MENJAWAB QUESIONER BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK) KALBAR MENJAWAB QUESIONER BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK) KALBAR - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

MENJAWAB QUESIONER BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK) KALBAR

Mohon setiap pertanyaan dijawab secara komprehensif atau rinci

1. Kehilangan air di PERUMDAM terdiri dari apa saja dan jelaskan secara lengkap macam dan sebab hilangnya air tersebut.

Kehilangan air atau air tak berekening di PERUMDAM berdasarkan penyebabnya terdiri dari :

(1) Konsumsi Resmi Tak Berekening yaitu penggunaan air yang diketahui/diizinkan oleh PERUMDAM tetapi tidak dipasang meter dan tidak (bisa) ditagih, seperti :
  • Flushing Pipa Distribusi
  • Pengurasan Pipa Swadaya
  • Perbaikan Kebocoran Pipa
  • Pengurasan reservoir
  • Interkoneksi Jaringan Pipa
  • Pemasangan sambungan baru
(2) Kehilangan Air Non Fisik, penyebabnya antara lain :
  • Konsumsi tak resmi seperti : sambungan liar dan pencurian air;
  • Ketidakakuratan meter air pelanggan. Faktor penyebab meter tidak akurat : usia meter meter terpasang, kesalahan pemasangan, kesalahan pemilihan kelas & jenis meter.
  • Kesalahan pembacaan dan penanganan data, meliputi : pembacaan meter yang curang atau tidak dibaca oleh pembaca meter; kesalahan baca meter atau pencatatan; perkiraam konsumsi yang terlalu rendah pada pelanggan yang berekening tetapi tak bermeter; kesalahan penanganan data (pemindahan data dari catatan kertas ke computer, dll.)
(3) Kehilangan Air Fisik terjadi pada sistim distribusi, seperti :
  • Kebocoran pada pipa distribusi dan transmisi;
  • Kebocoran di pipa dinas hingga ke meter pelanggan;
  • Kebocoran dan luapan pada tangki reservoir.
2. Jelaskan secara rinci bagaimana PERUMDAM menghitung tingkat kehilangan air? Mulai dari produksi hingga distribusi ke pelanggan.
  • Kehilangan Air Produksi. Kehilangan Air Produksi adalah selisih antara jumlah air baku yang diolah ke dalam instalasi pengolahan air dan jumlah air bersih yang didistribusikan kedalam jaringan perpipaan.

Kehilangan Air Produksi = Jumlah Air yang diolah - Jumlah Air yang didistribusikan

  • Tingkat Kehilangan Air Produksi adalah persentase perbandingan antara kehilangan air produksi dan jumlah air yang dipasok ke dalam jaringan perpipaan air.

                                                       Kehilangan Air Produksi   

Tingkat Kehilangan Air Produksi = ---------------------- x 100%

                                                       Jumlah Air yang Dipasok
  • Jumlah Air yang diolah diperoleh dari pembacaan meter induk yang terpasang pada jaringan transmisi air baku dan Jumlah Air yang didistribusikan diperoleh dari pembacaan meter induk yang terpasang pada jaringan distribusi utama, dalam jangka waktu yang sama.
  • Kehilangan Air Distribusi. Kehilangan Air Distribusi adalah selisih antara jumlah air yang didistribusikan kedalam jaringan perpipaan dan jumlah air yang dikonsumsi dan menjadi rekening air.

Kehilangan Air Distribusi = Jumlah Air yang didistribusikan - Jumlah Air yang dikonsumsi

  • Tingkat Kehilangan Air Distribusi adalah persentase perbandingan antara kehilangan air distribusi dan jumlah air yang didistribusikan ke dalam jaringan perpipaan.

                    Kehilangan Air Distribusi                                      

Tingkat Kehilangan Air  =  -------------------------------------------- x 100%

                            Jumlah Air yang didistribusikan                                           

  • Jumlah Air yang didistribusikan diperoleh dari pembacaan meter induk yang terpasang pada jaringan distribusi utama dan Jumlah Air yang dikomsumsi diperoleh dari total pembacaan meter air di pelanggan air minum, dalam jangka waktu yang sama.
3. Apakah PERUMDAM telah memenuhi standar tingkat kehilangan air ? Jika belum kendala apa yang dihadapi?

Tingkat kehilangan air PERUMDAM pada akhir tahun 2018 sebesar 28,25% jika dibandingkan dengan target kehilangan air nasional rata-rata sebesar 20% maka tingkat kehilangan air PERUMDAM  belum memenuhi target rata-rata nasional.

Kendala yang dihadapi PERUMDAM antara lain :
  1. Banyaknya usia jaringan perpipaan yang sudah tua menyebabkan sering terjadinya kebocoran pipa sehingga perlu dilakukan rehabilitasi jaringan pipa dan memerlukan biaya inestasi yang cukup besar. 
  2. Posisi jaringan pipa yang terletak di jalan akibat pelebaran badan jalan juga sering terjadi kebocoran karena beban kendaraan berat dan perbaikannya memerlukan waktu yang lebih lama.
  3. Masihnya banyaknya pelanggaran dan pencurian air baik oleh pelanggan dan non-pelanggan walaupun telah dilakukan sanksi dan denda tetapi masih belum jera.
  4. Kesulitan dalam mendeteksi ilegal conection, sementara ini hanya menindaklanjuti laporan dari warga dan temuan di lapangan.
4. Upaya apa yang dilakukan PERUMDAM selama ini dalam mengendalikan dan mengatasi kendala tersebut (nomor sebelumnya)?

Upaya yang dilakukan antara lain :
  1. Melakukan rehabilitasi jaringan pipa secara bertahap dan melakukan percepatan perbaikan kebocoran apabila terjadi bocor. 
  2. Melakukan penertiban terhadap pelanggaran dan pencurian air baik oleh pelanggan dan non-pelanggan dan pemberian sanksi denda.
  3. Pemberian reward bagi pelapor adanya ilegal conection.
  4. Membangun komitmen di dalam PERUMDAM sendiri mulai dari Top Manajemen sampai staf pelaksana dengan pembentukan Tim Penurunan Kehilangan Air.  
5. Apakah Bagian Pengendalian Kehilangan Air telah menyusun laporan perhitungan tingkat kehilangan air kepada Direksi? Jika sudah terdiri dari apa saja laporan tersebut? Jelaskan secara rinci per bagian isi laporan.

Bagian Pengendalian Kehilangan Air telah menyusun laporan perhitungan tingkat kehilangan air kepada Direksi. Laporan perhitungan tingkat kehilangan air disusun setiap bulan yang terdiri dari :
  • Wilayah Kota Pontianak keseluruhan
  • Wilayah Kecamatan Pontianak Barat, Kota, Selatan & Tenggara
  • Wilayah Kecamatan Pontianak Timur
  • Wilayah Kecamatan Pontianak Utara
Perhitungan tingkat kehilangan air terbagi atas 3 wilayah dengan pertimbangan disesuaikan kondisi lokasi IPA dan suplai air yang diterima, yaitu :
  1. Wilayah Pontianak Pontianak Barat, Kota, Selatan & Tenggara di suplai dari IPA Imam Bonjol dan IPA SJL,
  2. Wilayah Pontianak Timur disuplai dari IPA Parit Mayor; dan 
  3. Wilayah Pontianak Utara disuplai dari IPA Selat Panjang.
Laporan perhitungan tingkat kehilangan air yang disusun setiap bulan pada masing-masing wilayah menggambarkan :
  • tingkat kehilangan air secara bulanan dan komulatif
  • tingkat kehilangan air berdasarkan target RKAP 2021 dan realisasi
6. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pengendalian kehilangan air? Jika sudah jelaskan apa saja yang telah dilakukan dan lampirkan laporan monitoring dan evaluasinya.

Monitoring dan evaluasi terhadap pengendalian kehilangan air telah dilakukan, di Bagian Air Tak Berekening khususnya telah menyusun laporan tingkat kehilangan air setiap bulan dan melakukan upaya penurunan kehilangan air Non-Teknis. Baca Juga : Cara-membuat-efek-bergoyang-pada-gambar

Upaya penurunan kehilangan air Non-Teknis dilakukan dengan menyusun dan mengevaluasi :
  • Rencana dan Realisasi Penjualan Air Berekening
  • Rencana dan Realisasi Penggantian Meter Berkala
  • Rencana dan Realisasi Penggantian Meter macet
  • Rencana dan Realisasi Penertiban Eks Pelanggan 


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

Privacy Policy

Kebijakan Privasi SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA Di SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA, dapat diakses dari https://otobemoberodatiga.blogspot.com, salah satu prioritas utama kami adalah privasi pengunjung kami. Dokumen Kebijakan Privasi ini berisi jenis informasi yang dikumpulkan dan dicatat oleh SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA dan bagaimana kami menggunakannya. Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan atau memerlukan informasi lebih lanjut tentang Kebijakan Privasi kami, jangan ragu untuk menghubungi kami. File Log SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA mengikuti prosedur standar menggunakan file log. File-file ini mencatat pengunjung ketika mereka mengunjungi situs web. Semua perusahaan hosting melakukan ini dan merupakan bagian dari analisis layanan hosting. Informasi yang dikumpulkan oleh file log termasuk alamat protokol internet (IP), jenis browser, Penyedia Layanan Internet (ISP), cap tanggal dan waktu, halaman rujukan/keluar, dan mungkin jumlah klik. Ini tidak terkait dengan infor...

SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA

KATA PENGANTAR  Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat membuat blog/site tentang apa saja yang menarik bagi penggemar membaca dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak, Ibu, Saudara (i) selaku pelanggan Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga yang telah memberikan masukan kepada saya. Tak lupa juga ucapan terima kasih kepada teman - teman blogger telah ikut turut serta membantu dalam proses pemblo gingan ini. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam dunia bloging ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan blog/site yang telah saya buat untuk di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun. Semoga blog/site sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Secara struktur, sistematis dan masif blog/site ya...

KRITIK KONSTRUKTIF JADIKAN MANFAAT

Mengkritik bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan, banyak orang yang memiliki kebiasaan suka mengkritik. Sebagai contoh, kritik tentang situasi nasional acap kali dilontarkan oleh rakyat jelata atau   masyarakat yang berada di luar lingkaran kekuasaan. Aktivitas melontarkan kritik lebih mudah dilakukan dari pada memberi masukkan dan membuat program aplikatif. Setiap orang tentu akan mendapatkan kritik dari orang lain. Apabila tanggung jawab yang diberikan atasan tidak selesai atau hasilnya di luar harapan, atasan akan serta-merta mengkritik hasil pekerjaan bawahan. Atasan tidak pernah peduli terhadap apa yang telah dilakukan bawahan dalam mengerjakan tanggung jawab tersebut. Atasan hanya menuntut dua hal, yaitu pekerjaan selesai dan hasilnya baik. Begitulah gambaran dunia kerja yang menuntut profesionalisme tinggi. Bagi anda yang menghendaki menjadi orang nomor satu dan terbaik dilingkungan pekerjaan, ada baiknya menerima kritik dari atasan atau kolega dengan hati lapang. ...

IMAM AL GHAZALI FILSUFBESAR DAN SUFI BRILIAN BERILMU TINGGI

Imam Ghazali, Filsuf Besar dan Sufi Brilian Berilmu Tinggi (Bagian Pertama) Ia pembaharu tasawuf dan filsafat dalam Islam. Gagasan dan karya-karya Hujatul Islam ini, menjadi rujukan sampai sekarang. Dalam rak-rak di sebuah toko buku, tampak berjejer buku-buku tentang sufi. Tetapi ada hal yang mencolok. Buku-buku karya Al-Ghazali begitu dominan. Hampir dua puluh buku karya ulama besar ini banyak diminati calon pembeli. Karya Imam Al-Ghazali memang menarik. Tulisannya tidak hanya memikat, tetapi juga selalu aktual sepanjang zaman. Tidak salah jika gagasan dan pikirannya tentang Tasawuf banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Imam Ghazali adalah ulama yang mampu mendiskripsikan tasawuf, syari’at dan Akhlak dengan jelas dan argumentatif. Nama lengkapnya adalah Abu Hamid ibnu Muhammad ibnu Ahmad, lahir di Khurasan, Iran, pada tahun 450 H atau 1058 M. Karya masterpiece-nya Ihya Ulumuddin yang empat jilid itu menjadi bacaan wajib bagi orang-orang yang ingin belajar tasawu...

BIOGRAFI dr TERAWAN AGUS PUTRANTO : KABINET INDONESIA MAJU JABATAN MENTERI KESEHATAN

Biografi dr. Terawan Agus Putranto. Ia sangat terkenal sebagai dokter dengan metode ‘Cuci Otak’ untuk pasien stroke. Ia sudah melayani pasien hingga puluhan ribu melalui metodenya ini. Namun metodenya ini dianggap kontroversi oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia) sehingga membuat ia pernah dipecat dari IDI. dr. Terawan diketahui memiliki langganan pasien pejabat serta para artis terkenal. Sebelum ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan, dr. Terawan menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. Berikut profil dan biografi dr. Terawan Agus Putranto yang dikenal ahli dalam metode ‘Cuci Otak’ Daftar Isi Biodata dr. Terawan Agus Putranto Nama : Letjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) Lahir : Yogyakarta, 5 Agustus 1964 Agama : Kristen Protestan Istri : Ester Dahlia Anak : Abraham Apriliawan Pendidikan : (S1) Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada, (S2) Spesialis Radiologi. Universitas Airlangga, (S3), Fakultas Kedokteran, Un...