CARA BERNEGOSIASI DAN MEYAKINKAN ORANG LAIN CARA BERNEGOSIASI DAN MEYAKINKAN ORANG LAIN - SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA
Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga

Komunikasi, Media Ilmu & Pengetahuan Umum Blogging

Langsung ke konten utama

"OTO BEMO.. OTO BEMO.. BERODA TIGA .. TEMPAT BERHENTI.. DITENGAH TENGAH KOTA..PANGGIL NONA..PANGGIL NONA..NAIK KERETA..NONA BILANG..TIDAK PUNYA UANG.. JALAN KAKI SAJA"

CARA BERNEGOSIASI DAN MEYAKINKAN ORANG LAIN

Pandai Bernegoisasi dan Meyakinkan Orang Lain
Untuk membuka peluang memperluas dan memelihara jaringan, anda perlu meningkatkan kapasitas diri dalam bernegosiasi. Dalam hal ini, negosiasi tidak hanya dijadikan alat politik bagi para politikus, tetapi dapat di lakukan oleh siapa saja untuk kepentingan komunikator (pembicara) dan komunikan (pihak pihak yang di ajak bicara). 

Negosiasi perlu juga dilakukan oleh anda yang ingin menjadi nomor satu di lingkungan pekerjaan. Ada pertanyaan yang cukup mengelitik. Apakah negosiasi sama dengan menjilat? Jawabannya tentu saja tidak. Perlu dilakukan bahwa negosiasi ialah upaya seseorang melakukan komunikasi interaktif kepada orang lain dengan maksud atau tujuan agar keinginannya dapat mudah tercapai.

Sebagai contoh diperusahaan, anda menekankan kreativitas sebagai tolok ukur karier karyawan mengalami perkembangan atau stagnan. Maka negosiasi merupakan langkah selanjutnya untuk mempermudah karya kreatif anda dipertimbangkan. Dalam persaingan kreativitas dan produktivitas akan muncul konsep, gagasan, program, atau ide dari masing-masing personal yang di anggap benar dan menarik.

Dengan adanya perbedaan kepentingan inilah terjadi negosiasi. Biasanya, orang yang pandai bernegosiasi dan berkomunikasi dapat menyakinkan orang lain. Satu contoh lain adalah pada bidang pemasaran. Di bidang ini, negosiasi merupakan hal yang lumrah. Dalam proses tawar menawar barang, negosiasi kepada pihak pembeli merupakan elemen mendasar terjadinya kesepakatan harga yang saling menguntungkan. 

Kepandaian bernegosiasi dan meyakinkan orang lain terhadap sebuah tawaran merupakan nilai lebih bagi seorang pekerja. Negosiasi ialah kegiatan tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara pihak satu dengan pihak yang lain. Tidak hanya itu, negosiasi juga di perlukan manakala perusahaan terlibat konflik dengan kompotitor lain dan atau masyarakat.

Perbedaan yang sebelumnya mencuat lewat jalan negosiasi dapat mencair karena terjalin komunikasi interaktif. Dalam memelihara dan memperluas networking (jaringan), kemampuan seorang negosiator sangat di perlukan. Menurut beberapa pengertian, networking dapat disandarkan pada beberapa pilihan, yaitu menghindar, terbuka, responsif, asertif, persuatif, serta agresif konfrontatif. 

Adapun untuk melakukan negosiasi diperlukan upaya agar relasi yang di bangun dapat bersifat terbuka dan responsif. Untuk memenangkan negosiasi sekaligus menyakinkan orang lain, hal tersebut dapat dilakukan dengan menempuh beragam cara. Beberapa di antaranya ialah membuat strategi negosiasi yang mengedepankan komunikasi interpersonal secara baik, memahami pesoalan yang akan dinegosiasikan, memiliki informasi dan data yang akurat, mengungkapkan gagasan secara rasional, menyampaikan penjelasan dengan kalimat menarik, menggunakan bahasa efektif dan santun, bersikap sabar dan terbuka,dan sebagainya. 

Berkaitan dengan kontrak, buat pihak lawan berkomitmen dengan membicarakan tawaran kontrak terlebih dahulu sebelum memutuskan kesepakatan dan membubuhkan tanda tangan.
Negosiasi merupakan keahlian yang wajib dimiliki setiap orang. Apalagi jika Anda merupakan orang yang bergerak di bidang sales dan marketing. Walaupun tidak bergerak di bidang itu, sebenarnya kemampuan bernegosiasi wajib dimiliki oleh setiap orang. Psikologi, optimis, relationship, diplomasi, dan mendengar, itu semua adalah yang terkandung dalam kata 'Negosiasi'. Semuanya itu akan dikaitkan dengan profesionalisme dalam bekerja. Apakah kemampuan Anda tersebut dapat memenuhi apa yang Anda inginkan dan sudah cukup menghormati kebutuhan pihak kedua. Berikut merupakan beberapa tips agar negosiasi yang Anda terapkan berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Acuan dalam bernegosiasi
1. Jadilah pendengar yang baik
Gimana bisa bernegosiasi kalau Anda saja tidak tahu apa yang dibutuhkan oleh pihak kedua. Faktanya adalah, jangan menjadi pendengar yang baik, tapi jadilah pendengar yang terbaik. Libatkan diri Anda dengan kemauan orang lain dengan catatan tidak membahayakan posisi Anda sendiri. Semakin Anda tahu tentang sisi lain dari cerita mereka, semakin hebat Anda mencapai tujuan dan mengatasi masalah tersebut.

2. Lakukan Penelitian
Persenjatai diri Anda dengan melakukan penelitian terhadap pihak kedua tersebut. Pelajari tingkah lakunya dan topik negosiasi untuk mengukur bibit, bebet, dan bobot kelemahan dan kekuatan yang dimiliki oleh dua hal tersebut. Anda mungkin akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan deal terbaik sesuai harapan Anda.

 3. Anda Tidak akan mendapatkannya jika tidak meminta
Tawaran pertama merupakan patokan untuk tawaran yang selanjutnya, maka dari itu, jika Anda salah sedikit dengan penawaran yang Anda mau, jangan heran jika Anda tidak puas dengan hasil yang didapat. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda minta, pikirkan terlebih dahulu sebelum Anda menyesal.

 4. Jadilah orang yang diplomatis
Junjung tinggi hal ini. Tetap profesional dengan memperhatikan kebutuhan pihak lain. Sejajarkan negosiasi dengan kebutuhan bersama agar saling untung satu sama lain. Dengan begitu Anda akan mendapatkan respect.

 5. Jangan menyerah
Tidak setiap negosiasi akan berjalan dengan mulus. Jangan kecewa. Percayalah kesempatan kedua itu ada. Tetap percaya diri dan belajar. Walaupun Anda kecewa sampai ingin memecahkan kepala Anda ketembok, bukan berarti Anda harus menyerah. Tetap percaya diri dan jangan patah semangat, belajar dari kesalahan. Itu penting.  LANGKAH MENITI KARIER CEMERLANG ATAU JABATAN YANG TINGGI


Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Komentar

POPULAR POST

MENGAPA GOSIP DIKANTOR MEMBUNUH PRODUKTIVITAS

Mengapa Gosip di Kantor Membunuh Produktivitas? Bermula dari satu hal, satu orang ke orang lainnya lambat laun sebuah infomasi terus bertambah kontennya. Informasi tersebut akhirnya berubah menjadi gosip. Gosip di kantor merupakan hal yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Seringkali hal tersebut justru dimulai dari rasa iri hati, frustrasi, kurang percaya diri, bahkan yang terburuk adalah candaan semata. Itu tentu saja berdampak sangat buruk. Tidak hanya bagi orang yang menjadi bahas pembicaraan, namun juga bagi pembicara. Jika diibaratkan dengan sepasang kayu dan paku. Paku sebagai rumor buruk yang Anda bicarakan dan kayu sebagai orang yang dibicarakan. Anda memukulkan paku tersebut kepada kayu hingga menyakitinya. Bahkan meskipun Anda telah mencabut paku tersebut, lubang tersebut masih saja tersisa. Seperti inilah luka yang diakibatkan oleh rumor buruk yang Anda perbuat terhadap seseorang. Membicarakan hal buruk mengenai sesama kita dapat menyebabkan sakit hati bagi s...

DELAPAN INDIKATOR BLOG DIANGGAP SPAM DAN DIHAPUS OLEH GOOGLE

Untuk situs berita dan belanja otomotif, lihat Weblogs, Inc. Untuk spamming yang dilakukan melalui komentar di blog yang sah, lihat Spam di blog. Blog spam, juga dikenal sebagai blog otomatis atau splog neologisme, adalah blog yang penulis gunakan untuk mempromosikan situs web terafiliasi, untuk meningkatkan peringkat mesin telusur dari situs terkait, atau sekadar menjual tautan/iklan. Tujuan dari splog bisa untuk meningkatkan PageRank atau portofolio backlink situs afiliasi, untuk meningkatkan tayangan iklan berbayar dari pengunjung (lihat blog dibuat untuk AdSense atau MFA), dan/atau menggunakan blog sebagai outlet tautan untuk menjual tautan atau membuat situs baru diindeks. Blog spam biasanya merupakan jenis situs pengikis, di mana konten sering berupa teks yang tidak asli atau hanya dicuri (lihat pengikisan blog) dari situs web lain. Blog-blog ini biasanya berisi sejumlah besar tautan ke situs-situs yang terkait dengan pembuat splog yang sering kali merupakan situs web yang tidak ...

CARA MEMASANG WIDGET ARTIKEL TERBARU THUMBNIL PADA HALAMAN BLOG

Navigasi judul pada blog sangatlah penting, dengan adanya navigasi pembaca dapat dengan mudah melihat semua isi dari blog tersebut. selain itu juga pembaca menjadi lebih nyaman karena tidak perlu bingung jika ingin mencari artikel lainnya. salah satu widget yang dapat membantu navigasi pada blog adalah widget artikel terbaru.  Bagi seorang blogger, ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan saat membuat dan mengelola apa yang disuguhkan dalam isi blognya. Agar pengunjung tertarik dengan isi blog kita dan betah berlama-lama membacanya, kita mesti memaksimalkan fitur-fitur widget yang telah tersedia, termasuk di antaranya yaitu pemasangan halaman widget Recent Post/ Artikel Terbaru/   Postingan Terbaru. Keuntungan dari memasang widget ini adalah pengunjung dapat melihat dan memilih artikel-artikel terbaru dari blog kita. Dengan adanya widget recent post ini, pengunjung akan dibuat penasaran untuk membaca artikel-artikel lain dari blog kita.  Untuk tampilannya sendir...

Privacy Policy

Kebijakan Privasi SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA Di SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA, dapat diakses dari https://otobemoberodatiga.blogspot.com, salah satu prioritas utama kami adalah privasi pengunjung kami. Dokumen Kebijakan Privasi ini berisi jenis informasi yang dikumpulkan dan dicatat oleh SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA dan bagaimana kami menggunakannya. Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan atau memerlukan informasi lebih lanjut tentang Kebijakan Privasi kami, jangan ragu untuk menghubungi kami. File Log SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA mengikuti prosedur standar menggunakan file log. File-file ini mencatat pengunjung ketika mereka mengunjungi situs web. Semua perusahaan hosting melakukan ini dan merupakan bagian dari analisis layanan hosting. Informasi yang dikumpulkan oleh file log termasuk alamat protokol internet (IP), jenis browser, Penyedia Layanan Internet (ISP), cap tanggal dan waktu, halaman rujukan/keluar, dan mungkin jumlah klik. Ini tidak terkait dengan infor...

SUARA HARIAN OTO BEMO BERODA TIGA

KATA PENGANTAR  Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat membuat blog/site tentang apa saja yang menarik bagi penggemar membaca dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak, Ibu, Saudara (i) selaku pelanggan Suara Harian Oto Bemo Beroda Tiga yang telah memberikan masukan kepada saya. Tak lupa juga ucapan terima kasih kepada teman - teman blogger telah ikut turut serta membantu dalam proses pemblo gingan ini. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam dunia bloging ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan blog/site yang telah saya buat untuk di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun. Semoga blog/site sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Secara struktur, sistematis dan masif blog/site ya...