CARA MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN BAGI BISNIS MUSIMAN CARA MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN BAGI BISNIS MUSIMAN - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

CARA MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN BAGI BISNIS MUSIMAN

Peluang bisnis akan muncul kapan saja, dimana saja dan dengan cara apa saja. Namun ada kalanya peluang itu bisa sangat besar atau stagnan. Tinggal bagaimana kita sebagai pengusaha untuk memanfaatkan agar bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Salah satu cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan memanfaatkan Bisnis Musiman agar bisa memanfaatkan moment tertentu untuk mendapatkan Keuntungan.

Cara ini sering dimanfaatkan UMKM baru untuk meningkatkan omset atau modal bisnisnya. Memanfaatkan peluang Bisnis Musiman untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Dengan kondisi UMKM di Indonesia yang berjumlah 57,9 juta unit menurut BPS atau sekitar 99,99% dari total jumlah pelaku usaha nasional, menunjukkan betapa pentingnya usaha kecil ini. Bahkan kesempatan kerja mencapai 96,99% dari bisnis UMKM ini.

Jika Anda pelaku UMKM, bisa memanfaatkan momen apapun untuk meraih keuntungan maksimal dari Bisnis Musiman. Misalnya dengan memanfaatkan moment musim lebaran dengan berjualan parsel atau baju gamis untuk lebaran. Juga ketika natal, menjual pernak pernik natal yang jelas banyak orang mencarinya.

Tapi tahukah Anda bagaimana cara memaksimalkan keuntungan bagi bisnis musiman yang tengah atau akan Anda jalankan saat ini. Berikut ini tips memaksimalkannya :

1. Menentukan Target Pasar yang Tepat
Setiap produk yang diluncurkan di pasaran tentu memiliki target konsumen yang berbeda-beda. Termasuk untuk bisnis produk musiman yang tentu harus diarahkan pada market yang spesifik dan tertarget agar penyerapannya bisa maksimal.

Jika target pasar sudah ditentukan dengan tepat, jelas akan memudahkan penetapan iklan atau penetrasi melalui cara apa dan bagaimana. Misalnya Bisnis Musiman kue kering pada musim lebaran dengan target

pasar adalah ibu-ibu rumah tangga, tentu bisa melakukan promosi di kalangan ibu-ibu PKK atau komunitas dengan anggota sebagian besar adalah ibu rumah tangga.

2. Melakukan Diferensiasi Produk yang Unik dan Dibutuhkan
Diferensiasi produk dimanapun tetap dianggap penting karena ini yang membuat produk kita berbeda dari yang lain dan dianggap sebagai nilai lebih. Nilai lebih ini yang jadi salah satu alasan terpenting kenapa konsumen membeli di tempat kita. Nah, ingat juga agar diferensiasi dipikirkan dengan matang agar benar-benar memberikan nilai tambah yang bermanfaat dan dibutuhkan.

Misalnya pada jualan kue kering lebaran, nilai tambah bisa dilakukan dengan menambah varian rasa, bahan yang tidak mengandung bahan pengawet hingga packaging yang baik. Disamping itu pelayanan juga bisa ditambahkan misalnya sekaligus dibantu jasa pengiriman parsel atau yang lainnya.

3. Ingat Persaingan dan Kuasai Karakter Produk
Tidak dipungkiri bahwa persaingan baik sehat maupun tidak sehat pasti akan terjadi. Dimana ada kebutuhan musiman untuk produk atau jasa dalam jumlah banyak tentu banyak pemain juga yang akan memanfaatkannya untuk mendapatkan untung.

Jangan sepelekan persaingan dan selalu pantau rival Anda ketika menaikkan atau menurunkan harga atau kualitas produk. Contoh saja untuk bisnis di musim anak masuk sekolah, yakni baju seragam sekolah, sepatu, tas sekolah, buku dan lainnya. Pasti tidak hanya Anda yang berjualan, banyak penjual lain yang bahkan berani memberikan diskon dan promosi besar-besaran.

Tapi tidak perlu khawatir karena jika Anda mengerti karakter produk dan market yang sedang dijalani tentu sangat mudah untuk dikuasai. Misalnya karakter konsumen dari kalangan menengah ke bawah bisa dilakukan diferensiasi promo harga turun. Tapi jika dari kalangan menengah ke atas, berikan tawaran kualitas yang lebih baik dari yang lain.

4. Buatlah Riset Pasar Kecil untuk menentukan Jenis Produk apa yang paling menguntungkan
Semua musim bisa dimanfaatkan untuk mengambil keuntungan dengan bisnis yang hanya bisa dilakukan pada saat itu saja. Tapi Anda harus jeli, karena tidak semua jenis produk yang dipasarkan akan menguntungkan optimal. Contohnya di musim ramadhan ada banyak sekali peluang seperti berjualan baju, kue lebaran hingga mainan untuk anak kecil. Begitu juga ketika musim buah datang, Anda bisa menjual berbagai buah yang sudah diolah dengan harga yang terjangkau dan dipasarkan di kota lain.

Tapi ingat, yang perlu dilakukan adalah riset pasar meskipun kecil. Pilihlah jenis produk yang paling menguntungkan dan paling mungkin untuk Anda jalankan. Lihat potensi keuntungan yang

bisa Anda peroleh dan gunakan logika untuk memperhitungkan segala kemungkinan yang bisa terjadi.

5. Lakukan Pelayanan Maksimal
Layanan kepada pembeli tidak boleh diabaikan, meskipun produk sangat bagus, stok mencukupi, pemasaran bagus tapi jika pelayanan tidak maksimal bisa jadi pelanggan akan lari ke tempat lain. Mereka mungkin merasa tidak nyaman ketika berdiskusi dengan Anda saat akan beli barang atau semacamnya.

Jika perlu buatlah SOP (Standard Operational Procedure) untuk menentukan apa yang harus dilakukan pegawai Anda saat melayani pelanggan. Belajarlah copywriting agar bisa membuat pembeli klosing meskipun awalnya hanya ingin bertanya-tanya saja. Teknik ini sangat membantu mempermudah Anda agar cepat mendapatkan pelanggan yang setia.

Perlu dipahami bahwa tidak ada bisnis yang sempurna, termasuk bisnis musiman. Tentu ada kekurangan dan kelebihannya sendiri. Kekurangannya adalah sebagian besar tidak bisa bertahan lama dan hanya berjalan ketika musim itu sedang berlangsung saja, sedangkan keuntungannya adalah Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dari bisnis konvensional lain.

Jadi jika Anda menargetkan keuntungan yang besar di waktu yang relatif singkat, Bisnis Musiman adalah pilihan yang tepat. Sembari mengisi waktu luang atau mengumpulkan modal yang lebih besar untuk membangun bisnis yang lebih besar. Mengapa-bisnis-rapuh-tanpa-manajemen


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

Privacy Policy

Kebijakan Privasi SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA Di SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA, dapat diakses dari https://otobemoberodatiga.blogspot.com, salah satu prioritas utama kami adalah privasi pengunjung kami. Dokumen Kebijakan Privasi ini berisi jenis informasi yang dikumpulkan dan dicatat oleh SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA dan bagaimana kami menggunakannya. Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan atau memerlukan informasi lebih lanjut tentang Kebijakan Privasi kami, jangan ragu untuk menghubungi kami. File Log SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA mengikuti prosedur standar menggunakan file log. File-file ini mencatat pengunjung ketika mereka mengunjungi situs web. Semua perusahaan hosting melakukan ini dan merupakan bagian dari analisis layanan hosting. Informasi yang dikumpulkan oleh file log termasuk alamat protokol internet (IP), jenis browser, Penyedia Layanan Internet (ISP), cap tanggal dan waktu, halaman rujukan/keluar, dan mungkin jumlah klik. Ini tidak terkait dengan infor...

SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA

KATA PENGANTAR  Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat membuat blog/site tentang apa saja yang menarik bagi penggemar membaca dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak, Ibu, Saudara (i) selaku pelanggan Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga yang telah memberikan masukan kepada saya. Tak lupa juga ucapan terima kasih kepada teman - teman blogger telah ikut turut serta membantu dalam proses pemblo gingan ini. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam dunia bloging ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan blog/site yang telah saya buat untuk di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun. Semoga blog/site sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Secara struktur, sistematis dan masif blog/site ya...

KRITIK KONSTRUKTIF JADIKAN MANFAAT

Mengkritik bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan, banyak orang yang memiliki kebiasaan suka mengkritik. Sebagai contoh, kritik tentang situasi nasional acap kali dilontarkan oleh rakyat jelata atau   masyarakat yang berada di luar lingkaran kekuasaan. Aktivitas melontarkan kritik lebih mudah dilakukan dari pada memberi masukkan dan membuat program aplikatif. Setiap orang tentu akan mendapatkan kritik dari orang lain. Apabila tanggung jawab yang diberikan atasan tidak selesai atau hasilnya di luar harapan, atasan akan serta-merta mengkritik hasil pekerjaan bawahan. Atasan tidak pernah peduli terhadap apa yang telah dilakukan bawahan dalam mengerjakan tanggung jawab tersebut. Atasan hanya menuntut dua hal, yaitu pekerjaan selesai dan hasilnya baik. Begitulah gambaran dunia kerja yang menuntut profesionalisme tinggi. Bagi anda yang menghendaki menjadi orang nomor satu dan terbaik dilingkungan pekerjaan, ada baiknya menerima kritik dari atasan atau kolega dengan hati lapang. ...

IMAM AL GHAZALI FILSUFBESAR DAN SUFI BRILIAN BERILMU TINGGI

Imam Ghazali, Filsuf Besar dan Sufi Brilian Berilmu Tinggi (Bagian Pertama) Ia pembaharu tasawuf dan filsafat dalam Islam. Gagasan dan karya-karya Hujatul Islam ini, menjadi rujukan sampai sekarang. Dalam rak-rak di sebuah toko buku, tampak berjejer buku-buku tentang sufi. Tetapi ada hal yang mencolok. Buku-buku karya Al-Ghazali begitu dominan. Hampir dua puluh buku karya ulama besar ini banyak diminati calon pembeli. Karya Imam Al-Ghazali memang menarik. Tulisannya tidak hanya memikat, tetapi juga selalu aktual sepanjang zaman. Tidak salah jika gagasan dan pikirannya tentang Tasawuf banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Imam Ghazali adalah ulama yang mampu mendiskripsikan tasawuf, syari’at dan Akhlak dengan jelas dan argumentatif. Nama lengkapnya adalah Abu Hamid ibnu Muhammad ibnu Ahmad, lahir di Khurasan, Iran, pada tahun 450 H atau 1058 M. Karya masterpiece-nya Ihya Ulumuddin yang empat jilid itu menjadi bacaan wajib bagi orang-orang yang ingin belajar tasawu...

BIOGRAFI dr TERAWAN AGUS PUTRANTO : KABINET INDONESIA MAJU JABATAN MENTERI KESEHATAN

Biografi dr. Terawan Agus Putranto. Ia sangat terkenal sebagai dokter dengan metode ‘Cuci Otak’ untuk pasien stroke. Ia sudah melayani pasien hingga puluhan ribu melalui metodenya ini. Namun metodenya ini dianggap kontroversi oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia) sehingga membuat ia pernah dipecat dari IDI. dr. Terawan diketahui memiliki langganan pasien pejabat serta para artis terkenal. Sebelum ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan, dr. Terawan menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. Berikut profil dan biografi dr. Terawan Agus Putranto yang dikenal ahli dalam metode ‘Cuci Otak’ Daftar Isi Biodata dr. Terawan Agus Putranto Nama : Letjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) Lahir : Yogyakarta, 5 Agustus 1964 Agama : Kristen Protestan Istri : Ester Dahlia Anak : Abraham Apriliawan Pendidikan : (S1) Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada, (S2) Spesialis Radiologi. Universitas Airlangga, (S3), Fakultas Kedokteran, Un...