Memiliki karir yang cemerlang atau
jabatan yang tinggi biasanya merupakan cita-cita semua karyawan
Nah, sebelum Anda memutuskan untuk
melayangkan protes kepada atasan, ada baiknya Anda menyimak penyebab jabatan
kerja tidak naik berikut ini sehingga Anda bisa segera menemukan solusinya.
Penyebab Jabatan Kerja Tidak Naik Yang
Sering Dialami Karyawan Perusahaan.
Penyebab jabatan kerja tidak naik Sulit bekerja sama dengan karyawan lainnya. Jika Anda termasuk orang yang sering menyelesaikan pekerjaan sendirian atau sulit bekerja sama dengan karyawan lain, sebaiknya mulai saat ini sedikit demi sedikit Anda harus mengurangi sifat tersebut.
Penyebab jabatan kerja tidak naik Sulit bekerja sama dengan karyawan lainnya. Jika Anda termasuk orang yang sering menyelesaikan pekerjaan sendirian atau sulit bekerja sama dengan karyawan lain, sebaiknya mulai saat ini sedikit demi sedikit Anda harus mengurangi sifat tersebut.
Sifat sulit bekerja sama dengan
karyawan lain bisa jadi merupakan salah satu penyebab jabatan kerja tidak naik.
Karena Anda akan dianggap sebagai karyawan yang egois. Padahal kerja sama tim
merupakan hal yang penting dalam proses penyelesaian suatu pekerjaan.
Jika Anda menjadi seorang pemimpin tim
yang bersikap terlalu mendominasi, hal ini tidak hanya akan merugikan Anda tapi
juga merugikan rekan kerja lainnya karena menghambat kemajuan tim. Sikap ini juga membuat rekan-rekan Anda merasa
tidak dihargai keberadaannya. Meskipun berada dalam satu tim dan tim Anda akan
sulit berkembang karena tidak ada masukan ide-ide baru. Penilaian perusahaan
dan rekan kerja terhadap Anda pun akan semakin negatif.
Terlalu banyak mengeluh.
Tidak hanya sikap egois, sikap terlalu
banyak mengeluh juga bisa menjadi penyebab jabatan kerja tidak naik apalagi
kalau hal yang Anda keluhkan setiap hari menyangkut kebijakan perusahaan.
Setiap pekerjaan pasti memiliki sisi
positif dan negatif. Tidak setiap saat pekerjaan yang kita miliki bisa
memuaskan kita, tapi itu bukan alasan yang mengijinkan kita terlalu banyak
mengeluh dan menuntut banyak hal terhadap perusahaan.
Sikap terlalu banyak mengeluh tidak
hanya berefek negatif bagi Anda tapi juga kepada rekan kerja lainnya. Karena
Anda akan dianggap menyebarkan energi negatif dan membuat suasana kerja tidak
kondusif.
Sulit menerima kritik
Jika Anda termasuk orang yang sulit
menerima kritik atau mudah sakit hati ketika dikritik rekan kerja atau atasan.
Mungkin ada baiknya Anda mulai mengurangi sifat ini dan mulai membuka hati
untuk menerima kritik dari orang lain. Sifat sulit menerima kritik ini tidak
hanya akan mempengaruhi hubungan Anda dengan sesama rekan kerja. Tetapi juga
bisa menjadi salah satu penyebab jabatan kerja tidak naik meskipun kinerja Anda
terbilang cukup baik.
Memang, tidak semua orang siap
menerima kritik, tapi tidak semua kritik itu buruk. Jika kita menyikapinya
dengan santai dan hati yang lapang, siapa tahu kritik tersebut malah menjadi
suatu masukan yang berguna bagi kemajuan karir kita dan mempersiapkan kita
untuk jabatan yang lebih tinggi.
Sulit mendengarkan pendapat orang lain.
Salah satu alasan penyebab jabatan
kerja tidak naik yakni sikap sulit mendengarkan pendapat orang lain. Sikap ini
akan membuat Anda dipandang sebagai seorang pribadi yang kaku, tidak toleran.
Apalagi tidak menghargai orang lain dan hanya memandang suatu permasahan dari
sudut pandang Anda sendiri.
Padahal, untuk memecahkan suatu permasalahan perusahaan, Anda harus melihat dan mencari solusinya dari berbagai
sudut. Termasuk dari sudut pandang orang lain untuk menghasilkan penilaian yang
lebih berimbang. Siapa tahu rekan kerja Anda memiliki
pendapat atau saran yang lebih baik untuk memecahkan permasalahan tim maupun
untuk kemajuan perusahaan.
Dianggap belum memiliki kemampuan yang
cukup.
penyebab jabatan kerja tidak naik. Ketika jabatan kerja tidak naik, jangan langsung menyalahkan perusahaan. Siapa tahu permasalahannya terletak pada kemampuan Anda sebagai karyawan bukan pada pemegang tampuk kebijakan perusahaan. Untuk naik ke jabatan yang lebih tinggi, pasti membutuhkan waktu dan kompetensi yang memadai untuk memegang tanggung jawab yang lebih besar.
penyebab jabatan kerja tidak naik. Ketika jabatan kerja tidak naik, jangan langsung menyalahkan perusahaan. Siapa tahu permasalahannya terletak pada kemampuan Anda sebagai karyawan bukan pada pemegang tampuk kebijakan perusahaan. Untuk naik ke jabatan yang lebih tinggi, pasti membutuhkan waktu dan kompetensi yang memadai untuk memegang tanggung jawab yang lebih besar.
Periksa kinerja Anda selama ini apakah
sudah mencerminkan kemampuan maksimal Anda. Siapa tahu penyebab jabatan kerja
tidak naik selama ini salah satunya karena perusahaan memandang kinerja Anda
kurang optimal atau Anda dianggap kurang kompeten di bidang Anda.
Bila perlu konsultasikan dengan atasan
mengenai kinerja Anda selama ini dan kemampuan apa yang harus ditingkatkan
untuk memperbaiki hasil kerja di masa mendatang.
Sulit beradaptasi
Hasil survei Accountemps terhadap
beberapa CEO perusahaan mengungkapkan bahwa sebanyak 35% keberhasilan karir
seorang karyawan bergantung pada kemampuan karyawan. Yang mampu beradaptasi
menghadapi perubahan yang terjadi di perusahaan.
Jika Anda sulit beradaptasi terhadap
perubahan kebijakan perusahaan seperti perubahan penempatan kerja, perubahan
gaji, hadirnya karyawan baru maupun kebijakan lainnya. Bisa jadi itu merupakan
salah satu penyebab jabatan kerja tidak naik meskipun Anda memiliki kinerja
yang bagus.
Perasaan takut dan malu ketika berbaur
dengan karyawan baru maupun karyawan lain di tempat kerja yang baru itu wajar.
Tetapi jangan berlarut-larut dengan keadaan ini agar Anda tidak dicap tertutup
atau kaku.
Berbaurlah sesering mungkin, lakukan
dengan santai dan jalin hubungan yang baik antar sesama karyawan agar tercipta
suasana kerja yang cair dan tidak terlalu kaku.
Sering bersikap tidak profesional
Jika Anda sering datang terlambat tapi
pulang lebih awal dari jam kantor yang telah ditentukan atau sering tidak masuk
tanpa alasan. Gemar menunda pekerjaan, tidak bersemangat kerja atau memberikan
hasil kerja di bawah rata-rata, bisa-bisa Anda dicap tidak profesional dalam
pekerjaan Anda.
Sering membawa permasalahan pribadi ke
kantor juga merupakan salah satu tindakan tidak profesional. Karena selain
mempengaruhi kinerja, sikap ini juga bisa menjadi penyebab jabatan kerja tidak
naik atau bahkan menurunkan reputasi kinerja Anda.
Sering berpenampilan tidak pantas penyebab jabatan kerja tidak naik.
Apabila Anda masih berkeinginan
menaikkan jenjang karir Anda di perusahaan, selain memperhatikan kinerja,
sebaiknya perhatikan juga penampilan Anda.
Penampilan kerja yang meyakinkan dan
berwibawa menunjukkan bahwa Anda memiliki kesiapan untuk menjadi pemimpin.
Bahkan menurut penelitian, hampir 80% eksekutif perusahaan mempertimbangkan
selera berpakaian dalam mempromosikan karyawan mereka.
Jadi, mulai sekarang cek, jika sudah
terlalu lama jabatan kerja tidak naik meskipun Anda sudah memberikan yang
terbaik. Mungkin selera berpakaian Anda yang seadanya atau serampangan adalah
salah satu penyebabnya.
Enggan meningkatkan kemampuan diri.
Menjadi penggila kerja atau workaholic
itu tidak selamanya buruk. Namun, hal ini bisa memberikan dampak yang kurang
baik bagi karir Anda. Jika Anda terlalu tenggelam di dalamnya dan lupa untuk
memperhatikan kebutuhan diri sendiri.
Tubuh dan pikiran Anda butuh
penyegaran, membutuhkan asupan berbagai informasi dan latihan yang tidak hanya
akan meningkatkan kemampuan diri tetapi juga menunjang masa depan karir Anda.
Karyawan yang enggan meningkatkan
kemampuan diri, tidak memiliki inisiatif dan kreatifitas dalam menyelesaikan
pekerjaannya akan kalah oleh karyawan baru. Yang lebih bersemangat dan lebih
kreatif dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi perusahaan.
Kalau itu sudah terjadi, bukan hanya
ancaman jabatan kerja tidak naik, tapi juga ancaman penurunan jabatan ada di
depan mata.
Terlalu terobsesi naik jabatan
Terlalu terobsesi untuk naik jabatan
bisa berdampak tidak baik untuk karir maupun citra diri Anda.
Sikap terlalu obsesif seperti ini
biasanya menghinggapi generasi milenium yang menginginkan hasil yang instant
dan mudah tertekan. Ketika keinginan mereka tidak sejalan dengan kenyataan di
lapangan meski telah bekerja dengan keras.
Kenaikan karir sebenarnya tidak hanya
membutuhkan kerja keras tapi juga membutuhkan waktu, kesabaran. Peningkatan
kemampuan dan kematangan emosional yang cukup untuk menerima tanggung jawab
yang lebih besar.
Memaksakan keinginan untuk segera naik
jabatan bisa-bisa malah membuat Anda mendapatkan penilaian negatif dari atasan
maupun sesama rekan kerja. Bahkan bisa-bisa menjadi penyebab jabatan kerja
tidak naik karena Anda dianggap terlalu ambisius.
Performa kerja biasa-biasa sabab penyebab jabatan kerja tidak naik.
Salah satu penyebab jabatan kerja
tidak naik selanjutnya yakni performa kerja karyawan yang biasa-biasa saja dan
enggan memberi nilai lebih pada hasil kerja mereka. Menurut hasil survei, sekitar 71% HRD
mengatakan bahwa ketidakinginan karyawan untuk melakukan pekerjaan lebih dari
target yang diberikan merupakan penyebab urungnya perusahaan mempromosikan
seorang karyawan.
Karyawan yang mau melakukan pekerjaan
melebihi target biasanya dianggap sebagai karyawan yang memiliki loyalitas
terhadap perusahaan. Jadi, jika Anda merasa bahwa jabatan
kerja tidak naik meskipun Anda tidak pernah bolos kerja, mungkin
permasalahannya terletak pada hasil kerja Anda yang pas-pasan, atau ketidaksediaan Anda untuk memberikan sesuatu yang lebih bagi perusahaan.
Dianggap tidak memiliki potensi
sebagai pemimpin
Ada anggapan bahwa orang yang selalu
siap mengerjakan tugas apapun belum tentu cocok menduduki posisi manajerial.
Sehingga biasanya perusahaan memilih orang-orang yang berjiwa pemberontak atau
memiliki inisiatif sebagai pemimpin sebuah tim karena dianggap bisa mencari
cara yang lebih cepat dalam menyelesaikan masalah.
Selain itu, menjadi seorang pemimpin
juga membutuhkan kemampuan manajerial atau kemampuan mendelegasikan suatu
pekerjaan. Dan memiliki kewibawaan memimpin banyak karyawan dengan berbagai
karakter dan berbagai keahlian yang tentunya tidaklah mudah.
Nah, jika perusahaan menilai kemampuan
tersebut tidak ada di dalam diri Anda, mungkin itu penyebab jabatan kerja tidak
naik selama ini.
Belum berhasil mengesankan atasan
Sebuah penelitan mengungkapkan bahwa
sebanyak 56% dari pemimpin perusahaan sudah mengantongi nama-nama karyawannya
yang akan diberikan promosi jabatan.
Biasanya karyawan tersebut dianggap
memiliki sesuatu yang lebih yang membuat mereka terkesan seperti memiliki
kewibawaan, dianggap bisa memimpin karyawan lainnya maupun kelebihan lainnya.
Nah, jika selama ini Anda sudah
memberikan yang terbaik namun tetap saja jabatan kerja tidak naik, mungkin Anda
belum berhasil membuat atasan Anda terkesan atau bisa saja itu merupakan sinyal
untuk mencari pekerjaan di tempat lain.
Posisi yang lebih tinggi sudah diisi
orang lain.
Penyebab jabatan kerja tidak naik yang
terakhir yakni posisi yang lebih tinggi tidak tersedia atau sudah diisi oleh
orang lain. Ini merupakan hal yang tidak bisa Anda paksakan tapi bukan berarti
Anda bisa berhenti meningkatkan kemampuan diri.
Anda harus terus mengembangkan diri
Anda dan menampilkan kinerja yang terbaik hingga suatu saat posisi yang Anda
incar tersedia. Jika Anda sudah menunggu terlalu lama
tapi tetap saja jabatan tidak naik, mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan
untuk mencari pekerjaan lain yang menawarkan peluang lebih baik.
Itulah beberapa penyebab jabatan kerja
tidak naik yang biasanya dihadapi oleh karyawan perusahaan. Nah, setelah mengetahui penyebab
jabatan tidak naik, lalu bagaimana caranya agar kenaikan jabatan bisa segera
kita dapatkan? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar kenaikan
jabatan bisa Anda raih sesegera mungkin.
Cara Memperoleh Kenaikan Jabatan
Dengan Cepat
Menyesuaikan penampilan dan sikap
dengan citra perusahaan. Disadari atau tidak, penampilan dan
sikap Anda, baik di area kantor maupun di luar kantor mencerminkan citra
perusahaan Anda. Ketika Anda bergabung dengan sebuah perusahaan, secara
otomatis identitas perusahaan juga melekat pada diri Anda.
Anda tentu tidak ingin bukan jika
citra perusahaan merosot atau jatuh karena penampilan dan sikap karyawannya
baik di dalam maupun di luar kantor urakan, tidak berwibawa atau tidak sopan.
Oleh sebab itu, jaga nama baik
perusahaan dengan berpenampilan dan berperilaku yang baik sesuai dengan citra
perusahaan. Tidak hanya orang lain yang akan mengapresiasi Anda, tapi pimpinan
perusahaan juga akan lebih mudah mengingat Anda jika Anda pandai membawa diri.
Datang ke kantor lebih awal
Datang ke kantor lebih awal dan pulang
setelah waktu melebihi jam kantor bisa memberikan nilai tambah bagi seorang
karyawan terutama di mata atasannya. Dengan melakukan hal ini, Anda akan dinilai
sebagai karyawan yang rajin, disiplin dan mampu memberikan nilai lebih pada
pekerjaan Anda. Atasan pun akan lebih mudah mengingat Anda jika suatu saat
hendak menawarkan promosi jabatan.
Jangan segan untuk menawarkan bantuan
kepada rekan kerja.
Jangan segan untuk menawarkan bantuan
kepada rekan lain yang membutuhkan bantuan agar pekerjaan tim bisa diselesaikan
dengan lebih cepat. Hal ini tidak hanya menunjukkan bahwa
Anda bukan seorang karyawan yang egois tetapi juga sebagai seorang yang peduli
terhadap karyawan lainnya dan bisa diandalkan dalam kerja sama tim. Anda pun
akan memiliki nilai positif di mata rekan kerja dan atasan Anda.
Berikan kinerja yang konsisten
sepanjang waktu.
Memberikan kinerja yang konsisten
sepanjang waktu sesuai dengan kemampuan juga menambah nilai positif di mata
atasan. Jika Anda sedang merasa kelelahan,
Anda bisa ijin sebentar untuk beristirahat lalu lanjutkan kembali pekerjaan
Anda sebaik-baiknya. Jangan sampai atasan melihat Anda berleha-leha membuang
waktu kerja sementara pekerjaan masih menumpuk.
Mau belajar dari kesalahan
Jika Anda merasa karir Anda stagnan,
jabatan kerja tidak naik meskipun sudah bekerja dengan baik, mungkin memang ada
sesuatu yang harus Anda perbaiki.
Buka diri terhadap kritik dan saran
dari rekan kerja, tanyakan pada atasan apa yang bisa diperbaiki dan
ditingkatkan dari hasil kerja Anda selama ini dan gunakan saran dan kritik
tersebut untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kinerja Anda. Jangan segan untuk bertanya dan
memberikan pendapat.
Dalam suatu pertemuan atau meeting,
atasan tentu akan lebih mudah mengingat karyawan yang aktif bertanya atau
memberikan pendapat. Oleh sebab itu, jangan malu untuk
berkontribusi aktif di dalam pertemuan dan jangan takut jika ide Anda ditolak
karena perusahaan tentu memiliki alasan yang lebih baik ketika menolak ide dari
karyawannya.
Jaga integritas dalam melaksanakan
pekerjaan
Selalu jaga integritas Anda ketika
melaksanakan suatu pekerjaan dan jauhi cara-cara yang curang. Menjadi karyawan
yang jujur tidak hanya membuat Anda disukai oleh atasan tapi juga membuat Anda
disegani oleh rekan kerja lainnya.
Jangan ragu untuk mengutarakan
keinginan naik jabatan ke atasan.
Perusahaan tidak bisa mengetahui isi hati
setiap karyawannya. Jika Anda tidak mengutarakan keinginan Anda, bagaimana
perusahaan bisa mengetahui kalau Anda membutuhkan posisi yang lebih baik.
Yakinkan atasan Anda bahwa Anda mampu
diberi tanggung jawab yang lebih besar dan berikan alasan mengapa Anda layak
untuk mendapatkan kenaikan jabatan.
Jika diutarakan dengan baik-baik,
siapa tahu atasan akan mempertimbangkan keinginan Anda, asalkan Anda sudah
memberikan kontribusi yang besar dan kinerja yang maksimal bagi perusahaan.
Setelah mengetahui penyebab jabatan
kerja tidak naik dan mengupayakan langkah-langkah perbaikan tersebut di atas,
semoga promosi jabatan dan kecemerlangan karir bisa segera Anda raih. Salam
sukses. MEMELIHARA JARINGAN MENINGKATKAN PEFORMA DIRI
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?
Komentar
Posting Komentar
SILAKAN KOMENTAR SESUAI TOPIK.....