Untuk
membuka peluang memperluas dan memelihara jaringan, anda perlu meningkatkan
kapasitas diri dalam bernegosiasi. Dalam hal ini, negosiasi tidak hanya
dijadikan alat politik bagi para politikus, tetapi dapat di lakukan oleh siapa
saja untuk kepentingan komunikator (pembicara) dan komunikan (pihak pihak yang
di ajak bicara).
Negosiasi perlu juga dilakukan oleh anda yang ingin menjadi nomor satu di lingkungan pekerjaan. Ada pertanyaan yang cukup mengelitik. Apakah negosiasi sama dengan menjilat? Jawabannya tentu saja tidak. Perlu dilakukan bahwa negosiasi ialah upaya seseorang melakukan komunikasi interaktif kepada orang lain dengan maksud atau tujuan agar keinginannya dapat mudah tercapai.
Negosiasi perlu juga dilakukan oleh anda yang ingin menjadi nomor satu di lingkungan pekerjaan. Ada pertanyaan yang cukup mengelitik. Apakah negosiasi sama dengan menjilat? Jawabannya tentu saja tidak. Perlu dilakukan bahwa negosiasi ialah upaya seseorang melakukan komunikasi interaktif kepada orang lain dengan maksud atau tujuan agar keinginannya dapat mudah tercapai.
Sebagai
contoh diperusahaan, anda menekankan kreativitas sebagai tolok ukur karier
karyawan mengalami perkembangan atau stagnan. Maka negosiasi merupakan langkah
selanjutnya untuk mempermudah karya kreatif anda dipertimbangkan. Dalam
persaingan kreativitas dan produktivitas akan muncul konsep, gagasan, program, atau
ide dari masing-masing personal yang di anggap benar dan menarik.
Dengan
adanya perbedaan kepentingan inilah terjadi negosiasi. Biasanya, orang yang pandai
bernegosiasi dan berkomunikasi dapat menyakinkan orang lain. Satu contoh lain
adalah pada bidang pemasaran. Di bidang ini, negosiasi merupakan hal yang
lumrah. Dalam proses tawar menawar barang, negosiasi kepada pihak pembeli
merupakan elemen mendasar terjadinya kesepakatan harga yang saling
menguntungkan.
Kepandaian bernegosiasi dan meyakinkan orang lain terhadap sebuah tawaran merupakan nilai lebih bagi seorang pekerja. Negosiasi ialah kegiatan tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara pihak satu dengan pihak yang lain. Tidak hanya itu, negosiasi juga di perlukan manakala perusahaan terlibat konflik dengan kompotitor lain dan atau masyarakat.
Perbedaan yang sebelumnya mencuat lewat jalan negosiasi dapat mencair karena terjalin komunikasi interaktif. Dalam memelihara dan memperluas networking (jaringan), kemampuan seorang negosiator sangat di perlukan. Menurut beberapa pengertian, networking dapat disandarkan pada beberapa pilihan, yaitu menghindar, terbuka, responsif, asertif, persuatif, serta agresif konfrontatif.
Kepandaian bernegosiasi dan meyakinkan orang lain terhadap sebuah tawaran merupakan nilai lebih bagi seorang pekerja. Negosiasi ialah kegiatan tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara pihak satu dengan pihak yang lain. Tidak hanya itu, negosiasi juga di perlukan manakala perusahaan terlibat konflik dengan kompotitor lain dan atau masyarakat.
Perbedaan yang sebelumnya mencuat lewat jalan negosiasi dapat mencair karena terjalin komunikasi interaktif. Dalam memelihara dan memperluas networking (jaringan), kemampuan seorang negosiator sangat di perlukan. Menurut beberapa pengertian, networking dapat disandarkan pada beberapa pilihan, yaitu menghindar, terbuka, responsif, asertif, persuatif, serta agresif konfrontatif.
Adapun untuk melakukan negosiasi diperlukan upaya agar relasi yang di bangun dapat bersifat terbuka dan responsif. Untuk memenangkan negosiasi sekaligus menyakinkan orang lain, hal tersebut dapat dilakukan dengan menempuh beragam cara. Beberapa di antaranya ialah membuat strategi negosiasi yang mengedepankan komunikasi interpersonal secara baik, memahami pesoalan yang akan dinegosiasikan, memiliki informasi dan data yang akurat, mengungkapkan gagasan secara rasional, menyampaikan penjelasan dengan kalimat menarik, menggunakan bahasa efektif dan santun, bersikap sabar dan terbuka,dan sebagainya.
Berkaitan dengan kontrak, buat pihak lawan berkomitmen dengan membicarakan tawaran kontrak terlebih dahulu sebelum memutuskan kesepakatan dan membubuhkan tanda tangan.
Negosiasi
merupakan keahlian yang wajib dimiliki setiap orang. Apalagi jika Anda
merupakan orang yang bergerak di bidang sales dan marketing. Walaupun tidak
bergerak di bidang itu, sebenarnya kemampuan bernegosiasi wajib dimiliki oleh
setiap orang. Psikologi, optimis, relationship, diplomasi, dan mendengar, itu
semua adalah yang terkandung dalam kata 'Negosiasi'. Semuanya itu akan
dikaitkan dengan profesionalisme dalam bekerja. Apakah kemampuan Anda tersebut
dapat memenuhi apa yang Anda inginkan dan sudah cukup menghormati kebutuhan
pihak kedua. Berikut merupakan beberapa tips agar negosiasi yang Anda terapkan
berguna bagi kehidupan sehari-hari.
Acuan
dalam bernegosiasi
1.
Jadilah pendengar yang baik
Gimana
bisa bernegosiasi kalau Anda saja tidak tahu apa yang dibutuhkan oleh pihak
kedua. Faktanya adalah, jangan menjadi pendengar yang baik, tapi jadilah
pendengar yang terbaik. Libatkan diri Anda dengan kemauan orang lain dengan
catatan tidak membahayakan posisi Anda sendiri. Semakin Anda tahu tentang sisi
lain dari cerita mereka, semakin hebat Anda mencapai tujuan dan mengatasi
masalah tersebut.
2.
Lakukan Penelitian
Persenjatai
diri Anda dengan melakukan penelitian terhadap pihak kedua tersebut. Pelajari
tingkah lakunya dan topik negosiasi untuk mengukur bibit, bebet, dan bobot
kelemahan dan kekuatan yang dimiliki oleh dua hal tersebut. Anda mungkin akan
mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan deal terbaik sesuai harapan Anda.
3. Anda Tidak akan mendapatkannya jika
tidak meminta
Tawaran
pertama merupakan patokan untuk tawaran yang selanjutnya, maka dari itu, jika
Anda salah sedikit dengan penawaran yang Anda mau, jangan heran jika Anda tidak
puas dengan hasil yang didapat. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda minta,
pikirkan terlebih dahulu sebelum Anda menyesal.
4. Jadilah orang yang diplomatis
Junjung
tinggi hal ini. Tetap profesional dengan memperhatikan kebutuhan pihak lain.
Sejajarkan negosiasi dengan kebutuhan bersama agar saling untung satu sama
lain. Dengan begitu Anda akan mendapatkan respect.
5. Jangan menyerah
Tidak
setiap negosiasi akan berjalan dengan mulus. Jangan kecewa. Percayalah
kesempatan kedua itu ada. Tetap percaya diri dan belajar. Walaupun Anda kecewa
sampai ingin memecahkan kepala Anda ketembok, bukan berarti Anda harus
menyerah. Tetap percaya diri dan jangan patah semangat, belajar dari kesalahan.
Itu penting. LANGKAH MENITI KARIER CEMERLANG ATAU JABATAN YANG TINGGI
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?
Komentar
Posting Komentar
SILAKAN KOMENTAR SESUAI TOPIK.....