FUNGSI SALES PROMOTION UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN FUNGSI SALES PROMOTION UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

FUNGSI SALES PROMOTION UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Pernahkah Anda mendengar apa itu promosi penjualan? Promosi penjualan atau biasa disebut sales promotion merupakan program penawaran yang dirancang untuk menumbuhkan daya tarik konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Kegiatan atau program ini berlangsung sementara, karena seperti tujuan awalnya yaitu memikat hati konsumen, sehingga biasanya hanya dilakukan pada awal pengenalan produk.

Pada proses sales promotion ini diperlukan peralatan yang memadai. Alat- alat yang dimaksudkan dapat berupa contoh produk (sample), voucher, jaminan uang kembali, undian, dan masih banyak lagi. Melihat perlunya alat-alat tersebut, tidak jarang kegiatan ini akan menghabiskan banyak biaya. Banyak biaya yg dikeluarkan tersebut tidak akan terasa setelah tahu dengan adanya kegiatan ini akan mampu menumbuhkan ketertarikan orang terhadap produk yang ditawarkan.

woolrich-successful-promotion-email-designSeorang yang memiliki tugas untuk melakukan promosi penjualan seharusnya memiliki sifat komunikatif. Sifat ini dimaksudkan untuk menarik perhatian konsumen dan memberikan penjelasan atau pengetahuan mengenai produk, sehingga konsumen mengerti jenis produk yang ditawarkan ini. Pada saat melakukan promosi penjualan ini harus mampu mengajak konsumen untuk ikut bergabung atau membeli produk pada saat itu juga. Proses kegiatan ini harus mampu memberikan kesan menarik di hati konsumen, sehingga menimbulkan rasa keinginan konsumen untuk ikut begabung.

Selain bersikap komunikatif, seorang yang melakukan promosi juga harus percaya diri. Sikap ini harus ditunjukkan agar tidak terlihat ragu-ragu dalam menawarkan produk. Melalui sikap percaya diri dalam menawarkan dan memberikan informasi mengenai produk ini diharapkan mampu membuat konsumen percaya terhadap manfaat produk. Selanjutnya timbul keinginan konsumen untuk membeli produk tersebut.

salesTujuan dilakukannya sales promotion adalah untuk mendorong keinginan pelanggan melakukan pembelian dalam jangka pendek. Maksud dari kalimat jangka pendek ini adalah konsumen memiliki keinginan membeli pada waktu itu juga, atau melakukan pembelian dalam waktu terdekat setelah diadakannya promosi tersebut. Meskipun pembelian dilakukan dalam jangka pendek, namun diharapkan dapat menciptakan hubungan pelanggan dalam jangka panjang.

Sebelum melakukan promosi, sebaiknya dirancang terlebih dahulu program apa saja yang akan digunakan. Perencanaan program ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan program ini antara lain, menetapkan jumlah insentif yang diberikan. Besarnya insentif sebaiknya diberikan batas minimal, ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerugian.

Selain itu perlu ditetapkan syarat-syarat pemberian insentif, hal ini dilakukan agar tidak sembarang konsumen yang memperoleh insentif. Hal lain yang harus diperhatikan adalah cara promosi dan distribusi. Pemilihan cara promosi dan distribusi harus lah tepat, agar tidak mengewakan konsumen. Waktu promosi dan distribusi juga harus diperhatikan, karena biasanya konsumen akan sangat kecewa jika pendistribusian sangat lambat, sehingga membuat konsumen menunggu lama.

Sistem KeuanganAnggaran dana untuk promosi juga harus sangat diperhatikan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerugian perusahaan. Penetapan anggaran dana promosi dilakukan secara matang, jauh sebelum dilakukannya promosi. Penetapan anggaran ini sangat penting adanya. Hal ini dilakukan untuk mencegah jangan sampai dana yang dikeluarkan untuk promosi melebihi kapasitas dari hasil yang diperoleh nantinya, sehingga berakibat timbulnya kerugian.

Kegiatan promosi penjualan ini penting untuk dilakukan, karena sesuai dengan tujuannya, yaitu menumbuhkan daya tarik konsumen terhadap produk. Oleh karena itu dalam hal ini akan memunculkan pendapat bahwa fungsi kegiatan promosi ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk. Ketertarikan konsumen terhadap produk akan diikuti oleh daya beli konsumen. Sehingga pada akhirnya akan memunculkan terjadinya peningkatan penjualan produk.

Setelah melihat uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sales promotion adalah proses promosi atau penawaran produk kepada konsumen yang dirancang untuk memikat hati konsumen, sehingga mampu menimbulkan keinginian pembelian dalam jangka pendek. Pembelian jangka pendek ini kemudian diikuti dengan meningkatnya jumlah pelanggan dalam jangka panjang. Bagian-terpenting-tentang-sales


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

BIOGRAFI HANIF DHAKIRI : KABINET INDONESIA KERJA JABATAN MENTERI KETENAGAKERJAAN

Biografi Hanif Dhakiri. Saat ini ia dikenal sebagai seorang tokoh politikus Indonesia. Ia pernah menjadi anggota DPR menjadi Menteri Ketenagakerjaan serta Menteri Olahraga pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut biografi Hanif Dhakiri beserta profil dan biodata lengkapnya. Biografi Hanif Dhakiri Daftar Isi Biodata Hanif Dhakiri Nama Lengkap : Muhammad Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si. Lahir : Semarang, 6 Juni 1972 Orang Tua : H Zuhri Maksum (ayah), Hj. Siti Hafsoh (ibu) Istri : Marifah Hanif Dhakir Anak : Nabila Setia Izzati, Neilan Setia Izzata, Nameera Setia Izzati Agama : Islam Pekerjaan : Politikus, Menteri Ketenagakerjaan, Plt. Menteri Olahraga Biografi Hanif Dhakiri Hanif Dhakiri dilahirkan di Semarang pada tanggal 6 Juni 1972. Ayahnya bernama H Zuhri Maksum dan ibunya bernama Hj. Siti Hafsoh. Keluarga Hanif Dhakiri bisa dibilang pas-pasan. Ayah Hanif bekerja sebagai guru agama islam yang mengajar sekolah dasar. Dan ibunya diketahu...

DIATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT

“Di atas langit masih ada langit” merupakan ungkapan yang sering digunakan untuk mengingatkan kita agar tidak berlaku sombong atas apa yang kita miliki, baik itu kekayaan, kecantikan, ketampanan, dan kepintaran. Hal-hal yang bersifat duniawi memang seringkali menjadi sebab seseoang untuk berlaku sombong. Padahal kita tidak berhak berlaku sombong, karena sesungguhnya apa yang kita miliki  hanyalah titipan dari Allah yang seharusnya kita jaga sebaik-baiknya. Kita tidak pernah tahu sampai kapan semua yang kita miliki akan menjadi milik kita, sehingga kita tidak boleh menyombongkannya. Orang-orang kaya bisa bangkrut dan menjadi miskin, orang yang  cantik dan tampan akan bertambah tua, lalu apa yang hendak kita sombongkan?   Penyebab sifat sombong yang ada dalam diri kita adalah karena kita seringkali merasa lebih baik dari orang lain, kita selalu merawa t bahwa kedudukan kita lebih tinggi, kita pun seringkali merasa lebih cantik dari orang lain. Hal-hal semacam inil...

MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS

Mengapa Gosip di Kantor Membunuh Produktivitas? Bermula dari satu hal, satu orang ke orang lainnya lambat laun sebuah infomasi terus bertambah kontennya. Informasi tersebut akhirnya berubah menjadi gosip. Gosip di kantor merupakan hal yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Seringkali hal tersebut justru dimulai dari rasa iri hati, frustrasi, kurang percaya diri, bahkan yang terburuk adalah candaan semata. Itu tentu saja berdampak sangat buruk. Tidak hanya bagi orang yang menjadi bahas pembicaraan, namun juga bagi pembicara. Jika diibaratkan dengan sepasang kayu dan paku. Paku sebagai rumor buruk yang Anda bicarakan dan kayu sebagai orang yang dibicarakan. Anda memukulkan paku tersebut kepada kayu hingga menyakitinya. Bahkan meskipun Anda telah mencabut paku tersebut, lubang tersebut masih saja tersisa. Seperti inilah luka yang diakibatkan oleh rumor buruk yang Anda perbuat terhadap seseorang. Membicarakan hal buruk mengenai sesama kita dapat menyebabkan sakit hati bagi s...

BIOGRAFI MAHFUD MD : KABINET INDONESIA MAJU JABATAN MENKO POLHUKAM

Biografi Mahfud MD. Beliau dikenal sebagai seorang politisi dan juga akademisi di bidang ilmu hukum. Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia dan juga menjabat posisi menteri di era pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur. Kini ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan dimasa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut kami sajikan profil dan biografi Mahfud MD secara singkat berserta Biodata. Daftar Isi Biodata Mahfud MD Biografi Mahfud MDNama : Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U Lahir : Madura, Jawa Timur, 13 Mei 1957 Agama : Islam Orang Tua : Mahmodin (ayah), Suti Khadidjah (ibu) Istri : Zaizatoen Nirhajati Anak : Mohammad Ikhwan Zein, Vina Amalia, dan Royhan Akbar Profesi : Akademisi dan Politisi Biografi Mahfud MD Beliau terlahir dengan nama lengkap Mohammad Mahfud dikenal dengan nama Mahmud MD. dilahirkan pada 13 Mei 1957 di Omben, Sampang Madura. Ia merupakan anak dari pas...

PDAM KOTA PONTIANAK DIKUNJUNGI BAPAK DIRJEN PU CIPTA KARYA

BAPAK DIRJEN PU CIPTA KARYA : BUDI YUWONO (Berdiri Posisi Tengah) Jumat 7 Februari 2009 Kunjungan bapak Dirjen PU Cipta Karya di PDAM Kota Pontianak tidak lain melihat kondisi PDAM Kota Pontianak lebih dekat, sebab kantor PDAM Kota beralamat di Jalan Imam Bonjol No 430 Pontianak, sebelumnya dibangun kantor PDAM dulu kantor PSAB tempat beliau bekerja sebagai pejabat struktur di PSAB tahun delapan puluhan, jadi pak Dirjen mendatangi hanya PDAM hanya reuni dan kata pepatah kuno apabila sudah minum air sungai kapuas maka pasti kembali. Selain itu kunjungan Pak Dirjen tak lepas melihat kesiapan PDAM Kota Pontianak mendapat bantuan Pemerintah Pusat melalui APBN senilai 50 Milyar berupa pipa transmisi air baku. Pak Dirjen PU Cipta Karya ; Budi Yuwono sedikit memberikan arahan kepada Direksi PDAM Kota Pontianak, katanya PDAM Kota Pontianak jangan pandai naik tariff saja yang lebih penting turun NRW atau kehilangan air PDAM baik secara komersial losses maupun fisikal losses dan coba liha...