BAGIAN TERPENTING TENTANG SALES BAGIAN TERPENTING TENTANG SALES - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

BAGIAN TERPENTING TENTANG SALES

Bagian Terpenting Tentang Sales adalah Ini
Posisi sales pasti sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga kita. Sales adalah kegiatan menawarkan atau menjual barang kepada konsumen, atau singkatnya sales dapat diartikan sebagai penjualan. Orang yang kegiatannya menjual atau menawarkan barang ini biasa disebut sales person atau tenaga penjualan. Setiap perusahaan biasanya selalu dilengkapi oleh tenaga penjualan atau sales person ini.

Setiap sales person harus mengerti tugas dan fungsinya di dalam perusahaan tersebut. Ini dikarenakan akan sangat mempengaruhi keuntungan perusahaan. Seorang sales harus memiliki strategi khusus untuk pencapaian keberhasilan penjualannya. Bagian terpenting dalam sales adalah cara melakukan pendekatan terhadap konsumen. Hal ini sangat perlu diperhatikan, karena rasa simpatik konsumen merupakan salah satu kunci tercapainya keberhasilan penjualan ini.

its_about_selling (1)Setiap sales person harus mengerti tugas dan fungsinya di dalam perusahaan tersebut. Ini dikarenakan akan sangat mempengaruhi keuntungan perusahaan. Seorang sales harus memiliki strategi khusus untuk pencapaian keberhasilan penjualannya. Bagian terpenting dalam sales adalah cara melakukan pendekatan terhadap konsumen. Hal ini sangat perlu diperhatikan, karena rasa simpatik konsumen merupakan salah satu kunci tercapainya keberhasilan penjualan ini.

Sebelumnya, kita harus mengerti betul konsumen seperti apa yang cocok terhadap produk yang ditawarkan. Selain itu kita juga harus menyiapkan cara atau strategi khusus jika nantinya terjadi penolakan oleh konsumen. Sebagai contoh, apabila konsumen terlihat kurang tertarik atau kurang merespon, sebaiknya kita mampu menjaga emosi agar tidak memperkeruh suasana. Strategi ini perlu diperhatikan, selain agar tidak memperkeruh suasana, juga untuk menjaga nama baik perusahaan.

Hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan sales adalah bagaimana cara kita mempresentasikan produk. Pada saat menyajikan produk ini kita harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan, jelas, serta tidak berbelit-belit. Hal ini dimaksudkan agar konsumen mengerti betul mengenai produk yang ditawarkan. Sehingga konsumen menjadi paham terhadap produk yang ditawarkan. Pada saat presentasi, jangan lupa untuk menjelaskan mengenai manfaat produk, agar konsumen berpikir akan pentingnya produk tersebut untuk dimiliki.

Selanjutnya yang penting untuk diperhatikan adalah pada saat proses menjual. Proses ini merupakan bagian puncak dari kegiatan sales. Pada saat menjual kita dituntut untuk mampu meyakinkan kepada konsumen bahwa produk tersebut sangat perlu untuk dimiliki. Proses menjual sebaiknya tidak memaksa, tetapi lebih ditekankan untuk memberikan kesan mengajak atau memberikan saran.

Sebagai contoh, kita harus mau mendengarkan keluhan konsumen. Selanjutnya kita berikan saran mengenai produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Setelah muncul respon atau antusiasme dari konsumen, kita baru menawarkan produk yang kita miliki tersebut. Hal ini akan lebih membuat konsumen tertarik, karena tidak ada unsur paksaan.

Penutupan pada saat proses sales juga penting untuk diperhatikan. Hal ini akan memberikan kesan tersendiri bagi konsumen, baik konsumen yang menolak atau membeli produk. Pada saat penjualan selesai, kepada konsumen yang menerima atau membeli produk sebaiknya diberikan tanda bukti pembayaran. Hal ini dimaksudkan agar konsumen percaya bahwa proses sales ini bersifat legal.

Sedangkan bagi konsumen yang menolak, kita dapat meminta data dirinya. Data diri ini dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat laporan kepada perusahaan nantinya. Setelah selesai menawarkan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesediaannya meluangkan waktu. Sehingga proses sales tersebut dapat berlangsung.

Tidak hanya sampai di situ, keberhasilan sales juga menjadi bagian terpenting dalam kegiatan penjualan. Berhasil atau tidaknya dapat dilihat dengan cara bagaimana proses pelayanan kepada konsumen setelah penjualan selesai. Pelayanan ini dapat berupa ucapan terima kasih, menanyakan tentang penggunaan produk, apakah ada keluhan terhadap produk.

Jika melihat penjelasan di atas, pasti akan membuat orang berpikir betapa ribetnya menjadi sales person, karena begitu banyak hal yang harus diperhatikan. Tetapi hal ini jangan membuat Anda takut untuk mencoba menjadi sales person, karena semua hal itu bisa dipelajari. Begitu kompleksnya kegiatan sales ini, menjadikan sales adalah bagian terpenting dari suatu perusahaan. Berhasil atau tidaknya proses sales akan sangat mempengaruhi keuntungan perusahaan. Terlebih lagi pada perusahaan yang memang didirikan dengan tujuan menjual produk. Empat-hal-sebenarnya-yang-diinginkan


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

Privacy Policy

Kebijakan Privasi SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA Di SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA, dapat diakses dari https://otobemoberodatiga.blogspot.com, salah satu prioritas utama kami adalah privasi pengunjung kami. Dokumen Kebijakan Privasi ini berisi jenis informasi yang dikumpulkan dan dicatat oleh SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA dan bagaimana kami menggunakannya. Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan atau memerlukan informasi lebih lanjut tentang Kebijakan Privasi kami, jangan ragu untuk menghubungi kami. File Log SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA mengikuti prosedur standar menggunakan file log. File-file ini mencatat pengunjung ketika mereka mengunjungi situs web. Semua perusahaan hosting melakukan ini dan merupakan bagian dari analisis layanan hosting. Informasi yang dikumpulkan oleh file log termasuk alamat protokol internet (IP), jenis browser, Penyedia Layanan Internet (ISP), cap tanggal dan waktu, halaman rujukan/keluar, dan mungkin jumlah klik. Ini tidak terkait dengan infor...

SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA

KATA PENGANTAR  Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat membuat blog/site tentang apa saja yang menarik bagi penggemar membaca dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak, Ibu, Saudara (i) selaku pelanggan Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga yang telah memberikan masukan kepada saya. Tak lupa juga ucapan terima kasih kepada teman - teman blogger telah ikut turut serta membantu dalam proses pemblo gingan ini. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam dunia bloging ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan blog/site yang telah saya buat untuk di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun. Semoga blog/site sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Secara struktur, sistematis dan masif blog/site ya...

KRITIK KONSTRUKTIF JADIKAN MANFAAT

Mengkritik bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan, banyak orang yang memiliki kebiasaan suka mengkritik. Sebagai contoh, kritik tentang situasi nasional acap kali dilontarkan oleh rakyat jelata atau   masyarakat yang berada di luar lingkaran kekuasaan. Aktivitas melontarkan kritik lebih mudah dilakukan dari pada memberi masukkan dan membuat program aplikatif. Setiap orang tentu akan mendapatkan kritik dari orang lain. Apabila tanggung jawab yang diberikan atasan tidak selesai atau hasilnya di luar harapan, atasan akan serta-merta mengkritik hasil pekerjaan bawahan. Atasan tidak pernah peduli terhadap apa yang telah dilakukan bawahan dalam mengerjakan tanggung jawab tersebut. Atasan hanya menuntut dua hal, yaitu pekerjaan selesai dan hasilnya baik. Begitulah gambaran dunia kerja yang menuntut profesionalisme tinggi. Bagi anda yang menghendaki menjadi orang nomor satu dan terbaik dilingkungan pekerjaan, ada baiknya menerima kritik dari atasan atau kolega dengan hati lapang. ...

IMAM AL GHAZALI FILSUFBESAR DAN SUFI BRILIAN BERILMU TINGGI

Imam Ghazali, Filsuf Besar dan Sufi Brilian Berilmu Tinggi (Bagian Pertama) Ia pembaharu tasawuf dan filsafat dalam Islam. Gagasan dan karya-karya Hujatul Islam ini, menjadi rujukan sampai sekarang. Dalam rak-rak di sebuah toko buku, tampak berjejer buku-buku tentang sufi. Tetapi ada hal yang mencolok. Buku-buku karya Al-Ghazali begitu dominan. Hampir dua puluh buku karya ulama besar ini banyak diminati calon pembeli. Karya Imam Al-Ghazali memang menarik. Tulisannya tidak hanya memikat, tetapi juga selalu aktual sepanjang zaman. Tidak salah jika gagasan dan pikirannya tentang Tasawuf banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Imam Ghazali adalah ulama yang mampu mendiskripsikan tasawuf, syari’at dan Akhlak dengan jelas dan argumentatif. Nama lengkapnya adalah Abu Hamid ibnu Muhammad ibnu Ahmad, lahir di Khurasan, Iran, pada tahun 450 H atau 1058 M. Karya masterpiece-nya Ihya Ulumuddin yang empat jilid itu menjadi bacaan wajib bagi orang-orang yang ingin belajar tasawu...

BIOGRAFI dr TERAWAN AGUS PUTRANTO : KABINET INDONESIA MAJU JABATAN MENTERI KESEHATAN

Biografi dr. Terawan Agus Putranto. Ia sangat terkenal sebagai dokter dengan metode ‘Cuci Otak’ untuk pasien stroke. Ia sudah melayani pasien hingga puluhan ribu melalui metodenya ini. Namun metodenya ini dianggap kontroversi oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia) sehingga membuat ia pernah dipecat dari IDI. dr. Terawan diketahui memiliki langganan pasien pejabat serta para artis terkenal. Sebelum ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan, dr. Terawan menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. Berikut profil dan biografi dr. Terawan Agus Putranto yang dikenal ahli dalam metode ‘Cuci Otak’ Daftar Isi Biodata dr. Terawan Agus Putranto Nama : Letjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) Lahir : Yogyakarta, 5 Agustus 1964 Agama : Kristen Protestan Istri : Ester Dahlia Anak : Abraham Apriliawan Pendidikan : (S1) Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada, (S2) Spesialis Radiologi. Universitas Airlangga, (S3), Fakultas Kedokteran, Un...