Apa Itu Blog? Pengertian Blog, Blogging, dan Blogger
Blog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi seperti artikel, foto, atau video, yang selalu diperbarui secara rutin dan dikelola oleh blogger. Pengertian blog sendiri adalah “web log”, yang berarti tempat untuk menyimpan “log” informasi di website.
Apa itu blogger? Blogger adalah orang yang membuat atau memiliki dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif kepada audiens untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Bahkan, saat ini sudah banyak blogger yang terkenal dan menjadi ‘selebriti’ baik di dunia online maupun offline.
Nah, dalam artikel ini, kami membahas berbagai informasi seputar blog, seperti apa itu blog, apa itu blogging, sejarah blog, berbagai jenis blog, fungsi blog, perbedaan blog dan website, dan lain sebagainya. Selamat membaca!
Sejarah Blog dan Blogging
Blog pertama kali digagas oleh Blogger.com pada bulan Agustus tahun 1999, yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Sejarah blog tidak lepas dari istilah ‘Weblog’, yang diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997.
Hal inilah yang memungkinkan pengguna memiliki desain, tata letak, dan konten drag dan drop. Satu catatan terpenting tentang Blogger adalah bahwa platform ini berfokus 100% pada blogging saja. Tentu hal ini sangat sedikit dalam hal manajemen konten. Google sendiri juga memiliki produk yang disebut Situs Google yang berfokus pada situs web statis. Sejarah mengenai blog pastinya tidak lepas dengan istilah weblog. Istilah Weblog diperkenalkan oleh Jhon Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Kemudian pada tahun 1999 platform Blogger dirilis oleh Pyra Labs.
Awalnya, blogging banyak dilakukan untuk segmen berita dan informasi. Tujuannya mirip seperti koran yang sudah lebih dulu ada, namun blogging berkembang lebih cepat secara komparatif. Update informasi yang terus-menerus dan kemudahan memilih topik yang sesuai dengan minat dan hobi menjadi dua dari sekian alasan mengapa orang-orang mulai melakukan blogging.
Ada kejadian yang cukup penting dalam sejarah blog pada tahun 2002. Saat itu, ada seorang blogger bernama Heather B. Armstrong yang memiliki blog dengan alamat dooce.com. Ia dipecat dari pekerjaannya karena kedapatan menulis tentang rekan-rekannya di blog pribadinya.
Kasus ini menimbulkan kegemparan di komunitas blogger dalam hal privasi di internet. Untungnya, semuanya baik-baik saja setelah itu dan kegiatan blogging pun mulai populer.
Tahun berikutnya, yaitu pada tahun 2003, WordPress pun diluncurkan, menawarkan segala kemudahan bagi orang-orang yang tertarik untuk mulai blogging dan menjadi blogger.
Website blogging kemudian menjadi terkenal dan menarik perhatian warganet. Para blogger jurnal online ini, seperti ProBlogger.net dan JohnChow.com, menjadikan blognya sebagai ‘mesin pencetak uang’ karena bekerja sama dengan pihak ketiga (dalam hal beriklan). Keduanya bahkan menjadi contoh bagaimana Anda juga bisa memperoleh penghasilan dengan blogging.
Pengantar Blogging
Blog (dari web log) merupakan salah satu bentuk website yang berisi tulisan yang tersusun berdasarkan waktu, yang terkini berada paling atas. Dalam perkembangannya blog berkembang menjadi kata kerja nge-blog yang berarti membuat tulisan dan mempublikasikannya melalui blog. Fitur blog yang paling penting adalah fasilitas bagi pembaca untuk meninggalkan komentar mengenai tulisan, yang memungkinkan adanya diskusi. Interaktifitas inilah yang membuat blog berbeda dengan jenis website yang lain.
Media Sosial (social media) memiliki pengertian yang terus berubah setiap tahunnya. Secara umum, media bisa didefinisikan sebagai media yang digunakan untuk interaksi sosial, dengan menggunakan cara publikasi yang mudah diakses dan sangat scalable. Kemudahan untuk memiliki blog (secara teknis maupun ekonomis), kemudahan untuk mengakses blog dan kemampuan blog untuk memfasilitasi diskusi menjadikan blog sebuah media sosial yang populer. Blog memberikan kemudahan publikasi dan distribusi informasi kepada individu, berbeda dengan media massa mainstream yang membutuhkan banyak sumber daya.
Di negara-negara yang tidak memiliki keterbukaan infomasi, blog menjadi salah satu jalan untuk menyampaikan pendapat secara bebas. Hal ini disebabkan oleh sulitnya mengatur publikasi melalui blog dibanding media massa mainstream. Blogging terkadang memiliki konsekuensi yang tak terduga. Seorang blogger dari Mesir, Kareem Amer, didakwa telah menghina presiden Mesir, Hosni Mubarak, dan universitas Al-Ahzar melalui blog-nya dan dihukum 4 tahun penjara. Oleh karena itu, dibutuhkan kehati-hatian dan tanggung jawab dalam penulisan di blog.
Etika Blogging
Etika blogging bukanlah aturan baku dan setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai hal tersebut. Etika blogging lebih merupakan sopan santun dalam blogging, baik menulis postingan blog maupun memberikan komentar di blog. Inforworld memberikan 10 poin penting yang merupakan panduan blog etiquette: “Ten Commandments of blog and wikietiquette”.
- Jangan menganggap opini yang anda tuliskan di blog anda sebagai kebenaran mutlak. Hal ini penting untuk membangun diskusi yang sehat dalam blog anda.
- Jangan memulai/melakukan serangan pribadi di blog anda. Hal ini tidak berarti anda tidak boleh melakukan kritik namun fokuskan kritik anda kepada kebijakan/pendapat seseorang/institusi dan bukan pada orang/institusi itu sendiri.
- Dalam melakukan diskusi di blog, tetaplah pada topik diskusi. Terkadang diskusi bisa berkepanjangan dan mulai keluar dari topik awal. Ketika hal itu terjadi, kembalikan diskusi ke ‘jalur yang benar’ dan mulailah postingan baru apabila dirasa perlu.
- Tuliskan referensi yang anda gunakan untuk menghindari plagiarisme.
- Gunakan tanda baca. Ini tidak berarti anda harus selalu menggunakan bahasa baku yang baik dan benar namun mudahkanlah pengunjung blog anda untuk membaca dan memahami tulisan anda.
- Akui kesalahan anda. Apabila melakukan kesalahan dalam tulisan pada blog anda lebih baik untuk mengakui dan memperbaiki, dan minta maaf apabila diperlukan.
- Janganlah menggunakan alias atau anonimitas dalam blog anda.
- Jangan meladeni orang-orang yang memberikan komentar di blog anda yang bersifat memulai perkelahian, menghina secara pribadi, dsb.
- Apabila menggunakan gambar, perkecil ukuran file-nya untuk memudahkan halaman web dibuka. Tidak semua orang memiliki koneksi internet yang cepat. Apa yang terjadi di blog, tetap tinggal di blog.
- Membawa pengetahuan dan ilmu baru dari blog sangatlah baik namun perdebatan, adu argumentasi, dll janganlah dibawa ke dunia nyata.
Blog di Suara Harian Oto bemo Beroda tiga menggunakan engine blogger sehingga langkah-langkah yang dilakukan kurang lebih sama dengan pembuatan dan penggunaan blog di wordpress. Publikasikan gairah Anda, dengan cara Anda. Buat blog yang unik dan indah. Mudah dan gratis. BUATLAH BLOG ANDA !!!
Pendaftaran Blog Baru
- Kunjungi https://www.blogger.com/about/?bpli=1, klik Daftar sekarang Juga!
- Isikan form pada –Langkah Pertama, kemudian klik tombol Selanjutnya.
- Isikan form pada –Langkah Kedua, kemudian klik tombol Selanjutnya.
- Apabila form diisi dengan benar maka anda akan menerima email untuk aktivasi dan akan muncul halaman sebagai berikut :
- Untuk aktivasi, cek email anda dan klik link yang diberikan.
- Anda telah memiliki blog baru dan akan menerima email berisi password account anda.
Penggantian Password.
- Untuk mengganti password anda harus login terlebih dahulu menggunakan informasi username dan password yang dikirimkan ke email anda.
- Setelah masuk pada halaman Administrasi, pilih pengguna -> profil anda.
- Isikan Kata Sandi Baru sesuai yang diinginkan, kemudian klik Perbaharui.
Profil dan Penerbitan Tulisan
- Cara cepat membuat postingan blog adalah menggunakan QuickPress.
- Cara lain adalah menggunakan menu Tulisan -> Add New
Penggantian Tampilan Blog
Tampilan blog penting untuk memberikan nuansa blog tersebut. Untuk mengganti tampilan blog caranya:
- Pilih menu Appearance -> Tema
- Pilih salah satu dari tema yang tersedia. Anda bisa melihat preview-nya terlebih
Struktur Blog
Struktur blog terdiri atas beberapa bagian, tergantung pada tujuannya. Namun, secara umum, struktur blog terdiri dari :
- Header. Bagian ini adalah tempat kolom navigasi berada, yang biasanya ada di bagian atas.
- Area konten. Di sinilah tempat postingan terbaru atau sorotan (highlight) berada.
- Sidebar. Pada area ini, terdapat beberapa informasi tambahan seperti profil media sosial author dan postingan terpopuler.
- Footer. Terletak di bagian bawah, yang memuat informasi seperti kebijakan privasi, disclaimer, dan informasi kontak.
Kegunaan dan Fungsi Blog
Ada banyak alasan mengapa orang atau perusahaan menggunakannya. Umumnya, tujuan orang-orang memulai aktivitas blogging dan menjadi blogger adalah untuk menuangkan pikiran mereka dan berbagi informasi. Berikut fungsi blog secara umum :
- Sebagai Ruang Berbagi. Misalnya, Anda suka memelihara anjing dan ingin membagikan hobi serta kisah Anda ke audience di internet. Anda bisa menuangkannya melalui jurnal online ini. Atau Anda sedang mempelajari efek kurang tidur dan ingin menuliskan hasil serta kesimpulan temuan Anda. Atau mungkin Anda adalah seorang pebisnis dan ingin menawarkan produk dengan menuliskannya di blog demi meningkatkan awareness dari audience yang lebih besar.
- Untuk Menghasilkan Uang. Apakah benar kita bisa memperoleh penghasilan dengan mengonlinekan blog? Jawabannya adalah ya, kita bisa menggunakan jurnal online ini sebagai sarana untuk mendapatkan uang. Aktiflah blogging untuk membangun audiens yang luas. Setelah trafik cukup tinggi, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang melalui iklan atau afiliasi.
- Sarana Menyalurkan Hobi Menulis. Sama seperti website atau jurnal, blog juga memiliki struktur yang tidak kaku. Sebab, jurnal online ini menawarkan berbagai macam desain dan bentuk, terlebih dengan adanya update secara berkala. Ada fitur yang standar dan terstruktur yang akan Anda sadari ketika membuka dan membacanya, sehingga jurnal online ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi menulis Anda.
Perbedaan Blog dan Website
Banyak orang yang menganggap keduanya sebagai hal yang sama. Terlebih lagi ada banyak perusahaan yang menggunakannya di saat bersamaan sehingga perbedaan dua format ini cukup membingungkan. Memang sepertinya susah untuk membedakan kedua platform tersebut, tapi sebenarnya ada poin-poin khusus yang menjadikan blog dan website berbeda.
Blog, seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, memiliki konten yang harus terus update dan dikelola. Lebih jauh lagi, Anda harus menggunakan desain yang menarik untuk mencuri perhatian audience dan memaksimalkan potensi. Salah satu contohnya adalah dengan mengaktifkan kolom komentar sehingga pengunjung situs bisa menuliskan pikiran atau kritikannya.
Website, di sisi lain, cenderung ‘statis’ – tidak harus selalu update. Saat masuk ke sebuah blog, Anda pasti melihat bahwa kontennya selalu baru. Hal ini berbeda ketika mengunjungi sebuah website, Anda akan lihat bahwa hampir semuanya sama dan tidak ada perubahan. Selain konten yang terus diperbarui, ada cara lain untuk melihat perbedaan blog dan website.
Blog memiliki tanggal publishing, referensi author, kategori, dan tag dalam byline. Meskipun tidak semuanya punya elemen ini, website justru tidak memilikinya sama sekali. Nah, jadi demikianlah perbedaan blog dan website secara ringkas.
Perbedaan Blog Post dan Halaman Website
Lalu bagaimana dengan blog post dan halaman website? Kami sudah menyebutkan kata ‘statis’ sebelumnya ketika merujuk pada definisi website. Kata ini juga berlaku untuk halaman website.
Blog post ditulis berdasarkan urutan postingan terbaru ke postingan paling awal. Secara default, beranda utama adalah halaman post blog dan di sinilah Anda bisa melihat postingan terbaru.
Jika ingin tampilan yang lebih rapi di mana semuanya terorganisir dengan baik serta bisa diakses melalui bar navigasi atau fitur serupa, maka sebaiknya gunakan halaman statis, yaitu halaman website.
Contoh yang paling populer adalah toko online. Anda ingin membuat halaman website yang memuat semua informasi penting dan relevan, tapi di saat bersamaan menawarkan opsi untuk mencari item yang diinginkan satu per satu.
Metode ini tidak bisa diterapkan dengan blog post karena semua postingan akan ‘ditimpa’ dengan postingan baru. Pengunjung situs pun mengalami kesulitan jika ingin mencari item yang mereka butuhkan.
Mengapa Orang-orang Membuat Blog?
Pada awalnya, jurnal online ini menjadi wadah bagi para pengguna untuk mengekspresikan pendapat atau perasaan pribadi. Namun seiring dengan berjalannya waktu, fungsinya semakin berkembang dan merambah berbagai cabang.
Banyak perusahaan yang mulai memanfaatkannya untuk memberikan informasi yang up-to-date bagi klien mereka. Semakin banyak orang yang mengunjungi situs Anda, brand awareness dan kepercayaan terhadap perusahaan juga akan meningkat.
Interaksi merupakan salah satu hal utama yang berpengaruh terhadap kesuksesan blog. Apabila orang-orang bisa berinteraksi dengan perusahaan dan juga brand yang diciptakan, maka feedback-nya akan positif.
Di samping itu, banyak orang juga sudah mulai melirik layanan ini sebagai sumber penghasilan baik paruh maupun penuh waktu. Anda hanya perlu menuliskan opini atau pikiran erhadap suatu topik, kemudian mendapatkan uang. Siapa, sih, yang tidak suka dengan konsep seperti ini?
Cara paling manjur untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan memanfaatkan layanan iklan dari pihak ketiga. Anda menampilkan ads (iklan) pihak ketiga (biasanya dalam bentuk banner) yang kemudian bisa pengunjung lihat.
Jika pengunjung mengklik iklan tersebut, Anda akan mendapatkan penghasilan yang terbilang cukup. Namun, jika Anda punya bisnis sendiri, sudah lebih dari cukup untuk menampilkan informasi mengenai produk yang Anda tawarkan.
Apakah Blogger Mendapatkan Uang dari Blognya?
Seperti yang telah kami sebutkan di atas, jawabannya adalah ya, blogger bisa mendapatkan uang dari blognya.
Berdasarkan informasi yang disadur dari Forbes, 10 situs blog terbaik bisa membawa penghasilan mulai dari $175.000 hingga $14.000.000 per bulannya. Jumlah yang sangat fantastis, bukan?
Tentu saja, butuh waktu bertahun-tahun lamanya untuk membangun brand dan image, bahkan menyewa sejumlah profesional di bidangnya.
Jangan berkecil hati jika milik Anda saat ini belum sebesar sepuluh blog yang disebutkan. Dengan ketelatenan dan ketekunan, pasti Anda bisa mendapatkan penghasilan dari blog sendiri.
Kesimpulan
Jadi, melalui blog, Anda sebagai blogger bisa menuliskan pandangan, pendapat, serta berbagai hal lain yang dilakukan sehari-hari. Bahkan, Anda bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan, terlebih jika fokus pada suatu topik unik yang bisa menarik pembaca.
Blogging bukanlah sekadar hobi, tapi juga menjadi cara hidup bahkan karier utama sang blogger. Sepertinya akan sangat susah membayangkan bagaimana hidup tanpanya karena dari jurnal online inilah kita bisa belajar dan mengetahui banyak hal menarik, mulai dari panduan, tips dan trik, cerita, dan keseharian orang lain.
Demikian halnya ketika Anda menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan. Untuk meningkatkan awareness dan kepercayaan pelanggan, salah satu cara terbaiknya adalah dengan membuat weblog yang powerful serta memuat beragam informasi penting.
Anda bisa belajar banyak hal tentang blog. Jika punya pendapat atau pertanyaan, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini semoga sukses. Baca Juga : Dasar-dasar-jurnalistik-pengertian
Komentar
Posting Komentar
SILAKAN KOMENTAR SESUAI TOPIK.....