CARA BERNEGOSIASI DAN MEYAKINKAN ORANG LAIN CARA BERNEGOSIASI DAN MEYAKINKAN ORANG LAIN - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

CARA BERNEGOSIASI DAN MEYAKINKAN ORANG LAIN

Pandai Bernegoisasi dan Meyakinkan Orang Lain
Untuk membuka peluang memperluas dan memelihara jaringan, anda perlu meningkatkan kapasitas diri dalam bernegosiasi. Dalam hal ini, negosiasi tidak hanya dijadikan alat politik bagi para politikus, tetapi dapat di lakukan oleh siapa saja untuk kepentingan komunikator (pembicara) dan komunikan (pihak pihak yang di ajak bicara). 

Negosiasi perlu juga dilakukan oleh anda yang ingin menjadi nomor satu di lingkungan pekerjaan. Ada pertanyaan yang cukup mengelitik. Apakah negosiasi sama dengan menjilat? Jawabannya tentu saja tidak. Perlu dilakukan bahwa negosiasi ialah upaya seseorang melakukan komunikasi interaktif kepada orang lain dengan maksud atau tujuan agar keinginannya dapat mudah tercapai.

Sebagai contoh diperusahaan, anda menekankan kreativitas sebagai tolok ukur karier karyawan mengalami perkembangan atau stagnan. Maka negosiasi merupakan langkah selanjutnya untuk mempermudah karya kreatif anda dipertimbangkan. Dalam persaingan kreativitas dan produktivitas akan muncul konsep, gagasan, program, atau ide dari masing-masing personal yang di anggap benar dan menarik.

Dengan adanya perbedaan kepentingan inilah terjadi negosiasi. Biasanya, orang yang pandai bernegosiasi dan berkomunikasi dapat menyakinkan orang lain. Satu contoh lain adalah pada bidang pemasaran. Di bidang ini, negosiasi merupakan hal yang lumrah. Dalam proses tawar menawar barang, negosiasi kepada pihak pembeli merupakan elemen mendasar terjadinya kesepakatan harga yang saling menguntungkan. 

Kepandaian bernegosiasi dan meyakinkan orang lain terhadap sebuah tawaran merupakan nilai lebih bagi seorang pekerja. Negosiasi ialah kegiatan tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara pihak satu dengan pihak yang lain. Tidak hanya itu, negosiasi juga di perlukan manakala perusahaan terlibat konflik dengan kompotitor lain dan atau masyarakat.

Perbedaan yang sebelumnya mencuat lewat jalan negosiasi dapat mencair karena terjalin komunikasi interaktif. Dalam memelihara dan memperluas networking (jaringan), kemampuan seorang negosiator sangat di perlukan. Menurut beberapa pengertian, networking dapat disandarkan pada beberapa pilihan, yaitu menghindar, terbuka, responsif, asertif, persuatif, serta agresif konfrontatif. 

Adapun untuk melakukan negosiasi diperlukan upaya agar relasi yang di bangun dapat bersifat terbuka dan responsif. Untuk memenangkan negosiasi sekaligus menyakinkan orang lain, hal tersebut dapat dilakukan dengan menempuh beragam cara. Beberapa di antaranya ialah membuat strategi negosiasi yang mengedepankan komunikasi interpersonal secara baik, memahami pesoalan yang akan dinegosiasikan, memiliki informasi dan data yang akurat, mengungkapkan gagasan secara rasional, menyampaikan penjelasan dengan kalimat menarik, menggunakan bahasa efektif dan santun, bersikap sabar dan terbuka,dan sebagainya. 

Berkaitan dengan kontrak, buat pihak lawan berkomitmen dengan membicarakan tawaran kontrak terlebih dahulu sebelum memutuskan kesepakatan dan membubuhkan tanda tangan.
Negosiasi merupakan keahlian yang wajib dimiliki setiap orang. Apalagi jika Anda merupakan orang yang bergerak di bidang sales dan marketing. Walaupun tidak bergerak di bidang itu, sebenarnya kemampuan bernegosiasi wajib dimiliki oleh setiap orang. Psikologi, optimis, relationship, diplomasi, dan mendengar, itu semua adalah yang terkandung dalam kata 'Negosiasi'. Semuanya itu akan dikaitkan dengan profesionalisme dalam bekerja. Apakah kemampuan Anda tersebut dapat memenuhi apa yang Anda inginkan dan sudah cukup menghormati kebutuhan pihak kedua. Berikut merupakan beberapa tips agar negosiasi yang Anda terapkan berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Acuan dalam bernegosiasi
1. Jadilah pendengar yang baik
Gimana bisa bernegosiasi kalau Anda saja tidak tahu apa yang dibutuhkan oleh pihak kedua. Faktanya adalah, jangan menjadi pendengar yang baik, tapi jadilah pendengar yang terbaik. Libatkan diri Anda dengan kemauan orang lain dengan catatan tidak membahayakan posisi Anda sendiri. Semakin Anda tahu tentang sisi lain dari cerita mereka, semakin hebat Anda mencapai tujuan dan mengatasi masalah tersebut.

2. Lakukan Penelitian
Persenjatai diri Anda dengan melakukan penelitian terhadap pihak kedua tersebut. Pelajari tingkah lakunya dan topik negosiasi untuk mengukur bibit, bebet, dan bobot kelemahan dan kekuatan yang dimiliki oleh dua hal tersebut. Anda mungkin akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan deal terbaik sesuai harapan Anda.

 3. Anda Tidak akan mendapatkannya jika tidak meminta
Tawaran pertama merupakan patokan untuk tawaran yang selanjutnya, maka dari itu, jika Anda salah sedikit dengan penawaran yang Anda mau, jangan heran jika Anda tidak puas dengan hasil yang didapat. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda minta, pikirkan terlebih dahulu sebelum Anda menyesal.

 4. Jadilah orang yang diplomatis
Junjung tinggi hal ini. Tetap profesional dengan memperhatikan kebutuhan pihak lain. Sejajarkan negosiasi dengan kebutuhan bersama agar saling untung satu sama lain. Dengan begitu Anda akan mendapatkan respect.

 5. Jangan menyerah
Tidak setiap negosiasi akan berjalan dengan mulus. Jangan kecewa. Percayalah kesempatan kedua itu ada. Tetap percaya diri dan belajar. Walaupun Anda kecewa sampai ingin memecahkan kepala Anda ketembok, bukan berarti Anda harus menyerah. Tetap percaya diri dan jangan patah semangat, belajar dari kesalahan. Itu penting.  LANGKAH MENITI KARIER CEMERLANG ATAU JABATAN YANG TINGGI


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

Privacy Policy

Kebijakan Privasi SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA Di SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA, dapat diakses dari https://otobemoberodatiga.blogspot.com, salah satu prioritas utama kami adalah privasi pengunjung kami. Dokumen Kebijakan Privasi ini berisi jenis informasi yang dikumpulkan dan dicatat oleh SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA dan bagaimana kami menggunakannya. Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan atau memerlukan informasi lebih lanjut tentang Kebijakan Privasi kami, jangan ragu untuk menghubungi kami. File Log SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA mengikuti prosedur standar menggunakan file log. File-file ini mencatat pengunjung ketika mereka mengunjungi situs web. Semua perusahaan hosting melakukan ini dan merupakan bagian dari analisis layanan hosting. Informasi yang dikumpulkan oleh file log termasuk alamat protokol internet (IP), jenis browser, Penyedia Layanan Internet (ISP), cap tanggal dan waktu, halaman rujukan/keluar, dan mungkin jumlah klik. Ini tidak terkait dengan infor...

SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA

KATA PENGANTAR  Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat membuat blog/site tentang apa saja yang menarik bagi penggemar membaca dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak, Ibu, Saudara (i) selaku pelanggan Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga yang telah memberikan masukan kepada saya. Tak lupa juga ucapan terima kasih kepada teman - teman blogger telah ikut turut serta membantu dalam proses pemblo gingan ini. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam dunia bloging ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan blog/site yang telah saya buat untuk di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun. Semoga blog/site sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Secara struktur, sistematis dan masif blog/site ya...

KRITIK KONSTRUKTIF JADIKAN MANFAAT

Mengkritik bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan, banyak orang yang memiliki kebiasaan suka mengkritik. Sebagai contoh, kritik tentang situasi nasional acap kali dilontarkan oleh rakyat jelata atau   masyarakat yang berada di luar lingkaran kekuasaan. Aktivitas melontarkan kritik lebih mudah dilakukan dari pada memberi masukkan dan membuat program aplikatif. Setiap orang tentu akan mendapatkan kritik dari orang lain. Apabila tanggung jawab yang diberikan atasan tidak selesai atau hasilnya di luar harapan, atasan akan serta-merta mengkritik hasil pekerjaan bawahan. Atasan tidak pernah peduli terhadap apa yang telah dilakukan bawahan dalam mengerjakan tanggung jawab tersebut. Atasan hanya menuntut dua hal, yaitu pekerjaan selesai dan hasilnya baik. Begitulah gambaran dunia kerja yang menuntut profesionalisme tinggi. Bagi anda yang menghendaki menjadi orang nomor satu dan terbaik dilingkungan pekerjaan, ada baiknya menerima kritik dari atasan atau kolega dengan hati lapang. ...

IMAM AL GHAZALI FILSUFBESAR DAN SUFI BRILIAN BERILMU TINGGI

Imam Ghazali, Filsuf Besar dan Sufi Brilian Berilmu Tinggi (Bagian Pertama) Ia pembaharu tasawuf dan filsafat dalam Islam. Gagasan dan karya-karya Hujatul Islam ini, menjadi rujukan sampai sekarang. Dalam rak-rak di sebuah toko buku, tampak berjejer buku-buku tentang sufi. Tetapi ada hal yang mencolok. Buku-buku karya Al-Ghazali begitu dominan. Hampir dua puluh buku karya ulama besar ini banyak diminati calon pembeli. Karya Imam Al-Ghazali memang menarik. Tulisannya tidak hanya memikat, tetapi juga selalu aktual sepanjang zaman. Tidak salah jika gagasan dan pikirannya tentang Tasawuf banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Imam Ghazali adalah ulama yang mampu mendiskripsikan tasawuf, syari’at dan Akhlak dengan jelas dan argumentatif. Nama lengkapnya adalah Abu Hamid ibnu Muhammad ibnu Ahmad, lahir di Khurasan, Iran, pada tahun 450 H atau 1058 M. Karya masterpiece-nya Ihya Ulumuddin yang empat jilid itu menjadi bacaan wajib bagi orang-orang yang ingin belajar tasawu...

BIOGRAFI dr TERAWAN AGUS PUTRANTO : KABINET INDONESIA MAJU JABATAN MENTERI KESEHATAN

Biografi dr. Terawan Agus Putranto. Ia sangat terkenal sebagai dokter dengan metode ‘Cuci Otak’ untuk pasien stroke. Ia sudah melayani pasien hingga puluhan ribu melalui metodenya ini. Namun metodenya ini dianggap kontroversi oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia) sehingga membuat ia pernah dipecat dari IDI. dr. Terawan diketahui memiliki langganan pasien pejabat serta para artis terkenal. Sebelum ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan, dr. Terawan menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. Berikut profil dan biografi dr. Terawan Agus Putranto yang dikenal ahli dalam metode ‘Cuci Otak’ Daftar Isi Biodata dr. Terawan Agus Putranto Nama : Letjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) Lahir : Yogyakarta, 5 Agustus 1964 Agama : Kristen Protestan Istri : Ester Dahlia Anak : Abraham Apriliawan Pendidikan : (S1) Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada, (S2) Spesialis Radiologi. Universitas Airlangga, (S3), Fakultas Kedokteran, Un...