Pernahkah Anda mendengar apa itu promosi penjualan? Promosi penjualan atau biasa disebut sales promotion merupakan program penawaran yang dirancang untuk menumbuhkan daya tarik konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Kegiatan atau program ini berlangsung sementara, karena seperti tujuan awalnya yaitu memikat hati konsumen, sehingga biasanya hanya dilakukan pada awal pengenalan produk.
Pada proses sales promotion ini diperlukan peralatan yang memadai. Alat- alat yang dimaksudkan dapat berupa contoh produk (sample), voucher, jaminan uang kembali, undian, dan masih banyak lagi. Melihat perlunya alat-alat tersebut, tidak jarang kegiatan ini akan menghabiskan banyak biaya. Banyak biaya yg dikeluarkan tersebut tidak akan terasa setelah tahu dengan adanya kegiatan ini akan mampu menumbuhkan ketertarikan orang terhadap produk yang ditawarkan.
woolrich-successful-promotion-email-designSeorang yang memiliki tugas untuk melakukan promosi penjualan seharusnya memiliki sifat komunikatif. Sifat ini dimaksudkan untuk menarik perhatian konsumen dan memberikan penjelasan atau pengetahuan mengenai produk, sehingga konsumen mengerti jenis produk yang ditawarkan ini. Pada saat melakukan promosi penjualan ini harus mampu mengajak konsumen untuk ikut bergabung atau membeli produk pada saat itu juga. Proses kegiatan ini harus mampu memberikan kesan menarik di hati konsumen, sehingga menimbulkan rasa keinginan konsumen untuk ikut begabung.
Selain bersikap komunikatif, seorang yang melakukan promosi juga harus percaya diri. Sikap ini harus ditunjukkan agar tidak terlihat ragu-ragu dalam menawarkan produk. Melalui sikap percaya diri dalam menawarkan dan memberikan informasi mengenai produk ini diharapkan mampu membuat konsumen percaya terhadap manfaat produk. Selanjutnya timbul keinginan konsumen untuk membeli produk tersebut.
salesTujuan dilakukannya sales promotion adalah untuk mendorong keinginan pelanggan melakukan pembelian dalam jangka pendek. Maksud dari kalimat jangka pendek ini adalah konsumen memiliki keinginan membeli pada waktu itu juga, atau melakukan pembelian dalam waktu terdekat setelah diadakannya promosi tersebut. Meskipun pembelian dilakukan dalam jangka pendek, namun diharapkan dapat menciptakan hubungan pelanggan dalam jangka panjang.
Sebelum melakukan promosi, sebaiknya dirancang terlebih dahulu program apa saja yang akan digunakan. Perencanaan program ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan program ini antara lain, menetapkan jumlah insentif yang diberikan. Besarnya insentif sebaiknya diberikan batas minimal, ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerugian.
Selain itu perlu ditetapkan syarat-syarat pemberian insentif, hal ini dilakukan agar tidak sembarang konsumen yang memperoleh insentif. Hal lain yang harus diperhatikan adalah cara promosi dan distribusi. Pemilihan cara promosi dan distribusi harus lah tepat, agar tidak mengewakan konsumen. Waktu promosi dan distribusi juga harus diperhatikan, karena biasanya konsumen akan sangat kecewa jika pendistribusian sangat lambat, sehingga membuat konsumen menunggu lama.
Sistem KeuanganAnggaran dana untuk promosi juga harus sangat diperhatikan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerugian perusahaan. Penetapan anggaran dana promosi dilakukan secara matang, jauh sebelum dilakukannya promosi. Penetapan anggaran ini sangat penting adanya. Hal ini dilakukan untuk mencegah jangan sampai dana yang dikeluarkan untuk promosi melebihi kapasitas dari hasil yang diperoleh nantinya, sehingga berakibat timbulnya kerugian.
Kegiatan promosi penjualan ini penting untuk dilakukan, karena sesuai dengan tujuannya, yaitu menumbuhkan daya tarik konsumen terhadap produk. Oleh karena itu dalam hal ini akan memunculkan pendapat bahwa fungsi kegiatan promosi ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk. Ketertarikan konsumen terhadap produk akan diikuti oleh daya beli konsumen. Sehingga pada akhirnya akan memunculkan terjadinya peningkatan penjualan produk.
Setelah melihat uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sales promotion adalah proses promosi atau penawaran produk kepada konsumen yang dirancang untuk memikat hati konsumen, sehingga mampu menimbulkan keinginian pembelian dalam jangka pendek. Pembelian jangka pendek ini kemudian diikuti dengan meningkatnya jumlah pelanggan dalam jangka panjang. Bagian-terpenting-tentang-sales
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?
Komentar
Posting Komentar
SILAKAN KOMENTAR SESUAI TOPIK.....