3 Pertanyaan penting!
- Kenapa konsumen harus beli produk anda?
- Bagaimana konsumen percaya dengan produk anda)
- Kenapa konsumen tidak beli produk anda?
- Kenapa konsumen tidak percaya produk anda?
Tanda-tanda calon pembeli !
- Nanya produk
- Nanya lagi
- Nanya lagi, tugas kita jawab dan tanya lagi!
17 Teknik Closing!
1. Ya ya ya
-Pertanyaan yang kita berikan minimal dijawab dengan kata ya 2-3 kali, jadi ya ya ya.... jadi buat pertanyaan yang jawabannya ya, ya dan ya.
Misal :
"apakah bapak ingin mendapatkan garansi dari produk ini?
jangan buat prtanyaan bapak mau beli atau tidak? ntar jawabannya tidakkk... oke ya ya ya
2. yang menang yang nanya
-Kalau ada calon konsumen nanya, apakah pertanyaan berhenti di pertanyaan calon konsumen? nah alangkah baiknya kita setelah menjawab diakhiri pertanyaan kembali, agar calon konsumen tidak lepas konsentrasi... jadi buat pola pertanyaan, siapkan bbrp pertanyaan untuk produk yang kita jual sampai closing/ tidak.
Misal :
"masih ada, yang warna merah atau kuning?"
"yang kuning ada, ukurannya apa?"
"maaf dikirim kemana?" atau sesuaikan dan sewajarnya :)
"awas jangan nanya status ya hahaha....
3. Teknik 1,2,3 (3 keuntungan 1 kalimat)
Contoh :
"Keuntungan beli hari ini yaitu, mendapat diskon 30%, bonus DVD motivasi dan konsultasi selama 2 jam.
"Beli paket ini lebih murah, lebih banyak produk dan tentunya bisa beli beberapa paket sekaligus. Baca Tips-sebelum-membuat-surat-pengunduran
selamat membuat pola untuk teknik 1,2,3
4. Now or never kasih batasan waktu dan jumlah
Contoh :
"Hanya tersedia 10 unit karena produknya unik, sisa 3 unit lg pa, mau di booking?
"Diskonnya sampai hari jam 22.00 pa, mau dipesan sekarang?
5. Suprise (kasih kejutan)
Contoh :
"karena mba pelanggan pertama hari ini, mba dapat diskon 50%
"wah kebetulan pembelian hari ini gratis power bank, mau di booking handphonenya?
beri kejutan ya, orang suka ngasih bonus dan bikin orang kaget+bahagia maka akan dapat rezeki kaget juga yang membahagiakan hehe...
6. Perbandingan
Contoh :
"produk A harganya mahal, kualitasnya juga sangatt bagus, nah produk B ini harganya terjangkau dan kualitasnya bagus cocok buat ibu, kalau produk C murah sekali khwatir cepat rusak bu...bagaimana dengan produk B? "
7. Harga coret
-Pernah lihat harga coret? ya buat harga coret...
misalnya harga awal 3.750.000 dicoret dan diganti jadi 1.750.000 saja.. ini akan memberi kekuatan psikologis bagi si pembeli.... Harga Coret.
8. Puji dan kasih tester (uji coba dulu)
Contoh :
"kalung ini bagus dipakai mba, silakan dicoba dulu
"wah match banget dengan pakaian bapak, dicoba dulu saja
9. Banding pesaing
cocok buat produk yang mahal, edukasi dengan membandingkan harga dan manfaat dengan pesaing.
Contoh :
"kalau ibu ambil produk ditempat kami, sudah banyak pasien yang merasa lebih baik dengan produk ini. walaupun harganya mahal sedikit tapi sebanding dengan yang didapatkan, coba bandingkan dengan produk murah tersebut walaupun murah belum tentu bisa lebih sehat.
10. Tampak Murah
Contoh :
"hanya dengan Lima Ribu perhari anda bisa belajar facebook marketing di SEOMuda selama 3 bulan, ambil kesempatan emas ini.
"cukup Seratus Lima Puluh Ribu perbulan anda bisa dapat gadget yang seseuai dengan impian anda,
Harga yang mahal akan terlihat murah ketika dipecah,
11. Todongan
Buat calon costumer sedikit malu kalau menolak,
"ajak makan dulu sebelum closing rumah,
"gunakan teknik yang diperlukan untuk produk yang cukup mahal, misalnya ngopi bersama, makan bersama, pokoknya jamu dia terlebih dahulu... atau berikan bonus2 dulu habis itu todong dengan strategi lainnya :)
12. Empati
Contoh :
"dulu saya memiliki masalah yang sama, nah ini solusinya mungkin anda mau coba?
"masalah apa yang terjadi hari ini? ....dijawab, nah bapak sudah coba produk ini... (jual obat, terapi dll)
*berempati secara natural untuk meningkatkan kedekatan dan akhirnya diajak membeli,
13. Eklusif
Contoh :
"Tidak semua orang bisa mendapatkan produk ini, terbatas tinggal 3 unit lagi...
"desain suka2 harga sama, penawaran hanya 5 unit lagi...
buat produk anda eklusif
14. Bridgif
berikan pilihan produk kepada calon konsumen, semua produk kita sendiri.
Contoh :
"kami punya motif a, b, c silakan dipilih dulu...ibu cocok yang mana?
"ini bisa jadi pertimbangan, produk 1, 2, 3
15. Joke
berikan humor saat berbincang, yang natural saja
buat calon costumer tertawa dengan penawaran anda
pokonya yaaa bahagian calon costumer hehhee biar dapat rezeki yang bahagia juga.
16. Jika Maka
Buat akibat jika tidak membeli sekarang
contoh :
"Jika anda membeli hari ini, maka semua bonus ini menjadi milik anda.
"Jika ibu tidak membeli sabun ini hari ini, maka besok ibu akan membeli tanpa diskon 40%
17. Testimoni
kumpulkan testimoni sebanyak-banyaknya, jika di bb ya screen shoot, jika di fb ya di capture, jika via sms ya diketik ulang, buat gambar dan kumpulkan sebanyak-banyaknya.... jika ada tokoh, artis atau pengusaha perbagus tampilannya.
"ini testimoni dari beberapa tokoh, ibu sudah coba produknya?
"beberapa kesan pengguna produk ini,
Ini hanya ringkasan ya, sangat cocok jika dipraktekan dan akan hilang jika tidak di praktekan.
saya rasa cukup karena nantipun ketika sudah banyak praktek akan menemukan formula yang pas buat closing produk masing-masing. Jangan lupa sampaikan salam saya kepada Customer Service perusahaannya masing-masing hehehe
Silakan diambil beberapa teknik saja atau semuanya, diperdalam dan tentunya diukur. Kalau sudah banyak berhasil kabari ya....
Semoga bisnis sahabat makin sukses, berkah dan berlimpah...mari tidak hanya berbisnis tapi bantu yang lain untuk berbisnis. Disampaikan oleh Dewa Eka Prayoga.
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?
Komentar
Posting Komentar
SILAKAN KOMENTAR SESUAI TOPIK.....