policy

Kebijakan Privasi SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA Di SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA, dapat diakses dari https://otobemoberodatiga.blogspot.com, salah satu prioritas utama kami adalah privasi pengunjung kami. Dokumen Kebijakan Privasi ini berisi jenis informasi yang dikumpulkan dan dicatat oleh SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA dan bagaimana kami menggunakannya. Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan atau memerlukan informasi lebih lanjut tentang Kebijakan Privasi kami, jangan ragu untuk menghubungi kami. File Log SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA mengikuti prosedur standar menggunakan file log. File-file ini mencatat pengunjung ketika mereka mengunjungi situs web. Semua perusahaan hosting melakukan ini dan merupakan bagian dari analisis layanan hosting. Informasi yang dikumpulkan oleh file log termasuk alamat protokol internet (IP), jenis browser, Penyedia Layanan Internet (ISP), cap tanggal dan waktu, halaman rujukan/keluar, dan mungkin jumlah klik. Ini tidak terkait dengan infor...

SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA

KATA PENGANTAR  Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat membuat blog/site tentang apa saja yang menarik bagi penggemar membaca dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak, Ibu, Saudara (i) selaku pelanggan Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga yang telah memberikan masukan kepada saya. Tak lupa juga ucapan terima kasih kepada teman - teman blogger telah ikut turut serta membantu dalam proses pemblo gingan ini. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam dunia bloging ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan blog/site yang telah saya buat untuk di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun. Semoga blog/site sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Secara struktur, sistematis dan masif blog/site ya...